INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SOSIAL GURU


INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SOSIAL GURU

IDENTITAS GURU

 

NAMA                                                                  : ……………………………………………………………………………………..

NIP                                                                         : ……………………………………………………………………………………..

UNIT KERJA                                                        : ……………………………………………………………………………………..

ALAMAT                                                              : ……………………………………………………………………………………..

JENJANG JABATAN FUNGSIONAL             : …………………………………………………………………………………….

Petunjuk Penggunaan Instrumen

  1. 1.       Instrumen ini digunakan untuk mengukur kompetensi sosial guru.
  2. 2.       Teknik penilaiannya adalah dengan cara memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai (TP, P, JR, SR, SL)

INSTRUMEN PENILAIAN

KOMPETENSI SOSIAL GURU MATA PELAJARAN SMP/MTS

NO

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSI GURU SMP/M.Ts

DESKRIPTOR

SKALA PENILAIAN

TP

P

JR

SR

SL

16. Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi. 16.1 Bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran. Skor 4: Membiasakan  sikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.          
      Skor 3: Membentuk sikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.          
      Skor 2: Membangun sikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.          
      Skor 1:  Mengidentifikasi sikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.

 

         
    16. 2 Tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi. Skor 4: Membiasakan  tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.          
      Skor 3: Membentuk sikap tidak diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.          
      Skor 2: Membangun sikap tidak diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.          
      Skor 1:  Mengidentifikasi sikap tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.

 

         

Skor

         

Skor Total

 

 

 

Keterangan :

TP           : Tidak pernah dengan skor 0

P             : Pernah dengan skor 1                                                  : 1

JR            : Jarang dengan skor 2

SR           : Sering dengan skor 3

SL            : Selalu dengan skor 4

KATERGORI PROFIL KOMPETENSI SOSIAL

A = 76 – 100 ARTINYA KOMPETENSI SOSIAL GURU KATEGORI TINGGI

B =  51 – 75 ARTINYA KOMPETENSI SOSIAL GURU KATEGORI SEDANG

C = 26 – 50 ARTINYA KOMPETENSI SOSIAL GURU KATEGORI RENDAH

D = 0 – 25 ARTINYA KOMPETENSI SOSIAL GURU KATEGORI SANGAT RENDAH

 

 

 

 

 

 

 

……………………………………………., ……………………………………………………

Penilai,

 

 

 

………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

IDENTITAS GURU BK

NAMA                         : …………………………………………………………………………………

NIP                              :………………………………………………………………………………….

UNIT KERJA              :…………………………………………………………………………………

ALAMAT                     :…………………………………………………………………………………

PetunjukPenggunaan Instrumen

 

1. Instrumen ini digunakan untuk mengukur profil kompetensi Kepribadian guru BK .

2.  Teknik penilaiannya adalah dengan cara memberikan tanda cek ( Ö ) pada kolom yang sesuai

 

Skor 1 = Kompetensi Kurang

Skor 2 = Kompetensi Sedang

Skor 3 = Kompetensi Baik

Skor 4 = Kompetensi Baik Sekali

 

                          Jumlah Perolehan Skor

3.   Nilai Akhir =                                            x 100

Skor Maksimal

 

4.  Nilai Akhir kompetensi guru ini akan menggabarkan kategori kompetensi guru dalam kategori sebagai berikut

 

Nilai Akhir Kategori Kategori kompetensi
91 ‐ 100 A Sangat baik
76 ‐ 90 B baik
61 ‐ 75 C sedang
51 ‐ 60 D Kurang
≤ 50 E Sangat Kurang

 

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI

GURU BK

JENJANG JABATAN : GURU UTAMA

NO

KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI

Bukti Yang Teridentifikasi

SKOR

1

2

3

4

 

Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling  

           
 

 

 

Mengimplementasikan kolaborasi antar profesi  

           
 

 

 

Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli

 

 

           
 

 

Jumlah skor

 

…. …. …. ….
Jumlah  Perolehan Skor

 

……………….

                                 …………….

Nilai Akhir =                                       x 100 = ………….

                                 …………….

Kategori Kompetensi: …………………………………

Rekomendasi : 1 ………………………                                                ………….,…………………..

2 ………………………                                                  Penilai

3 ………………………

………………………………

 

 

About these ads

Tentang suaidinmath

Tiada gading yang tak retak. Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 4 April 2013, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 125 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: