PEMBIMBINGAN GURU SMKN 1 DOMPU MENYUSUN PROPOSAL & LAPORAN PTK

SILABUS DIKLAT

PEMBIMBINGAN GURU SMKN 1 DOMPU MENYUSUN PROPOSAL & LAPORAN PTK

DIMENSI  KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK

TANGGAL 14 sd 15 Juni 2012

1. Membimbing Guru dalam Peneltian Tindakan Kelas
  • Konsep dasar PTK
  • Prosedur   Pelaksanaan PTK
  • Penyusunan Proposal PTK
  • Penyusunan Laporan PTK

 

Setelah menyelesaikan materi pelatihan ini guru diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan konsep dasar PTK.
  2. Menjelaskankan prosedur PTK.
  3. Menyusun proposal PTK
  4. Penyusunan Laporan PTK.
 14 JP
  1. Membimbing Guru dalam PTK (2010), Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan
  2. Penyusunan Proposal Penelitian (2008), Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan
  3. Menulis Karya Ilmiah (2008), Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan


SATUAN ACARA PELATIHAN

 

MATA  DIKLAT       :       PEMBIMBINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

ALOKASI WAKTU          :  14JP (14 X 45’)

  1. A.     KOMPETENSI                 

Setelah mengikuti pelatihan ini Guru diharapkan dapat menguasai konsep dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta mampu dalam merencanakan dan melaksanakan PTK untuk perbaikan mutu pembelajaran

  1. B.     INDIKATOR :

Setelah menyelesaikan materi pelatihan ini guru dapat:

1.    Menjelaskan konsep dasar penelitian tindakan kelas.

2.    Menjelaskankan prosedur penelitian tindakan kelas.

3.    Menyusun proposal PTK

4.    Menyusun laporan penelitian Tindakan Kelas

  1. C.   RUANG LINGKUP  MATERI

 

No

Materi Diklat

1.

Konsep dasar  PTK

2.

Prosedur Pelaksanaan PTK

3.

Penyusunan Proposal PTK

4.

Penyusunan Laporan PTK

 

D.    SKENARIO PELATIHAN

TAHAP

Waktu

PENGKONDISIAN

 
Pengkondisian awal dimulai dengan menyapa peserta, dengan tayangan slide SelamatDatang“ dan Perkenalan.

2 JP

  • Eksplorasi pemahaman peserta berkenaan dengan konsep PTK
  • Menginformasikan  kompentesi  mata tatar,  indikator,  alokasi waktu  dan  skenario  Diklat  PTK.

 INTI

 
Penyampaian Materi Diklat:

  • Mengungkapan kembali pengalaman peserta pelatihan, menganalisis, menyimpulkan, dan mengeneralisasi PTK dalam suasana diklat yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan bermakna.
  • Peseta melakukan Identifikasi beberapa judul dan abstraksi PTK dari Journal PTK
  • Memberikan informasi dan stimulasi berkenaan dengan teknik penyusunan  proposal dan laporan PTK
  • Memberikan informasi cara membuat   Instrumen  dan pengolahan data PTK
  • Memberikan informasi mengenai perlunya perumusan masalah dan pengidentifikasian formulasi masalah sebelum melaksanakan PTK

(Secara berkelompok peserta mendiskusikan LK 1 & 2 tentang Kerangka Pikir dan Rencana Kerja PTK)

  • Peserta merancang proposal PTK di sekolah  masing-masing
  • Presentasi hasil oleh peserta

11 JP

PENUTUP

 

  • Post  Tes
    • Refleksi bersama antara peserta dengan pelatih mengenai jalannya pelatihan.

1 JP

 

E.    Evaluasi

Tes pemahaman konsep dasar PTK dan evaluasi  Produk

    

F.    Alat  dan  Bahan

Notebook dan LCD Projector

Lembat Tugas dan Modul PTK

 

00.PTK PTS SMK 1 DPU

Referensi

Kemmis, S. and McTaggart, R.1988. The Action Researh Reader. Victoria, Deakin University Press.

Suhardjono, Azis Hoesein, dkk. 1996. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Widya-iswara. Jakarta: Depdikbud, Dikdasmen.

Suhardjono. 200. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah pada “Diklat Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsional Guru”, Direktorat Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, Makalah pada “Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di Makasar”, Jakarta, 2005

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Supardi. (2005). Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Tita Lestari (2009) Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Modul Pelatihan Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Pusdiklat Depdiknas. Sawangan. Bogor.

 

About these ads

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s