RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TURNAMENT


 

SMP/MTs : …………………………..
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran (1 X Pertemuan)

 A.      Standar Kompetensi

3.  Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

B.  Kompetensi Dasar

    3.1  Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai.

D. Indikator  Pembelajaran

  1. Siswa dapat menemukan lema tentang seni budaya dalam kamus secara cepat dan tepat (NK: kerja keras)
    1. Siswa dapat menemukan makna kata tentang seni budaya dalam kamus dengan cermat (NK: kritis)
    2. Siswa dapat menggunakan kata tentang seni budaya yang baru saja ditemukan di dalam kamus ke dalam kalimat sesuai konteksnya secara tepat  (NK: percaya diri).

E.  Nilai Karakter yang akan Dikembangkan

     1. kerja keras

     2. kritis

     3. percaya diri

F.  Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menemukan kata tentang seni budaya dalam teks yang dibaca
  2. Siswa dapat menemukan tempat lema pada kamus dengan memperhatikan penanda abjad sampul dan kata petunjuk pada bagian kiri dan kanan atas tiap halaman kamus
  3. Siswa dapat menemukan makna kata tentang seni budaya dalam kamus  setelah mengetahui petunjuk  cara menemukan makna kata dalam kamus.
  4. Siswa dapat memilih  makna kata dalam kamus yang sesuai dengan konteks.
  5. Siswa dapat menggunakan kata tentang seni budaya yang baru saja ditemukan di dalam kamus ke dalam kalimat sesuai konteks kalimatnya
  6. Siswa dapat menggunakan kata yang bermakna hampir sama (bersinonim) ke dalam kalimat dengan tepat sesuai konteks
 
 

F.  Materi Pembelajaran

  1. Penemuan kata dalam kamus secara tepat.
  2. Penemuan makna kata dalam kamus secara cepat dan tepat.
  3. Penggunaan kata sesuai konteks kalimat.

G.  Metode  Pembelajaran

  1. Kooperatif
  2. Game Turnamen

 H.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

    1. 1.      Kegiatan Pendahuluan
    2. Guru mengecek kesiapan belajar siswa, ruang belajar siswa, dan media yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar.
    3. Guru menyampaikan sebuah kalimat pancingan tentang membaca memindai. Caranya: Siswa membaca teks tentang seni dan memanfaatkan pohon seni (ranting pohon yang daunnya dibuat dari kertas berwarna, di permukaan daun terdapat tulisan istilah-istilah tentang seni).
    4. Siswa diajak untuk menemukan istilah bidang seni
    5. Siswa menebak topik pembelajaran yang akan diikutinya.
    6. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang membaca memindai dan tentang tema seni budaya.
    7. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini, yaitu menemukan kata tentang seni budaya, menemukan maknanya dalam kamus, dan menggunakan kata tersebut dengan tepat.
    8. Siswa dan guru bertanya jawab tentang pentingnya kompetensi ini dalam kehidupan sehari-hari.

 2.    Kegiatan Inti

Kegiatan Eksplorasi

  1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang karakteristik kata-kata yang termasuk dalam bidang seni budaya
  2. Guru menayangkan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat kata-kata bidang seni budaya
  3. Guru meminta siswa membaca paragraf yang ditayangkan
  4. Guru mengajak siswa menemukan kata-kata bidang seni
  5. Guru memperagakan penemuan makna kata bidang seni budaya dalam kamus

Kegiatan Elaborasi

  1.  Guru mengumumkan pembagian kelompok untuk kegiatan pembelajaran kooperatif model Turnament Guru mengajak siswa untuk membentuk kelompok 4 orang tiap kelompok dan memberi topi dengan nomor berbeda (nomor 1 sampai dengan 4). Tiap-tiap kelompok mempunyai  satu Kamus Besar Bahasa Indonesia.
    1. masing-masing kelompok bekerja sesuai dengan LK.S yang diberikan. Yaitu Siswa membaca wacana berjudul Budaya Antre, Mengapa Tidak? dan Panji Klaras Keboan Sikep yang terdapat dalam buku paket.
    2. Siswa mengidentifikasi kata-kata bidang seni budaya yang terdapat dalam wacana
    3. Siswa membaca suplemen BSE Bahasa Indonesia CTL halaman 99-100  tentang cara menemukan makna kata-kata tertentu dalam kamus, yang mencakup cara menemukan kata bermakna tunggal, kata bermakna ganda, dan menemukan kata gabung atau ungkapan.
    4. Dengan bimbingan guru, siswa membaca suplemen Menghargai Seni halaman 1—2 tentang cara menemukan makna kata-kata tertentu dalam kamus.
    5. Dalam kelompok, siswa praktik menemukan halaman kamus tempat kata-kata tertentu bidang seni  berada.
    6. Dalam diskusi kelas dipimpin guru, siswa membahas hasil pekerjaan menemukan halaman kamus tempat kata-kata tertentu bidang seni budaya berada.
    7. Guru memberi penguatan tentang teknik menemukan hala-man kamus tempat kata-kata  bidang seni budaya berada.
    8. Dalam diskusi kelompok, siswa menyusun kalimat  dengan kata-kata yang maknanya telah ditemukan dengan menggunakan LKS Menghargai Seni halaman 1—6.
    9. Dalam diskusi kelas dipimpin guru, siswa membahas hasil pekerjaan menyusun kalimat dengan kata-kata yang telah ditemukan dari kamus.
    10. Guru memberi penguatan terhadap teknik menyusun kalimat menggunakan kata-kata yang ditemukan dalam kamus.

Kegiatan Konfirmasi

  1. Setelah siswa selesai berkerja, siswa melaporkan hasil kerja mereka dengan tertulis dan dibacakan di muka kelas. Caranya: Guru menyebutkan nomor tertentu dalam memberi tugas. Misalnya guru memekikkan nomor “Tiga!” maka siswa yang bertopi dengan nomor 3 dari semua kelompok secara bergantian membacakan hasil diskusi kelompoknya. Kemudian guru memekikkan nomor “Satu!” maka siswa bertopi nomor satu dari semua kelompok-kelompok lain secara bergantian dipersilakan memberi komentar/tanggapan.
  2. Siswa menukarkan pekerjaan pada teman lain dan memberikan penilaian terhadap pekerjaan kawan.
  3. pada akhir pembelajaran guru memberikan tes
  4. guru melaksanakan pengenalan pada masing-masing kelompok dengan cara sebagai berikut:

Guru menghitung poin siswa dan kelompok dengan dasar membandingkan nilai awal dan nilai tes dengan ketentuan: Kalau hasil tes awal atau nilai yang dimiliki siswa sebelum pembelajaran = x dan hasil tes sesuadah akhir pelajaran = y maka:

Jika y < (x – 10) poinnya 5

(x – 10) < y< x poinnya 10

x < y < (x + 10) poinnya 20

(x + 10) < y   poinnya 30

y = harga maksimum poinnya 30

(Slavin, 1995 )

Tabel .Contoh Tabel Penghargaan Kelompok

Kelompok Merpati

Nama Anggota Nilai awal = x Nilai tes = y Poin Siswa
Agus 80 100 30
Budi 60 55 10
Putu 50 60 20
Sri 40 70 30
Jumlah poin     90
Poin kelompok     90/4 = 22,5

Untuk menentukan penghargaan digunakan kriteria sebagai berikut:

Poin kelompok            Penghargaan

Lebih kecil dari 15      Tim jelek

15 sampai 19               Tim baik

20 sampai 24               Tim besar

25 ke atas                    Tim super

(Slavin, 1995)

Turnamen

Setelah selesai satu pokok bahasan diadakan turnamen dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1)      Tahap Persiapan

Dalam tahap persiapan, guru menyiapkan daftar pertanyaan berupa soal-soal yang harus dijawab dalam turnamen oleh siswa, daftar jawaban soal yang benar, kartu nomor soal, dan kartu benar (kartu B).

2)      Pembentukan kelompok turnamen

Langkah-langkah pembentukan kelompok turnamen adalah sebagai berikut: mengambil tiga kelompok pembelajaran, anggota dalam kelompok pembelajaran dipilih atau direngking menurut tes terakhir. Dan tiga kelompok pengajaran ini dibuat kelompok turnamen. Kelompok turnamen pertama anggotanya adalah anggota renking satu pada kelompok pengajaran. Anggota kelompok turnamen yang kedua beranggotakan anggota renking dua dan seterusnya sehingga kalau kelompok pembelajaran anggotanya masing-masing 5 orang, maka dari 3 kelompok pembelajaran didapatkan 5 kelompok turnamen.

3)      Pelaksanaan Turnamen

Guru membagikan daftar pertanyaan, daftar jawaban soal, kartu nomor soal dan kartu B. Selanjutnya guru menjelaskan langkah-langkah turnamen sebagai berikut: sebagai contoh diambil kelompok turnamen yang beranggotakan Al, Bl, dan Cl. Anggota kelompok bertugas: Al sebagai pembaca, Bl sebagai penantang 1, dan Cl bertugas sebagai penantang 2.

a)      Kegiatan pertama

Dalam kegiatan pertama dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: Anggota nomor satu yaitu Al mengambil nomor soal, mengocoknya dan mengambil secara acak salah satu kartu nomor itu. Misalnya terambil kartu nomor 5, berarti yang harus dibahas adalah soal nomor 5. Anggota A1 membacakan soal nomor 5 dari daftar pertanyaan. Setelah selesai membaca soal, semua anggota membuat jawabannva. Setelah selesai membuat jawaban anggota no 1 yaitu Al membacakan juwabannya sendiri, kemudian anggota Bl sebagai penantang 1 membacakan jawabannya, bila jawabannya berbeda dengan jawaban Al. Demikian juga anggota nomor 3 yaitu Cl membacakan jawabannya serta masing-masing memberikan argumentasi tentang jawaban yang dibuat. Kemudian Al membacakan jawaban yang benar dari daftar jawaban. Anggota yang jawabannya benar diberi kartu B masing-masing sebuah. Kegiatan selanjutnya adalah diskusi, semua anggota mendiskusikan kenapa jawaban yang diberikan itu benar. Setelah semua anggota memahami kenapa jawaban yang diberikan itu benar maka kegiatan pertama selesai dilanjutkan dengan kegitan kedua.

b)      Kegiatan kedua

Pada kegiatan kedua tugas masing-masing anggota kelompok diubah. Anggota Bl menjadi pembaca, anggota Cl menjadi penantang 1 dan anggota Al menjadi penantang 2. Kegiatannya sama dengan kegiatan 1. Pembaca memilih soal yang akan dibahas, membacakannya untuk semua anggota kelompok,   menjawabnya,   membacakan   masing-masing   jawaban, membacakan jawaban yang benar, membagikan kartu B dan mendiskusikan kenapa jawaban itu yang benar. Sampai disini kegiatan 2 selesai diteruskan dengan kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan 3 dengan perubahan seperti pada kegiatan 2. Turnamen ini selesai kalau semua soal telah habis dibahas. Setelah turnamen selesai kartu B yang diperoleh masing-masing anggota dicatat dalam kartu skor turnamen seperti terlihat dalam tabel berikut ini.

Tabel Kartu Skor Turnamen

Pemain

 

Tim

Asal

TEAM

1

TEAM

2

TEAM

3

Total

 

Point

 

A1 B1 C1 A

B

9

7

       
Jumlah poin            
Poin tim            
Penghargaan            

Kalau misalnya dalam pembelajaran dilakukan 3 kegiatan maka setelah kegiatan 3 selesai kartu benar yang dikumpulkan anggota kelompok dijumlahkan dan dimasukkan dalam kolom total. Untuk mengisi kolom poin dipakai aturan sebagai berikut:

•     Jumlah total yang terkecil diberi poin 20

•     Yang menengah diberi poin 40 dan

•     Yang terbesar diberi poin 60

(Slavin, 1995)

Poin tim dihitung dengan jumlah poin masing-masing pemain dibagi dengan jumlah pemain. Penghargaan diberikan alas dasar poin kelompok/tim atau poin rata-rata kelompok dengan kreteria sebagai berikut:

Poin kelompok            Penghargaan

Lebih kecil dari 40     Tim jelek

40 sampai 44              Tim Baik

45 sampai 49               Tim Besar

50 ke atas                    Tim super

(Slavin, 1995)

4)      Kuis (tes)

Setelah diadakan turnamen, siswa mendapatkan kuis, secara individual untuk mengetahui tingkat penguasaan pengetahuan secara individual. Dalam mengerjakan kuis siswa dalam kelompok tidak diperbolehkan saling membantu. Dengan demikian siswa sebagai individual bertanggung jawab untuk memahami materi pembelajaran. Selanjutnya jawaban kuis dinilai dan skor yang diperoleh disumbangkan sebagai skor kelompok. Pemberian skor pada kuis didasarkan atas skor dasar. Skor dasar dipakai adalah skor rata-rata dari nilai kuis, maka kriterianya adalah sebagai berikut:

Bila skor dasar dalam hal ini skor rata-rata nilai sebelum kuis = x dan nilai kuis = y maka kriteria penyekoranya adalah sebagai berikut:

Y< (x-10)                         Skornya 5

(x-10) < y < x                   Skornya 10

X < y < (x + 10)               Skornya 20

(x+10) < y                        Skornya 30

Y berharga maksimum     Skornya 30

  1. 3.                   Kegiatan Penutup
    1. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
    2. Siswa menyampaikan pendapat secara lisan tentang pelaksanaan pembelajaran pada hari itu.
    3. Siswa mendapatkan tugas di rumah untuk  membuat karangan dengan menggunakan kata-kata tentang seni budaya.

  1. E.     Sumber dan Media Pembelajaran
    1. Departemen Pendidikn dan Kebudayaan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
    2. BSE Bahasa Indonesia CTL. Jakarta: BSNP.
    3. Suplemen, Menghargai Seni, halaman 1—5.
    4. Contoh kata bidang seni pada pohon seni
    5. Contoh paragraf yang memuat kata bidang senio pada kertas manila
    6. Contoh kata bidang seni dan maknanya pada 4 lembar kertas manila

  1. Penilaian

Penilaian dilakukan dengan penilaian proses dan penilaian hasil.

Kompetensi Dasar Indikator

 

Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Butir Soal
Menemukan makna kata dalam kamus dengan membeca memindai. 1.Menemukan kata tentang seni budaya secara cepat dan tepat. Kinerja

 

Lembar Observasi Tandailah kata-kata bidang seni dalam wacana yang telah kamu baca!
Tes Tertulis

 

Isian singkat Tuliskan minimal 5 kata bidang seni yang terdapat pada paragraf yang telah kamu baca!
2  Menemukan makna kata dalam kamus secara cepat Kinerja

 

Lembar Observasi

 

Temukanlah makna kata bidang seni yang telah kamu data dalam kamus dengan cara yang tepat!
Tes tulis Menjodohkan Pasangkanlah kata bidang seni pada deretan kiri dengan makna kata pada deretan kanan secara tepat!
3 Menggunakan kata yang ditemukan dalam kamus ke dalam kalimat sesuai konteks. Tes Tertulis Uraian

 

 

Buatlah kalimat dengan menggu-nakan kata bidang seni budaya secara tepat!

 

 

About these ads

Tentang suaidinmath

Tiada gading yang tak retak. Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 17 Februari 2013, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 125 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: