RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SEKOLAH DASAR


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /2 (dua)

Alokasi waktu                    :   4 x 35 menit        

  1. Standar  Kompetensi      :

5.   Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.

  1. Kompetensi Dasar

5.1 Mengurutkan bilangan bulat

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Menerapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
  • Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
  • Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
  • Mengenal lawan suatu bilangan
  • Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. Materi Ajar

BILANGAN

  • Mengurutkan Bilangan bulat
  1. Metoda Pembelajaran
  • deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
  • ekspositori (menerangkan)
  • tanya jawab
  • latihan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan awal

Apresepsi dan  Motivasi

-      Mengingat kembali konsep Mengurutkan bilangan bulat

-      Melakukan game yang berhubungan dengan Mengurutkan bilangan bulat dari bilangan

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menjelaskan cara membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat pada garis bilangan

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mencontohkan langkah mengerjakan latihan

F Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan

F Tanya jawab

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan latihan soal

F Memberikan soal Pekerjaan Rumah

F Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
  • Matematika SD untuk Kelas IV 4B,
  1. Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
  • o Menerapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
  • o Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
  • o Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
  • o Mengenal lawan suatu bilangan
  • o Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar

 

Tugas Individudan Kelompok

 

Laporan buku pekerjaan rumah 
  • o Terapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari ?
  • o Bacakanlah dan Tuliskanlah lambang bilangan bulat ?
  • o Tentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan ?
  • o Kenalkanlah  lawan suatu bilangan ?
  • o Kurutkanlah sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar ?

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

43

2

1

Performansi

No. Aspek Kriteria Skor
1.2. PengetahuanSikap * Pengetahuan* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

42

1

4

2

1

Lembar Penilaian

No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Pengetahuan Sikap
1.2.

3.

4.

5.

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /2 (dua)

Pertemuan ke                    :   1-4

Alokasi waktu                    :   8 x 35 menit        

  1. Standar  Kompetensi      :

5.   Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.

  1. Kompetensi Dasar

5.2  Menjumlahkan bilangan bulat

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Menjumlahkan dua bilangan positif
  • Menjumlahkan dua bilangan positif
  • Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negative

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. Materi Ajar

OPERASI HITUNGAN BILANGAN

  • Penjumlahan Bilangan bulat
  1. Metoda Pembelajaran
  • deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
  • ekspositori (menerangkan)
  • tanya jawab
  • latihan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-4

  • Kegiatan awal

Apresepsi dan  Motivasi

-      Mengingat kembali konsep Penjumlahan Bilangan bulat

-      Melakukan game yang berhubungan dengan Penjumlahan Bilangan bulat  dari bilangan

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menjelaskan cara menjumlahkan dua bilangan positif, dua bilangan negatif dan bilangan positif dengan bilangan negatif menggunakan garis bilangan

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menjelaskan contoh dan menugaskan

F Tanya jawab

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan latihan soal

F Memberikan soal Pekerjaan Rumah

F Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
  • Matematika SD untuk Kelas IV 4B,
  1. Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
  • o Menjumlahkan dua bilangan positif
  • o Menjumlahkan dua bilangan positif
  • o Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif
Tugas Individu dan Kelompok  Laporan buku pekerjaan rumah 
  • o Menjelaskan cara menjumlahkan dua bilangan positif
  • o Menjelaskan contoh dan menugaskan  menjumlahkan dua bilangan positif
  • o Menjelaskan contoh dan menugaskan  Menjelaskan cara menjumlahkan dua bilangan positif dan bilangan negatif

 

 

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

43

2

1

Performansi

No. Aspek Kriteria Skor
1.2. PengetahuanSikap * Pengetahuan* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

42

1

4

2

1

Lembar Penilaian

No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Pengetahuan Sikap
1.2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /2 (dua)

Pertemuan ke                    :   1-2

Alokasi waktu                    :   4 x 35 menit        

  1. Standar  Kompetensi      :

5.   Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.

  1. Kompetensi Dasar

5.3  Mengurangkan bilangan bulat

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Menjelaskan cara Mengurangkan dua bilangan positif
  • Menjelaskan cara Mengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif
  • Menjelaskan cara Mengurangkan dua bilangan negatif

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. Materi Ajar

OPERASI HITUNGAN BILANGAN

  • Pengurangan Bilangan bulat
  1. Metoda Pembelajaran
  • deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
  • ekspositori (menerangkan)
  • tanya jawab
  • latihan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

Apresepsi dan  Motivasi

-      Mengingat kembali konsep Pengurangan Bilangan bulat

-      Melakukan game yang berhubungan dengan Pengurangan Bilangan bulat  dari bilangan

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menjelaskan cara mengurangkan :

  • dua bilangan positif,
  • dua bilangan negatif
  • bilangan positif dengan bilangan negatif
  • bilangan negatif dengan bilangan positif

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menjelaskan contoh dan menugaskan  latihan

F Tanya jawab

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan latihan soal

F Memberikan soal Pekerjaan Rumah

F Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
  • Matematika SD untuk Kelas IV 4B,
  1. Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
  • o Mengurangkan dua bilangan positif
  • o Mengurangkan dua bilangan positif
  • o Mengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif
  • o Mengurangkan dua bilangan negatif

 

Tugas Individu dan Kelompok  Laporan buku pekerjaan rumah 
  • o Menjelaskan cara mengurangkan dua bilangan positif ?
  • o Menjelaskan cara mengurangkan dua bilangan positif ?
  • o Menjelaskan cara mengurangkan bilangan positif dan bilangan negative ?
  • o Menjelaskan cara mengurangkan dua bilangan negatif  ?

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

43

2

1

Performansi

No. Aspek Kriteria Skor
1.2. PengetahuanSikap * Pengetahuan* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

42

1

4

2

1

Lembar Penilaian

No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Pengetahuan Sikap
1.2.

3.

4.

5.

6.

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /2 (dua)

Pertemuan ke                    :   1-2

Alokasi waktu                    :   4 x 35 menit        

  1. Standar  Kompetensi      :

5.   Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.

  1. Kompetensi Dasar

5.4  Melakukan operasi hitung campuran

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Menjelaskan cara Menghitung operasi hitung campuran

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. Materi Ajar

OPERASI HITUNGAN BILANGAN

  • Pengurangan Bilangan bulat
  1. Metoda Pembelajaran
  • deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
  • ekspositori (menerangkan)
  • tanya jawab
  • latihan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

Apresepsi dan  Motivasi

-      Mengingat kembali konsep Pengurangan Bilangan bulat

-      Melakukan game yang berhubungan dengan Pengurangan Bilangan bulat  dari bilangan

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menjelaskan cara mengurangkan :

  • dua bilangan positif,
  • dua bilangan negatif
  • bilangan positif dengan bilangan negatif
  • bilangan negatif dengan bilangan positif

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menjelaskan contoh dan menugaskan latihan

F Tanya jawab

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan latihan soal

F Memberikan soal Pekerjaan Rumah

F Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
  • Matematika SD untuk Kelas IV 4B,
  1. Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
  • o Mengurangkan dua bilangan positif
  • o Mengurangkan dua bilangan positif
  • o Mengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif
  • o Mengurangkan dua bilangan negatif
Tugas Individu dan Kelompok  Laporan buku pekerjaan rumah 
  • o Gurangkan dua bilangan positif ?
  • o Gurangkan dua bilangan positif ?
  • o Gurangkan bilangan positif dan bilangan negative ?
  • o Gurangkan dua bilangan negatif  ?

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

43

2

1

 

Performansi

No. Aspek Kriteria Skor
1.2. PengetahuanSikap * Pengetahuan* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

42

1

4

2

1

Lembar Penilaian

No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Pengetahuan Sikap
1.2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

RPPMatematikaBerkarakterKelas4SDsms1

RPPMatematikaBerkarakterKelas4SDsms2

RPPMatematikaBerkarakterSDKelas5sms1

RPPMatematikaBerkarakterSDKelas5sms2

RPPMatematikaKelasVISDsms1

RPPMatematikaKelasVISDsms2

About these ads

About suaidinmath

Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 29 Oktober 2012, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: