Tips Sukses UKG 2013


sumber : Blog Pak Akhmad Sudrajat.( Blog Faforit saya)

A. Tata Tertib UKG

  1. Setelah registrasi, peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya, yaitu: (a) Kartu peserta UKG (dicetak melalui AP2SG) oleh Dinas Pendidikan; (b) Surat tugas dari Kepala Sekolah; dan (c) Kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor asli) yang sah dan masih berlaku.
  2. Setiap peserta ujian tidak diperkenankan membawa buku atau referensi, kamera, handphone, alat penyimpan data (flash disk, external hardisk, kalkulator dan lain-lain) ke dalam ruangan ujian.
  3. Setiap peserta wajib mengikuti ujian sendiri dan tidak diperkenankan mewakilkan kepada orang lain. Jika ada peserta yang mewakilkan kepada orang lain dengan alasan apapun, maka haknya sebagai peserta uji kompetensi dinyatakan gugur.
  4. Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis.

B. Tata Cara Ujian Online

  1. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta uji kompetensi guru dan NUPTK.
  2. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit menggunakan soal ujicoba atau soal latihan
  3. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan.
  4. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses.
  5. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard (huruf A atau B atau C atau D).
  6. Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada butir 7 di atas. Mengganti jawaban beberapa kali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya.
  7. Soal akan muncul di layar komputer satu per satu.
  8. Aplikasi UKG online akan berhenti secara otomatis pada saat waktu ujian telah selesai. (sumber: LPMP Jawa Barat)

C. Tips Sukses UKG

Berdasarkan pengalaman mengikuti Uji Kompetensi Guru online Tahun 2012 lalu, melalui tulisan ini saya ingin berbagi tips menghadapi UKG, dengan harapan semoga Anda dapat mengikuti UKG ini secara  sukses  dan lebih sukses dari apa yang telah saya peroleh.   Tips ini saya bagi ke dalam 3 bagian: (1) Pra UKG (Persiapan),  (2) Selama UKG (Pelaksanaan); dan (3) Paska UKG

1. Pra UKG (Persiapan)

  • Pahami dan patuhi tata tertib dan tata cara ujian di atas. Dalam hal ini sebaiknya Anda lakukan simulasi pengisian soal-soal agar Anda punya gambaran umum bagaimana teknis login dan pengisian soal-soal. (unduh video tutoral ini: Video Tutorial Pelaksanaan UKG 2013, 53,51 Mb)
  • Pahami kisi-kisi Uji Kompetensi (UK) Tahun 2013, kemudian cari dan kuasai informasi dan sumber-sumber yang sekiranya relevan dengan kisi-kisi, bisa berdasarkan dari buku-buku teks ataupun sumber-sumber online. (Khusus Guru BK, Anda bisa mengunduh materi UKG Guru BK di Blog sahabat saya ini: BIMBINGAN DAN KONSELING  atau silahkan Anda telusuri materi yang tersedia di blog tentang PENDIDIKAN  ini)
  • Diskusikan materi-materi yang akan diujikan maupun teknis pengisian lainnya dengan rekan sejawat, khususnya dengan sejawat yang sama-sama akan mengikuti UKG. Hadirkan  atau datangi narasumber yang pernah mengikuti UKG dengan nilai yang memadai untuk diminta berbagi pengalaman dengan Anda.

2. Selama UKG online berlangsung (Pelaksanaan)

  • Jawablah soal-soal secara berurutan mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor terakhir, dianjurkan jangan diacak. Berhati-hatilah dalam memilih opsi jawaban, karena opsi jawaban yang diberikan biasanya mengandung daya pengecoh (distractor) yang lumayan tinggi. Gunakan pemahaman dan logika berfikir Anda secara cermat untuk menentukan pilihan jawaban yang paling tepat.
  • Saya yakin, soal yang diberikan sudah dirancang sedemikian rupa, termasuk alokasi waktu yang disediakan. Oleh karena itu, kelola waktu yang tersedia secara cermat.  Tidak perlu tergesa-gesa, tetapi tidak perlu juga terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk mengerjakan satu soal tertentu. Anda akan bertemu dengan 3 kategori soal: (1) mudah, Anda tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk menjawabnya, dan dengan segera Anda bisa melanjutkan pengisian soal berikutnya; (2) sedang, Anda membutuhkan waktu rata-rata/normal untuk menjawabnya. Waktu normal adalah jumlah waktu yang tersedia dibagi jumlah soal; (3) sukar, Anda membutuhkan waktu lebih dari rata-rata untuk menyelesaikannya.
  •  Anda mungkin menemukan pula soal yang sama sekali Anda belum memiliki pengetahuan tentang hal yang ditanyakan. Menghadapi soal seperti ini, saya sarankan tetap diisi menggunakan intuisi Anda, dengan cara menentukan pilihan jawaban yang pertama kali terlintas di benak Anda. Perlu saya tegaskan, teknik ini hanya digunakan ketika Anda sedang kepepet dan tidak berlaku untuk semua soal.
  • Sediakan kertas kosong/buku catatan dan ballpoint untuk mencatat seluruh pilihan jawaban Anda dan dicatat setelah Anda menentukan pilihan. Beri tanda khusus untuk nomor-nomor soal yang Anda belum yakin sepenuhnya dengan  jawaban yang Anda pilih dan ketika Anda masih memiliki sisa waktu yang cukup, Anda bisa mereview jawaban yang meragukan tersebut.
  • Jangan ragu bertanya kepada petugas ruangan, apabila ada hal-hal yang belum jelas atau kendala dalam mengoperasikan komputer yang Anda gunakan, khususnya bagi Anda yang belum terbiasa akrab dengan komputer.

2. Paska UKG online

Setelah ujian berlangsung dan jika memungkinkan, Anda coba hubungi petugas untuk meminta print out atau softcopy hasil UKG Anda untuk dijadikan bahan refleksi Anda. Kemudian, Anda coba mengingat kembali soal-soal yang diberikan, kira-kira hal apa yang belum Anda kuasai dan pikirkan ke depannya bagaimana Anda harus menguasainya, baik tentang kompetensi pedagogik maupun profesional. Hasil refleksi ini juga bisa dimanfaatkan ketika Anda mengikuti PLPG.

Demikian, tips dari saya yang tentunya bukan hal yang istimewa, tetapi disini saya ingin menegaskan bahwa untuk menghadapi Uji Kompetensi Guru, kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya secara matang dan melaksanakannya secara tepat. Lebih baik Anda berkeringat pada saat persiapan ujian, dari pada Anda harus berkeringat setelah ujian.

Silahkan kunjungi pula website ini Informasi Peserta Sertifikasi Guru untuk melihat dan mengunduh materi tentang:

  • Kisi-Kisi Uji Kompetensi (UK) Tahun 2013
  • Daftar guru belum bersertifikat pendidik
  • Sertifikasi Guru dalam jabatan Tahun 2013 : Buku 1. Pedoman Penetapan Peserta

Selamat ber-UKG dan semoga sukses!

About these ads

About suaidinmath

Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 17 Mei 2013, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 139 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: