INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU


INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

IDENTITAS GURU

 

NAMA                                                                     : ……………………………………………………………………………………..

NIP                                                                          : ……………………………………………………………………………………..

UNIT KERJA                                                          : ……………………………………………………………………………………..

ALAMAT                                                                : ……………………………………………………………………………………..

JENJANG JABATAN FUNGSIONAL   : …………………………………………………………………………………….

Petunjuk Penggunaan Instrumen

  1. 1.        Instrumen ini digunakan untuk mengukur kompetensi kepribadian guru.
  2. Teknik penilaiannya adalah dengan cara memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai (TP, P, JR, SR, dan SL)

INSTRUMEN PENILAIAN

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

NO

KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI

DESKRIPTOR

Skala Penilaian

TP

P

JR

SR

SL

11. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia. 11.1 Menghargai peserta didik tanpa membedakan

keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat,

daerah asal, dan gender.

Skor 4 : Mengakui keberadaan peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
      Skor 3:  Menerima keberadaan peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
      Skor 2: Merespon peserta didik lain tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender          
      Skor 1: Mendengarkan pendapat peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
    11.2 Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam Skor 4: Membiasakan  sikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 3: Membentuk sikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 2: Membangun sikap yang sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 1:  Mengidentifikasi sikap yang sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam

 

         
12. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat. 12.1 Berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi. Skor 4: Membiasakan berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi.

 

         
      Skor 3: Berperilaku  jujur, tegas, dan manusiawi.          
      Skor 2: Membangun perilaku jujur, tegas, dan manusiawi.          
      Skor 1: Meyakini perilaku jujur, tegas, dan manusiawi.

 

         
    12.2 Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan

akhlak mulia.

 

Skor 4: Membiasakan  berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
      Skor 3: : Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
      Skor 2: Membangun perilaku mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia..          
      Skor 1: Memprakarsai perilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
    12.3 Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta

didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.

 

Skor 4: Membiasakan  perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 3: Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 2: Membangun perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 1: Memprakarsai perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa 13.1 Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap

dan stabil.

 

 

Skor 4: Membiasakan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 3: Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 2: Membangun cara menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 1: memprakarsai cara menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.

 

         
    13.2 Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa,

arif, dan berwibawa.

 

 

Skor 4: Membiasakan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 3: Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 2: Membangun cara menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 1: Memprakarsai cara menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
14. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri. 14.1 Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.

 

 

 

Skor 4: Membiasakan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 3: Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 2: Menampilkan  etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 1: Memprakarsai etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
    14.2 Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.

 

 

Skor 4: Membiasakan perilaku bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
      Skor 3: Mengubah perilaku bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
      Skor 2: Membuktikan kebanggaan menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.

 

         
      Skor 1: Menunjukkan kebanggaan menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
    14.3 Bekerja mandiri secara profesional. Skor 4:  Membangun bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 3:  mengelola bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 2: Menata cara bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 1: Mengklasifikasikan cara bekerja mandiri secara profesional.          
15. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

 

15.1 Memahami kode etik profesi guru.

 

 

Skor 4: Mengaktualisasikan setiap kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 3:  Membedakan contoh kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 2: Memberikan kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 1:  Mengklasifikasikan kode etik profesi guru.

 

         
    15.2 Menerapkan kode etik profesi guru.

 

Skor 4: Mempertahankan kode etik profesi guru.          
      Skor 3: Membangun kode etik profesi guru.          
      Skor 2: Memadukan cara penerapan kode etik profesi guru.          
      Skor 1: Mengklasifikasi kode etik profesi guru.          
    15.3 Berperilaku sesuai dengan kode etik profesi guru. Skor 4: Mengaktualisasi perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 3: Mengubah pelayanan dalam bentuk perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 2:  Memberi respon terhadap perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 1: Menunjukkan perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
  Jumlah skor          
  Jumlah Skor Total          
  Nilai Akhir = Jumlah Perolehan Skor : 24          

 

 

Keterangan :

TP           : Tidak pernah dengan skor 0

P              : Pernah dengan skor 1

JR            : Jarang dengan skor 2

SR           : Sering dengan skor 3

SL            : Selalu dengan skor 4

KATERGORI PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN

A = 3,00 -4,00 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI TINGGI

B = 2,00-2,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI SEDANG

C = 1,00-1,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI RENDAH

D = 0,00-0,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI SANGAT RENDAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

……………………………………………., ……………………………………………………

Penilai,

 

 

 

………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

IDENTITAS GURU BK

NAMA                         : …………………………………………………………………………………

NIP                              :………………………………………………………………………………….

UNIT KERJA              :…………………………………………………………………………………

ALAMAT                     :…………………………………………………………………………………

PetunjukPenggunaanInstrumen

  1. Instrumeninidigunakanuntuk mengukur profil kompetensi Kepribadian KepalaSekolah  .
  2. Teknikpenilaiannyaadalahdengancaramemberikantandacek ( Ö ) padakolom yang sesuai

                                                            INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI

                                                 GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

 

No

Kompetensi

Indikator Kompetensi

Skala Penilaian (Skor)

1

2

3

4

1 Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa          
         
         
         
2 Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih          
         
         
         
3 Menunjukkan integritas dan stabilitas keperibadian yang kuat          
         
         
         
4 Menampilkan kinerja berkualitas tinggi          
         
         
         
Jumlah skor ..      
  Jumlah  Perolehan Skor  
                         Jumlah Perolehan Skor

Nilai Akhir = ——————————-      x 100

Skor Maksimal

 

 

 

 

 

Nilai Akhir

Kategori

Kualifikasi kompetensi

91 100

A

Sangat baik

76 90

B

Baik

61 75

C

Sedang

51 60

D

Kurang

≤ 50

E

Sangat Kurang

                  ……………………….;…………………………

                                                                                                                    Penilai

 

About these ads

About suaidinmath

Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 4 April 2013, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: