CONTOH SILABUS DAN RPP MATEMATIKA SMP MENGACU STANDAR PROSES

CONTOH: SILABUS

Nama Sekolah         : SMP/MTs PPPPTK Matematika

Kelas/Semester        : VIII (delapan)/Satu

Mata Pelajaran       : Matematika

Standar Kompetensi   : 3.Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.

Kompe-tensi Dasar Materi Pembe-lajaran  

Karakter yang Dikembang-kan

Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alo-kasi Wak-tu Sumber Belajar
Teknik Ben-tuk Instru-men Con-toh Instru-men
3.1 Meng-gunakan Teorema Pythago-ras untuk menentu-kan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku Teore-ma Pytha-goras  dan penggunaannya

 

  • Kerja keras
  • Tanggung-jawab
  • Secara kelompok,  siswa menemukan Teorema Pythagoras
  • Secara individu siswa menjelaskan Teorema Pythagoras (latihan)
  • Dengan pendekatan kooperatif  Team Assisted Intruction (TAI) siswa menentukan panjang sisi suatu segitiga siku-siku  yang diketahui gambar atau namanya dan  sebagian panjang sisi-sisinya
  • Dengan pendekatan kooperatif  TAI, siswa menentukan suatu segitiga termasuk segitiga siku-siku atau bukan  siku-siku
 

  • menjelaskan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku

 

  • menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku dengan Teorema Pythagoras

 

  • menentukan jenis segitiga termasuk siku-siku atau bukan siku-siku
 

Tes tertulis (kuis sebelum Ulangan Harian/UH)

 

Tes tertulis

(UH)

 

 

 

 

 

 

Tes tertulis

(UH)

 

 

Soal isian

 

 

 

 

Soal uraian

 

 

 

 

 

 

Soal uraian

 

 

 

Ada di hala-man beri-kut-nya

 

6 jam pela-jar-an @ 40 menit, terma-suk untuk Ulangan Hari-an

  • Buku Matematika Jilid VIII dari Dit. PLP, Depdiknas 2004;
  • Bahan informasi sejarah dan kegunaan Teorema Pythagoras;
  • Alat peraga Teorema Pythagoras;
  • LKS;
  • Bahan PR
  • Bahan latihan;
  • Bahan kuis;
  • Bahan ulangan harian.
  • Kertas berpetak

 

Contoh Instrumen Penilaian:

Indikator pencapaian kompetensi 1

  1. Nyatakan Teorema Pythagoras dalam bentuk rumus pada segitiga-segitiga siku-siku berikut ini.

Indikator pencapaian kompetensi 2 (fokus tujuan: memahami konsep)

  1. Perhatikan gambar segitiga siku-siku berikut. Hitunglah nilai x.

Jawab:

……………………………………………

……………………………………………

Indikator pencapaian kompetensi 3 (fokus tujuan: melakukan penalaran dan komunikasi)

  1. Apakah segitiga DEF yang mempunyai panjang sisi 5 cm, 6 cm dan 7 cm merupakan segitiga siku-siku? Jelaskan alasan jawaban Anda.

……………………………………………………………………………………………………………………………….…………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 1. Silabus Mat Karakter KD 3.1 VIII 22 Nov 2011

RPP Mat Karakter KD 3.1.VIII.22 Nov 2011

0.Cover Silbs.RPP Mat Karakter KD 3.1.VIII Nov 2011

0.Cover Silbs.RPP Mat Karakter KD 6.3 Nov 2011

1. Silabus Mat Karakter KD 6.3 IXI 22 Nov 2011

2CONTO~1

 

About these ads

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s