MATERI SIKRONISASI PROG. TENDIK PROP/KAB./KOTA THN 2012


1.PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 12 TAHUN 2007

2. perbedaan permen 12 dan permenpan 21

3.R ekruitmen pengawas final

4. REKRUTMEN PENGAWAS SEKOLAH ANGREK

5. IPKPS MUDA PITAGIRI 21022012 final (revised)

6. IPKPS MADYA PITAGIRI 210212 final (revised)

7. IPKPS UTAMA PITAGIRI 210212 final (revised)

8. GAMBARAN UMUM PEDOMAN PKPS baru

9.PKB

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN PADA PENILAIAN KINERJA PENGAWAS SEKOLAH

A.      KELENGKAPAN ADMINISTRASI DAN INSTRUMEN

1.    Map plastik

2.    Lampiran 3 ( 2 lembar )

3.     Lampiran  4 ( 1 lembar )

4.     Pengolahan Nilai ( 1 Stel ) / Lampiran 5

5.     Instrumen  Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah

6.     Lampiran 6 ( 1 Stel )

7.     Surat Tugas.

B.      PELAPORAN

Sistematika pelaporan hasil penilaian kinerja pengawas sekolah sebagai berikut

1.    Jilid Laporan

2.    Identitas Pengawas

3.    Lampiran 1, 3, 4

4.    Lampiran 5 dan 5a

5.    Instrumen Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah

6.    Lampiran 6 ( diisi lengkap dengan Saran/Rekomendasi)

Nomor 1 s.d. 6. dijilid

C. HAL-HAL YANG HARUS DISAMPAIKAN PADA TEMU AWAL

1.    Tunjukan surat tugas.

2.    Jelaskan maksud dan tujuan.

 

D.  PELAKSANAAN

1.    Laksanakan penilaian kinerja pengawas sekolah/madarasah sesuai prosedur yang ditetapkan.

2.    Perhatikan Tata Krama dan Tata Tertib

E.        HAL-HAL YANG HARUS DISAMPAIKAN PADA TEMU AKHIR

a.       Ucapan terimakasih dan permohonan maaf dst . …………………..

b.      Hasil penilaian kinerja dilaporkan oleh asesor kepada Kepala Dinas Pendidikan …………….

c.       Hasil Penialaian Kinerja Pengawasan Sekolah diplenokan Dinas Pendidikan

dunload ISI LAPORAN

STUDI  KASUS

  1. Pengawas  Muda

Satrio  Hutagulung , S.Pd, M.Pd adalah pengawas sekolah muda dengan pangkat Penata    golongan  III/c,  baru lima tahun jadi pengawas sekolah di Kabupaten Gentong , bidang pengawasan  Mata Pelajaran Matematika , jenjang satuan pendidikan SMP . Bapak Satrio membina  tiga SMP Negeri dan dua SMP Swasta dengan jumlah guru matematika sebanyak 20 orang. Pada akhir tahun pelajaran 2013/2014 akan dinilai kinerjanya oleh asesor Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah  dari Kabupaten Gentong yang bernama Bapak  Drs. Slamet Rahardjo, M.Pd, jabatan pengawas pembina, golongan IV/a.

Pada hari Senin Jam 08.00, Pak  Slamet Rahardjo langsung memeriksa dokumen  yang diserahkan oleh bapak Satrio yang terdiri dari Program Pengawasan, Laporan  Pelaksanaan Program Pengawasan, Laporan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Pengawasan dan Pembimbingan dan Pelatihan Profesional guru.

Dari Hasil Kajian dokumen Penyusunan  Program pengawasan asesor memperoleh data  sebagai berikut :

Terdapat Identitas yang berisi  judul, kata pengantar dan daftar isi, pendahuluan yang memuat latar belakang, tujuan dan sasaran, sasaran dan target pengawasan serta ruang lingkup pengawasan, identifikasi hasil pengawasan tahun sebelumnya, matrik  program pengawasan tahunan yang berisi matrik program pembinaan guru, matrik program pemantauan SNP,  matrik penilaian kinerja guru, matrik pembinaan guru berisi pembinaan  kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, matrik  program pemantauan SI, SKL, Standar Proses, Standar Penilaian, matrik  penilaian kinerja guru berisi penilaian 4 kompetensi guru. Ketika mengkaji dokumen Program pengawasan semesteran diperoleh data sbb : Terdapat  Identitas sekolah, Identifikasi masalah, deskripsi kegiatan yang berisi tujuan, sasaran, target keberhasilan, indikator, metode kerja dan jadwal.  Ketika mengkaji dokumen RPA/RPBK diperoleh data sbb : Terdapat  sekolah/sasaran/tempat, aspek pembinaan, tujuan,indikator keberhasilan, strategi, skenario,  rencana tindak lanjut. Ketika mengkaji lampiran berisi instrumen kepengawasan  diperoleh data sbb: Terdapat instrumen pembinaan guru, instrumen penilaian kinerja guru, surat tugas kepengawasan, jadwal pelaksanaan, instrumen pemantauan SI, SKL, Standar Proses, Standar Penilaian, Rencana Pengawasan Akademik/RPBK.

Dari Kajian dokumen Pelaksanaan Program Pengawasan diperoleh data sbb :

Terdapat laporan  telah melaksanakan program pembinaan guru berupa surat keterangan pelaksanaan pembinaan guru, daftar hadir guru yang dibina, jadwal pelaksanaan ,kesimpulan hasil pembinaan guru, surat keterangan, surat keterangan pelaksanaan pemantauan , Instrumen hasil pemantauan SI, SKL, Standar Proses, Standar Penilaian, hasil pengolahan pemantauan, laporan penilaian kinerja guru, instrumen  PKG yang telah diisi, daftar hadir guru, Rekomendasi dan tindak lanjut.

Dari Kajian Evaluasi  Hasil Pelaksanaan  Pengawasan diperoleh data sbb :

Terdapat laporan hasil evaluasi hasil pembinaan guru berupa data hasil pembinaan guru, kesimpulan dan tindak lanjut, laporan evaluasi hasil pemantauan SNP berupa data hasil pemantauan,hasil analisis, kesimpulan, laporan evaluasi penilaian kinerja guru berupa data hasil PKG, hasil analisis, kesimpulan, tindak lanjut.

Dari Kajian Laporan Pengawasan Tahunan berisi identitas, pendahuluan,pendekatan dan metode pengawasan, hasil pengawasan pada sekolah binaan, Penutup, lampiran- lampiran.

Dari Kajian Dokumen Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru diperoleh data sbb :

Terdapat  program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di MGMP yang berisi penguasaan  kompetensi guru, pengembangan diri, publikasi ilmiah, disertai dengan  surat keterangan telah melaksanakan pembimbingan, daftar hadir guru, jadwal , materi pembimbingan  dan pelatihan guru, kesimpulan dan tindak lanjut. Terdapat  laporan hasil evaluasi pelaksanaan pembimbingan disertai dengan data hasil bimbingan, hasil analisis, kesimpulan dan tindak lanjut.

Jam 16.00 Pak Slamet  selesai menilai kinerja

Dari Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah  yang dilakukan oleh oleh Pak  Drs. Slamet Rahardjo, M.Pd terhadap  Pak Satrio Hutagalung, S.Pd, M.Pd.

 

  1.  Buatlah Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kinerja yang dilakukan oleh Pak Drs Slamet Rahardjo, M.Pd. berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan.
  2. Buatlah Laporan hasil Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah Pak Satrio Hutagalung, S.Pd, M.Pd.
  3. Berikan Rekomendasinya
  1. Pengawas  Madya

Dinas Pendidikan Kota Harapan pada akhir tahun pembelajaran 2013/2014 telah mengumumkan kepada seluruh pengawas sekolah akan  mengadakan penilaian kinerja pengawas sekolah oleh asesor. Drs. Jaja Sukjaya M.Pd adalah pengawas sekolah madya dengan pangkat Pembina    golongan  IV/a,  sudah 8 tahun jadi pengawas sekolah di Kota Harapan , bidang pengawasan  Mata Pelajaran Kimia , jenjang satuan pendidikan SMA/SMK/MA . Pak Jaja Sukjaya membina  5 SMA Negeri dan 10 SMA Swasta, 3 SMK  Negeri, 12 SMK Swasta  dan 2 MA dengan jumlah guru kimia sebanyak 42 orang. Pada akhir tahun pelajaran 2013/2014 akan dinilai kinerjanya oleh asesor Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah  dari Kota Harapan yang bernama Pak  Dr, Dahman Danuri , M.Pd jabatan pembina utama muda, gol IV/c.

Pada hari Senin Jam 08.00, Pak Dr, Dahman Danuri , M.Pd. menemui Pak Jaja Sukjaya , memperkenalkan diri serta mengemukakan maksud dan tujuan kedatangannya , mengisi lampiran 1 dan  menandatangankannya kepada pak jaja sukjaya. Pak Jaya Sukjaya menyerahkan  dokumen kepengawasan   yang  terdiri dari Program Pengawasan, Laporan  Pelaksanaan Program Pengawasan, Laporan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Pengawasan dan Pembimbingan dan Pelatihan Profesional guru.

Dari Hasil Kajian dokumen Penyusunan  Program pengawasan asesor memperoleh data  sebagai berikut :

Terdapat Identitas yang berisi  judul, kata pengantar dan daftar isi,halaman pengesahan, pendahuluan yang memuat latar belakang, dasar hukum, visi,misi tujuan, sasaran dan target pengawasan serta ruang lingkup pengawasan, identifikasi hasil pengawasan tahun sebelumnya, tindak lanjut hasil pembinaan, matrik  program pengawasan tahunan yang berisi matrik program pembinaan guru berisi pembinaan  kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional , program pembinaan kepala sekolah berisi kepribadian dan sosial,pengembangan sekolah, kewirausahaan, supervisi akademik, matrik program pemantauan 8 SNP,  matrik program penilaian kinerja guru yang berisi 4 kompetensi, , matrik pembinaan kepala sekolah berisi 5 kompetensi kepala sekolah,. Ketika mengkaji dokumen Program pengawasan semesteran diperoleh data sbb : Terdapat  Identitas sekolah, Identifikasi masalah, deskripsi kegiatan yang berisi tujuan, sasaran, target keberhasilan, indikator, metode kerja dan jadwal.  Ketika mengkaji dokumen RPA/RPBK diperoleh data sbb : Terdapat  sekolah/sasaran/tempat, aspek pembinaan, tujuan,indikator keberhasilan, strategi, skenario, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, waktu. Ketika mengkaji lampiran berisi instrumen kepengawasan  diperoleh data sbb: Terdapat instrumen pembinaan guru, pembinaan kepala sekolah, instrumen penilaian kinerja guru, instrumen penilaian kinerja kepala sekolah, surat tugas kepengawasan, jadwal pelaksanaan, instrumen pemantauan  SI, SKL, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar PTK, Standar Sarana ,Standar Pengelolaan, Rencana Pengawasan Akademik/RPBK.

Dari Kajian dokumen Pelaksanaan Program Pengawasan diperoleh data sbb :

Terdapat laporan  telah melaksanakan program pembinaan guru berupa surat keterangan pelaksanaan pembinaan guru, daftar hadir guru yang dibina, jadwal pelaksanaan ,kesimpulan hasil pembinaan guru, surat keterangan, surat keterangan pelaksanaan pemantauan , Instrumen hasil pemantauan pemantauan  SI, SKL, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar PTK, Standar Sarana ,Standar Pengelolaan , hasil pengolahan pemantauan, laporan penilaian kinerja guru, laporan penilaian kinerja kepla sekolah, instrumen  PKG yang telah diisi, Instrumen PKKS daftar, hadir guru,daftar hadir kepala sekolah , hasil pengolahan, kesimpulan, Rekomendasi dan tindak lanjut.

Dari Kajian Evaluasi  Hasil Pelaksanaan  Pengawasan diperoleh data sbb :

Terdapat laporan hasil evaluasi hasil pembinaan guru dan pembinaan kepala sekolah berupa data hasil pembinaan guru dan kepala sekolah,hasil analisis, kesimpulan dan tindak lanjut, laporan evaluasi hasil pemantauan 8 SNP berupa data hasil pemantauan,hasil analisis, kesimpulan, laporan evaluasi penilaian kinerja guru dan kepala sekolah berupa data hasil PKG/PKKS, hasil analisis, kesimpulan, tindak lanjut.

Dari Kajian Laporan Pengawasan Tahunan berisi identitas, pendahuluan,pendekatan dan metode pengawasan, hasil pengawasan pada sekolah binaan, Penutup, lampiran- lampiran.

Dari Kajian Dokumen Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru diperoleh data sbb :

Terdapat  program pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah di MGMP/MKKS yang berisi penguasaan  kompetensi guru/kompetensi kepala sekolah , pengembangan diri, publikasi ilmiah, karya inovatif, penulisan KTI, Pendikar, induksi,EDS, akreditasi, disertai dengan surat keterangan telah melaksanakan pembimbingan, daftar hadir guru/kepala sekolah, jadwal ,tindak lanjut, data hasil pembimbingan  dan pelatihan guru disertai hasil analisis, kesimpulan dan tindak lanjut. Program pembimbingan kepala sekolah yang berisi  menyusun program kerja sekolah, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, SIM disertai dengan surat keterangan  telah melaksanakan pembimbingan, daftar hadir kepala sekolah, jadwal , kesimpulan dan tindak lanjut. program pembimbingan pengawas muda yang berisi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pengawasan, evaluasi hasil  pengawasan disertai dengan surat keterangan telah melaksanakan pembimbingan, daftar hadir, jadwa dan tindak  lanju. Terdapat data hasil evaluasi pembimbingan guru / kepala sekolah di MGM/MKKS disertai dengan hasil analisis, kesimpulan dan tindak lanjut. Terdapat laporan evaluasi pelaksanaan bimbingan dan pelatihan kepala sekolah program kerja sekolah, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, SIM disertai dengan data hasil bimbingan, hasil analisis, kesimpulan dan tindak lanjut . Terdapat laporan  evaluasi  hasil pembimbingan pengawas muda disertai dengan analisis, kesimpulan dan tindak lanjutnya  pembimbingan pengawas muda

Jam 17.00 Pak Dr. Dahman Danuri, M.Pd  selesai menilai kinerja .

Dari Penilaian Kinerja yang dilakukan oleh oleh Pak Dr. Dahman Danuri, M.Pd   terhadap pengawas sekolah Pak Drs. Jaja Sukjaya M.Pd .

  1. Berikan Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kinerja yang dilakukan oleh Pak  Dr. Dahman Danuri, M.Pd dan Dinas Pendidikan Kota Harapan.
  2. Buatlah Laporan hasil Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah Pak Drs. Jaja Sukjaya M.Pd.
  3. Berikan  saran dan rekomendasinya

C. Pengawas Utama

Pada tahun pembelajaran 2013/2014 Dinas Pendidikan Kota Bogosa  telah membentuk tim penilai kinerja pengawas sekolah yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan, Korwas, Pengawas Senior, ,APSI,  yang semuanya telah mempunyai sertifikat asesor, kemudian menerbitkan Surat Keputusan tim penilai kinerja pengawas sekolah. Mengumumkan kepada seluruh pengawas sekolah akan  mengadakan penilaian kinerja pengawas sekolah oleh asesor penilaian kinerja pengawas sekolah yang telah bersertifikat. Pak Drs. Noah   M.Pd adalah pengawas sekolah utama dengan pangkat Pembina utama madya    golongan  IV/d,  sudah 15 tahun jadi pengawas sekolah di Kota Bogosa , bidang pengawasan  Mata Pelajaran Ekonomi , jenjang satuan pendidikan SMA/SMK/MA . Pak Noah membina  5 SMA Negeri dan 10 SMA Swasta, 3 SMK  Negeri, 12 SMK Swasta  dan 2 MA dengan jumlah guru ekonomi sebanyak 45 orang. Pada akhir tahun pelajaran 2013/2014 akan dinilai kinerjanya oleh asesor Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah  dari Kota Bogosa yang bernama Pak  Drs, Mamora , M.Pd dengan pangkat pembina tk I, golongan  IV/b.

Pada hari Senin Jam 08.00, Pak Drs, Mamora , M.Pd. menemui Pak Noah  , memperkenalkan diri serta mengemukakan maksud dan tujuan kedatangannya,memperlihatkan surat tugas , mengisi lampiran 1 dan  menandatangankannya kepada pak Noah. Pak Noah menyerahkan  dokumen kepengawasan yang diminta oleh asesor   yang  terdiri dari Program Pengawasan, Laporan  Pelaksanaan Program Pengawasan, Laporan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Pengawasan dan Pembimbingan dan Pelatihan Profesional guru.

Dari Hasil Kajian dokumen Penyusunan  Program pengawasan asesor memperoleh data  sebagai berikut :

Terdapat Identitas yang berisi  judul, kata pengantar dan daftar isi,halaman pengesahan, pendahuluan yang memuat latar belakang, dasar hukum, visi,misi tujuan, sasaran dan target pengawasan serta ruang lingkup pengawasan, identifikasi hasil pengawasan tahun sebelumnya, tindak lanjut hasil pembinaan, matrik  program pengawasan tahunan yang berisi matrik program pembinaan guru berisi pembinaan  kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional , program pembinaan kepala sekolah berisi kepribadian dan sosial,pengembangan sekolah, kewirausahaan, supervisi akademik, matrik program pemantauan 8 SNP,  matrik program penilaian kinerja guru yang berisi 4 kompetensi, , matrik pembinaan kepala sekolah berisi 5 kompetensi kepala sekolah,. Ketika mengkaji dokumen Program pengawasan semesteran diperoleh data sbb : Terdapat  Identitas sekolah, Identifikasi masalah, deskripsi kegiatan yang berisi tujuan, sasaran, target keberhasilan, indikator, metode kerja dan jadwal.  Ketika mengkaji dokumen RPA/RPBK diperoleh data sbb : Terdapat  sekolah/sasaran/tempat, aspek pembinaan, tujuan,indikator keberhasilan, strategi, skenario, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, waktu. Ketika mengkaji lampiran berisi instrumen kepengawasan  diperoleh data sbb: Terdapat instrumen pembinaan guru, pembinaan kepala sekolah, instrumen penilaian kinerja guru, instrumen penilaian kinerja kepala sekolah, surat tugas kepengawasan, jadwal pelaksanaan, instrumen pemantauan  SI, SKL, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar PTK, Standar Sarana ,Standar Pengelolaan, Rencana Pengawasan Akademik/RPBK.

Dari Kajian dokumen Pelaksanaan Program Pengawasan diperoleh data sbb :

Terdapat laporan  telah melaksanakan program pembinaan guru berupa surat keterangan pelaksanaan pembinaan guru, daftar hadir guru yang dibina, jadwal pelaksanaan ,kesimpulan hasil pembinaan guru, surat keterangan, surat keterangan pelaksanaan pemantauan , Instrumen hasil pemantauan pemantauan  SI, SKL, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar PTK, Standar Sarana ,Standar Pengelolaan , hasil pengolahan pemantauan, laporan penilaian kinerja guru, laporan penilaian kinerja kepla sekolah, instrumen  PKG yang telah diisi, Instrumen PKKS daftar, hadir guru,daftar hadir kepala sekolah , hasil pengolahan, kesimpulan, Rekomendasi dan tindak lanjut.

Dari Kajian Evaluasi  Hasil Pelaksanaan  Pengawasan diperoleh data sbb :

Terdapat laporan hasil evaluasi hasil pembinaan guru dan pembinaan kepala sekolah berupa data hasil pembinaan guru dan kepala sekolah,hasil analisis, kesimpulan dan tindak lanjut, laporan evaluasi hasil pemantauan 8 SNP berupa data hasil pemantauan,hasil analisis, kesimpulan, laporan evaluasi penilaian kinerja guru dan kepala sekolah berupa data hasil PKG/PKKS, hasil analisis, kesimpulan, tindak lanjut penilaian kinerja guru/kepala sekolah, ada data hasil pengawasan tingkat kota,melakukan analisis  hasil pengawasan tingkat kota, membuat kesimpulan hasil pengawasan tingkat kota  dan membuat laporan tindak lanjut hasil pengawasan tingkat kota.

Dari Kajian Laporan Pengawasan Tahunan berisi identitas, pendahuluan,pendekatan dan metode pengawasan, hasil pengawasan pada sekolah binaan, Penutup, lampiran- lampiran.

Dari Kajian Dokumen Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru diperoleh data sbb :

Terdapat  program pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah  di MGMP/MKKS yang berisi penguasaan  kompetensi guru/kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan tugas tambahan, penulisan KTI, pendikar, induksi, EDS, akreditasi sekolah , pengembangan diri, publikasi ilmiah, disertai dengan  surat keterangan telah melaksanakan pembimbingan, daftar hadir guru/kepala sekolah, jadwal ,tindak lanjut, data hasil pembimbingan  dan pelatihan guru, hasil analisis, kesimpulan dan tindak lanjut hasil pembimbingan. Terdapat program pembimbingan kepala sekolah yang berisi  menyusun program kerja sekolah,  rencana kerja sekolah,    pengawasan dan evaluasi,  kepemimpinan sekolah, dan SIM, disertai dengan surat keterangan telah melakukan pembimbingan, ada daftar kepala sekolah disertai dengan jadwal pelaksanaan, serta tindaklanjutnya. Terdapat program pembimbingan pengawas muda yang berisi: penyusunan program pengawasan,pelaksanaan program pengawasan, evaluasi pelaksanaan program, penyusunan laporan hasil pengawasan, disertai dengan    surat keterangan telah  membimbing pengawas muda dan madya dalam melaksanakan tugas pokok , ada daftar hadir pengawas yang dibimbing,ada jadwal pelaksanaan pembimbingan pengawas muda. Terdapat program pembimbingan dan pelatihan guru dan kepala sekolah dalam penelitian tindakan yang berisi : wawasan PTK/PTS,menyusun proposal,melaksanakan,melaporkan  PTK/PTS, disertai dengan  surat keterangan telah melakukan pembimbingan dan pelatihan guru/kepala sekolah dalam penelitian tindakan, ada daftar hadir guru/kepala sekolah yang dibimbing, ada jadwal pelaksanaannya, dan ada tindak lanjutnya, data hasil pembimbingan guru dan kepala sekolah, hasil analisis, kesimpulan, tindak lanjut. Terdapat laporan evaluasi pelaksanaan bimbingan dan pelatihan guru dan  kepala sekolah di MGMP/MKKS yang berisi : data hasil bimbingan,hasil analisis bimbingan,kesimpulan dan tindak lanjutnya. Terdapat laporan hasil evaluasi pelaksanaan bimbingan dalam menyusun   program kerja sekolah, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, SIM ,  pembimbingan pengawas muda dan madya, pembimbingan dan pelatihan guru/kepala sekolah dam penelitian tindakan disertai dengan data hasil bimbingan, hasil analisis, kesimpulan dan tindak lanjutnya.

Jam 17.00 Pak Drs, Mamora M.Pd  selesai menilai kinerja .

Dari Penilaian Kinerja yang dilakukan oleh oleh Pak Drs, Mamora, M.Pd   terhadap pengawas sekolah Pak Drs. Noah, M.Pd

  1. Berikan Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah oleh Dinas Pendidikan Kota Bogosa  dan Pak Drs. Mamora,M.Pd
  2. Buatlah Laporan hasil Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah Pak Drs. Noah M.Pd.
  3. Berikan  Saran dan Rekomendasinya

Untuk Trainer

KUNCI  JAWABAN  STUDI KASUS

Langkah-langkah  Pelaksanaan Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah

  1. Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota mengadakan Rapat Pembentukan Tim Penilai Kinerja Pengawas Sekolah  dan memberi surat tugas kepada asesor yang telah bersertifikat untuk mel;aksanakan PKPS di Kab/Kota
  2. Kepala  Dinas  Pendidikan Kab/Kota menyerahkan Kelengkapan Administrasi dan Instrumen PKPS ( mengisi lampiran 2 ) antara lain :
    1. Lampiran 1 (2 lembar )
    2. Lampiran 2( 2 lembar )
    3. Lampiran 3 ( 1 lembar )
    4. Pengolahan Nilai (1 stel)/lampiran 4
    5. Instrumen PKPS
    6. Lampiran 5 ( 1 stel )
    7. Surat Tugas
  1. Hal – hal yang harus disampaikan pada temu awal
    1. Tunjukan surat tugas
    2. Jelaskan maksud dan tujuan

 

  1. Pelaksanaan
    1. Laksanakan PKPS sesuai dengan prosedur yang ditetapkan
    2. Perhatikan Tata Krama dan Tata tertib

 

  1. Hal – hal yang harus disampaikan pada temu akhir
    1. Ucapan terimakasih dan permohonan maaf dst….
    2. Hasil Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah dilaporkan Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
    3. Hasil Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah diplenokan di Dinas Pendidikan Kab/kota.

 

  1. Pelaporan
    1. Jilid Laporan
    2. Lampiran 1, 2, 3
    3. Lampiran 4 ( Pengolahan Nilai )
    4. Instrumen PKPS yang telah dinilai
    5. Lampiran 5 ( diisi lengkap dengan saraan / rekomendasi )

Nomer  a , b, c, d, e dijilid

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s