Sistematika Proposal dan Laporan PTK


a.  SISTEMATIKA PROPOSAL PTK

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN (ditandatangani peneliti, pembimbing, dan kepala sekolah)

BAB I   PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

B. Rumusan Masalah

C. Tujuan Penelitian

D.  Manfaat Penelitian

BAB II  KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR, DAN HIPOTESIS

A. Kajian Pustaka (uraian yang menjelaskan masalah penelitian dan tindakan) B. Kerangka Berpikir (dalam bentuk uraian dan bagan)

C. Hipotesis Tindakan (bila diperlukan)

BAB III  METODE PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu

B.  Subjek Penelitian

C.  Prosedur Penelitian (minimal 2 siklus dan tiap siklus 3 kali pertemuan) D.  Pengumpulan Data

E.  Analisis Data

F. Indikator Penelitian

Kelengkapan lain, misalnya jadwal, rincian biaya, personalia

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN (instrumen penelitian yang akan digunakan, RPP)

 

b. SISTEMATIKA LAPORAN PTK

Bagian Pembuka  :  halaman sampul, pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, daftar tabel

Bagian Isi Laporan:

Bab I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

B.  Rumusan Masalah

C.  Tujuan Penelitian

D.  Manfaat Penelitian

Bab II    KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR, DAN HIPOTESIS

A.  Kajian Pustaka

B.  Kerangka Berpikir

C.  Hipotesis Tindakan

Bab III  METODE PENELITIAN

A.  Tempat dan Waktu

B.  Subjek Penelitian

C.   Prosedur Penelitian

D.  Pengumpulan Data

E.       Analisis Data

F.  Indikator Penelitian

Bab IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Hasil Tindakan Siklus I B.  Deskripsi Hasil Tindakan Siklus II

C.  Deskripsi Peningkatan Hasil Tindakan

D.  Pembahasan Hasil Penelitian

Bab V    KESIMPULAN DAN SARAN

A.  Kesimpulan

B.  Saran

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

 

Bagian Penunjang : instrumen yang digunakan, contoh hasil karya siswa, contoh isian instrumen, foto   kegiatan,  surat  izin  penelitian,  rencana  pembelajaran  (RPP),  dan dokumen penunjang lainnya

c.  Contoh Penulisan DAFTAR PUSTAKA dengan menerapkan APA style

Bairac,  R.(2008).  Some  Method  for  Composing  Mathematical  Problems.  J.A.  van  Dale  (Ed), Elementary and Middle School Mathematics: Teaching and Developmentally 3rd   Edition.New York: Addison Wesley Longman, Inc. 124-133.

 

Budiyono. (2004). Identifikasi Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika

Siswa Sekolah Dasar.  Dwija Wacana, 5 (2), 129-140.

 

Galliher,   Tim.   (2004).   Story   Problems   Made   Interesting.   LEARN   North   Carolina.   Dalam http://www.learnnc.org. Diakses 21 April 2008.

 

Kurt, R. (1990). Understanding Word Aritmatic problem: Linguistic and Situational Factors. Nagao, M. (Ed). Language and Artificial Intelligence. North Holland: Elsevier, 27-43.

 

Sumarwati  dan  Kurniawati,  I.  (2007).  Penerapan  Pendekatan  Komunikatif  untuk  Meningkatkan Pemahaman terhadap Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 15 Surakarta. Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan, FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Verschaffel, L., Greer, B. & De Corte, E. (2000). Making Sense of Word Problem. New Jersey: Taylor & Francis, Inc.

 

2.  Bentuk Karya Ilmiah untuk KTI ONLINE

Karya Ilmiah dapat berupa hasil penelitian bidang  pendidikan yang dilaksanakan  oleh guru di sekolah, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

 

3.  Seminar Hasil Penelitian Peserta KTI ONLINE

a.  Hasil penelitian dapat diseminarkan pada tingkat satu wilayah atau beberapa daerah terdekat dengan atau tanpa kehadiran pengampu

b.  Pelaksanaan diatur oleh para peserta

 

4.  Rambu – rambu untuk mengantisipasi adanya penelitian hasil plagiarisme 

Perlu   “Cross   check”   pada   subjek   karya   peserta   yang   diteliti,   bagaimana

kekonsistenan antara yang tertulis pada Judul, Proposal dan Laporan Akhir KTI.

d.   Laporan Hasil Penelitian KTI harus disertai penunjang yang lengkap yaitu :

Memuat daftar pustaka dan lampiran-lampiran (seperti Instrumen yang digunakan, contoh hasil

kerja  siswa,   contoh   isian   instrument,   foto-foto   kegiatan,   surat   ijin   penelitian,   rencana pembelajaran dan dokumen pelaksanaan penelitian lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut).

e.  Bukti fisik Laporan Hasil Penelitian KTI harus disertai surat pernyataan keaslian dari Kepala Sekolah/ Madrasah yang disertai tanda tangan Kepala Sekolah/ Madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.

f.    Berdasarkan buku pedoman kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Ditjen PMPTK 2010,  alasan penolakan Laporan Hasil Penelitian adalah sebagai berikut :

 

1)  Diragukan Ke-ASLI-annya karena :

a)  Berbagai data yang ada tidak konsisten.

b)  Waktu pelaksanaan kegiatan penelitian yang tidak wajar.

c)  Adanya kemiripan yang mencolok dengan skripsi, tesis atau disertasi, baik karya sendiri atau pun karya orang lain.

d)  Adanya berbagai kesamaan yang mencolok dengan Publikasi Ilmiah orang lain.

2)  Apakah PERLU ?

a)  Isi permasalahan terlalu luas atau umum, tidak terkait dengan permasalahan nyata yang ada di sekolah / kelasnya.

b)  Isi permasalahan, tidak ada hal yang berkaitan langsung dengan kegiatan ybs sebagai guru di kelasnya, yang sesuai dengan tugasnya.

c)  Isi permasalahan, tidak termasuk dari macam publikasi ilmiah yang dapat diajukan untuk dinilai sebagai bagian kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

3)  Kurang ILMIAH karena :

Kerangka penulisan dan isi sajian belum mengikuti kaidah yang umumnya digunakan dalam penulisan ilmiah.

4)  Tidak KONSISTEN karena :

a)  Isi permasalahan tidak atau kurang sesuai dengan tugas guru ybs. b)   Publikasi Ilmiah yang diajukan untuk dinilai telah kadaluarsa.

c)  Publikasi  Ilmiah  pernah  dinilai  dan  sudah  pernah   disarankan  untuk  melakukan perbaikan, namun belum direvisi.

 

 

 

About these ads

About suaidinmath

Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 3 April 2013, in Pendidik. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. thanks pak atas ilmunya semoga bermanfaat bagi saya…oh lupa salam kenal tadi pagi aku yang nelpon

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: