RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (BERDASARKAN STANDAR PROSES)


CONTOH_RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (BERDASARKAN STANDAR PROSES)

Nama Sekolah           : SDN

Mata Pelajaran          : IPS

Kelas/program           : VI

Standar Kompetensi : Menganalisis fenomena biosfer.

Kompetensi Dasar     : Menganalis aspek kependudukan.

Alokasi Waktu           : 2 x Pertemuan (2 x 45 menit).

  1. A.    Indikator
    1. 1.      Kognitif :
      1. a.      Proses:
      2. Menjelaskan pengertian pertambahan penduduk alami dan pertambahan penduduk total.
      3. Menghitung proyeksi penduduk.
      4. Menyebutkan faktor pronatalitas dan antinatalitas
      5. Membedakan 3 kategori tingkat kelahiran kasar.
      6. Menghitung angka kelahiran kasar.
  1. b.      Produk :

1)      Dapat menjelaskan pengertian pertambahan penduduk alami dan pertambahan penduduk total.

2)      Bisa menghitung proyeksi penduduk.

3)      Dapat Menyebutkan faktor pronatalitas dan antinatalitas

4)      Terampil membedakan 3 kategori tingkat kelahiran kasar.

5)      Bisa menghitung angka kelahiran kasar.

 

  1. 2.      Psikomotor

Secara berkelompok membuat soal, membaca, materi, mendiskusikan, untuk dipertanyakan, diajukan, didalam proses pembelajaran mengenai pertambahan penduduk alami, total, dan kasar beserta cara menghitung pertambahan penduduk tersebut.

  1. 3.      Afektif

Karakter: jujur, peduli tanggungjawab, bekerja sama, terbuka dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan pembelajaran mengenai pertambahan penduduk alami, total, dan kasar beserta cara menghitung pertambahan penduduk tersebut.

  1. B.     Tujuan Pembelajaran
    1. 1.      Kognitif.
      1. a.      Proses

Kepada Peserta didik disajikan berbagai referensi tentang pertambahan penduduk alami, total, dan kasar beserta cara menghitung pertambahan penduduk tersebut, dilanjutkan dengan bertanya kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran tersebut.

  1. b.      Produk

1)      Siswa dapat menjelaskan pengertian pertambahan penduduk alami dan pertambahan penduduk total.

2)      Anak didik bisa menghitung proyeksi penduduk.

3)      Peserta didik dapat menyebutkan faktor pronatalitas dan antinatalitas

4)      Murid terampil membedakan 3 kategori tingkat kelahiran kasar.

5)      Anak didik bisa menghitung angka kelahiran kasar.

  1. 2.      Afektif.
    1. a.      Karakter

Peserta didik dapat menunjukkan perilaku jujur dan peduli, memiliki tanggung jawab, terbuka dan mendengarkan pendapat orang lain selama pembelajaran pertambahan penduduk alami, total, dan kasar beserta cara menghitung pertambahan penduduk tersebut.

  1. b.      Keterampilan sosial

Selama proses pembelajaran pertambahan penduduk alami, total, dan kasar beserta cara menghitung pertambahan penduduk tersebut berlangsung, peserta didik dapat menunjukkan keterampilan sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima kritik dan saran, serta berkomunikasi dengan baik.

  1. C.    Materi Pembelajaran
    1. Pengertian pertambahan penduduk alami dan total. (Silahkan tulis secara singkat)
    2. Proyeksi pertambahan penduduk total. (Silahkan tulis secara singkat)
    3. Faktor pro natalitas dan anti natalitas. (Silahkan tulis secara singkat)
    4. Kategori tingkat kelahiran kasar. (Silahkan tulis secara singkat)
    5. Pertambahan penduduk berdasarkan kelahiran kasar.(Silahkan tulis secara singkat)
  1. D.    Metode Pembelajaran
    1. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
    2. Diskusi
    3. Tanya jawab / penugasan
    4. E.     Kegiatan Pembelajaran
      1. 1.      Pendahuluan   (10 menit)
        1. a.      Orientasi :

1)      Memberi salam

2)      Menyapa tentang tentang lingkungan suasana kelas berkaitan dengan kebersihan, tata letak sarana prasarana belajar.

3)      Menanyakan kehadiran siswa: :”Ada yang tidak sekolah hari ini? Mengapa?”

  1. b.      Apersepsi

Guru bertanya :”Anak-anak coba ingat ingat, rata rata keluarga di sekitarmu memiliki anak berapa?”   Kemudian guru  bertanya kepada 3 orang siswa berapa jumlah keluarganya di rumah. Siswapun terus diberi stimulus oleh guru untuk mengemukakan hal yang berkaitan dengan pertambahan penduduk sesuai dengan temuan siswa, kemudian dipersilakan pula  untuk menceritakan tentang masalah pertambahan penduduk di Indonesia.

  1. c.       Motivasi :

1)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran berkaitan dengan materi pengertian pertambahan penduduk alami, total, kasar dan cara untuk mencari pertambahan penduduk tersebut yang dibelajarkan kepada siswa.

2)      Siswa diberi penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan berlangsung dengan cara pembagian kelompok kecil untuk berdiskusi.

  1. 2.      Kegiatan inti  (70 menit)

a.  Eksplorasi

1)      Membimbing siswa dalam membuat kelompok belajar, setiap kelompok belajar terdiri dari 4 siswa.

2)      Siswa berkelompok kemudian berdiskusi, membaca buku, membuat pertanyaan yang akan diajukan dalam proses pembelajaran (tanya jawab tentang pertambahan penduduk alami, total, dan kasar beserta cara menghitung pertambahan penduduk tersebut)

3)       Setiap kelompok mengerjakan lembar kerja dan membahas pengertian industri/mengklasifikasikan industri.

b.Elaborasi

1)       Secara acak guru memanggil satu per satu nama – nama dari kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya

2)      Selama melakukan kegiatan belajar, peserta didik saling mengemukakan pendapat dan menerima pendapat.

3)      Bekerja sama, berfikir logis, tanggung jawab atas selesainya pekerjaan dengan tepat waktu.

  1. c.       Konfirmasi / Kesimpulan

1)      Peserta didik dibimbing oleh guru menyimpulkan materi pembelajaran,

2)      Anak didik diberi tahu tentang kelompok diskusi yang mendapat nilai sangat baik dan kelompok yang mendapat nilai baik.

3)      Guru memberikan penegasan terhadap materi pelajaran.

4)      Guru menyampaikan informasi untuk materi yang akan datang.

  1. Penutup   (10 menit)

1)      Anak didik diberi tugas terstruktur untuk dikumpulkan pada pertemuan mendatang.

2)      Peserta didik diberi  informasi untuk materi yang akan datang.

 

  1. F.     Bahan, Alat, dan Sumber Belajar
    1. 1.      Bahan      : Kertas berisi masalah yang akan didiskusikan.
    2. 2.      Alat          : lap to, infocus
    3. 3.      Sumber    :

Bahan Ajar Geografi.       http://www.psb. sd.org/bahanajar/presentasi/ips   

(2 November 2011).

Iskandar, Dadang. 2010. Materi IPS SD Kelas 6.  Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas  34-46.   (ini sekedar contoh penulisan)

Winatakusumah, Asep. 2011.    Bahan Ajar IPS SD Untuk Kelas VI.  Jakarta:Erlangga. Hlm.39-45.

  1. G.    Penilaian
    1. Bentuk penilaian            : Tes tertulis, Pengamatan kinerja dan sikap.
    2. Aspek yang dinilai          : Instrumen soal, diskusi, bobot bertanya, kreatifitas.
    3. Jenis penilaian                : Penilaian proses dan penilaian hasil.
    4. 4.         Alat penilaian                 :

1. Perubahan jumlah penduduk yang disebabkan oleh kelahiran dan kematian dan migrasi disebut….

a.          komponen penduduk

b.         transisi demografi

c.          dinamika penduduk

d.         distribusi penduduk

e.          aset penduduk

2.  Pada tahun 2005, penduduk Indonesia 205 juta jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya per tahun 1,5 %. Maka proyeksi penduduk tahun 2010 adalah

a.         220 juta jiwa

b.         229 juta jiwa

c.         305 juta jiwa

d.         330 juta jiwa

e.         339 jutajiwa

3. Pernyataan berikut termasuk prokelahiran, kecuali….

a.          kawin usia muda

b.         anak sebagai penerus keturunan

c.          melaksanakan program KB

d.         tingginya angka kematian bayi

e.          anak menjadi tumpuan pada hari tua

4. Jika angka kematian kasar suatu daerah lebih dari 20 dari setiap seribu jiwa termasuk kedalam kategori….

  1. Sangat rendah
  2. rendah.
  3. Sedang
  4. Tinggi
  5. Sangat tinggi
  1. Terdapat penduduk sebesar 25 juta jiwa sedangkan banyakn ya bayi yang lahir dalam setahun sebesar 500 ribu orang. Berapakah CDR nya?
    1. 20 bayi/1000 wanita
    2. 25 bayi/1000 wanita
    3. 30 bayi/1000 wanita
    4. 35 bayi/1000 wanita
    5. 40 bayi/1000 wanita.

5. Kunci Jawaban:

  1. c.     2. a.   3. d.   4. d.   5. a.

 

 

  1. 6.      Pedoman penilaian :

Setiap item soal diberi skor 1.

Nilai =  x 100

Mengetahui,                                                                                      …………, …….. 20….

Kepala SDN ………………,                                                             Guru  Mata Pelajaran,

CONTOH_RPP

CONTOH_RPP_BAHASA_INDONESIA

About these ads

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s