PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


I. Pendahuluan

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajara

Mencantumkan identitas

 Nama sekolah

 Mata Pelajaran

 Kelas/Semester

 Alokasi Waktu

0.FORMAT_RPP CONTOH_

Catatan:

1. RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.

2. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan

3. Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

 

A. Standar Kompetensi

Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :

 urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD

 keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran

 keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

B. Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu.Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar

2. Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran

3. Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran

 

C. Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuanpembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

 

D. Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

 

E. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran

Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

 

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :

 

a. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un¬tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

 

b. Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di¬lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

 

c. Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

 

G. Sumber Belajar

Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

 

H. Penilaian

Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrument yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

 

IV. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPPP)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : ……………………………..

Mata Pelajaran : ……………………………..

Kelas/Semester : ……………………………..

Alokasi Waktu : ….. x 40 menit

A. Standar Kompetensi

B. Kompetensi Dasar

C. Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat

2. Siswa dapat

Dst

D. Materi Pembelajaran

E. Model/Metode Pembelajaran

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 Kegiatan Awal

 Kegitan Inti

 Kegiatan Akhir

 dst

G. Sumber Belajar

H. Penilaian

Indikator Penilaian

PencapaianKompetensi Teknik Bentuk Instrumen Instrumen

1.1.Dst

1.2.Dst

1.3.Dst

CONTOH RPP:

RPP CONTOH

_RPP_BAHASA_INDONESIA SMP

FORMAT_RPP SD

FORMATd_RPP SD

RPP_SD_TRAPESIUM

RPPb_SD_TRAPESIUM

SILABUS & RPP SAINS SD

LAMPIRAN JUKNIS

01 SILABUS-RPP BIN SD

TabelAngkaKredit

SILABUS & RPP SAINS SD

5700 Bahasa Indonesia- Imbuhan Serapan

Bahasa Indonesia- Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif

Bahasa Indonesia- Kalimat Majemuk

BI-daftar pustaka

BI-pargrafpersuasif

BI-sastra lama

juknisujismk20082009

[3] SILABUS BINA

[2] PEMETAAN SK & KD BINA

[1] SK & KD BINA

[7] KKM BINA

[5] PROMES BINA

[4] RPP BINA

[1] SK & KD TEMATIK 1

[2] PEMETAAN SK & KD TEMATIK 1

[3] JARINGAN TEMATIK 1

[4] SILABUS TEMATIK 1

[5] RPP TEMATIK 1

[6] PROMES TEMATIK 1

[7] PROTA TEMATIK 1

[8] KKM TEMATIK 1

jaringan-tema

MODEL TEMATIK

model-tematik-kelas-awal

pemetaan-standar-kompetensi

rpp-tematik silabus-tematik

SUMBER : SEBAGAI DI www.AgusChandraStore.com

 

2 pemikiran pada “PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s