APA MENGAPA BAGAIMANA EDS ITU?.


SUPAYA KITA MEMAHAMI MARI KITA JAWAB PERTANYAAN INI  ?

1.Apa Dasar Hukum EDS  ?
2.Apa itu  SPMP  ?
3.Apa permasalahan dalam  EDS  ?
3.Apa itu  EDS  ?
4.Apa tujuan EDS  ?
5.Apa manfaat  EDS  ?
6.Apa hasil  EDS  ?
7.Apa bukti fisik  EDS  ?
8.Mengapa perlu  EDS  ?
9.Bagaimana  Instrumen  EDS  ?
10.Bagaimana proses   EDS   ?
11.Bagaimana penilaian  EDS  ?
12.Bagaimana EDS  membantu RKS  ?
13.Siapa melaksanakan  EDS  ?
14.Siapa  bertanggung jawab  ?
DASAR HUKUM
•Pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang dikdasmen menerapkan manajemen berbasis sekolah : kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas  (PP no. 19/2005 pasal 49)
•Satuan Pendidikan mengembangkan visi dan misi…. dan evaluasi kinerja masing-masing (PP no. 19/2005 pasal 65)
•Satuan Pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan untuk memenuhi atau melampaui SNP (PP no.19/2005 pasal 91)
APA  ITU EDS ?

EDS adalah proses evaluasi diri sekolah yang bersifat internal yang melibatkan  pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar Penyusunan RKS dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.

Melalui EDS kekuatan dan kelemahan  sekolah dapat diketahui dan aspek-aspek yang memerlukan peningkatan dapat diidentifikasi.

Proses evaluasi diri sekolah merupakan siklus, yang dimulai dengan pembentukan TPS, pelatihan penggunaan Instrumen, pelaksanaan EDS di sekolah dan penggunaan hasilnya sebagai dasar penyusunan RPS/RKS dan RAPBS/RKAS.

TPS mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menilai kinerja sekolah berdasarkan indikator-indikator yang dirumuskan dalam Instrumen. Kegiatan ini melibatkan semua  pendidik dan tenaga kependidikan di  sekolah  untuk memperoleh informasi dan pendapat dari seluruh pemangku kepentingan sekolah.
EDS juga akan melihat  visi dan misi sekolah. Apabila sekolah belum memiliki visi dan misi, maka  diharapkan kegiatan ini akan memacu sekolah membuat atau memperbaiki visi dan misi dalam mencapai  kinerja sekolah yang diinginkan

Hasil EDS digunakan sebagai bahan untuk menetapkan aspek  yang menjadi prioritas dalam rencana peningkatan dan pengembangan sekolah pada RPS/RKS dan RAPBS/RKAS.

APA TUJUAN EDS ?

Tujuan utama  EDS adalah:

Sekolah mengevalusi mutu pendidikan yang mereka berikan  berdasarkan indikator kunci untuk dapat mengetahui kelebihan mereka dan mengidentifikasi bidang yang membutuhkan perbaikan. Informasi tersebut kemudian dipergunakan untuk perencanaan dan memprioritaskan bidang untuk perbaikan dan pengembangan sekolah. Proses ini menyediakan informasi mengenai tingkatan standar dan mutu di sekolah yang dapat diberikan melalui sistem data yang akan mengarahkan data tersebut untuk perencanaan pada tingkat kabupaten, propinsi dan nasional.

APA MANFAAT  EDS  ?

A.BAGI SEKOLAH

Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan

Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang
Sekolah dapat mengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan, mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya
Sekolah dapat memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan  demi meningkatkan akuntabilitas sekolah
B.BAGI TINGKATAN LAIN DALAM SISTEM (KAB/KOTA, PROV, DAN PUSAT)

Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pembuatan keputusan dan perencanaan anggaran pendidikan pada tingkat kabupaten, propinsi dan nasional

Mengidentifikasikan bidang prioritas untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan
Mengidentifikasikan jenis dukungan yang dibutuhkan terhadap sekolah
Mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan program pengembangan lainnya
Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah berdasarkan berbagai indikator pencapaian sesuai dengan standar nasional pendidikan dan standar pelayanan minimal.

APA HASIL  EDS  ?

1.Dengan EDS akn diperoleh informasi mengenai pengelolaan sekolah yang telah memenuhi SNP untuk digunakan sebagai dasar penyusunan RKS dan RKAS
2.Dengan EDS akan diperolah informasi tentang kinerja sekolah  yang sebenarnya dan informasi tersebut di verifikasi dengan bukti fisik yang sesuai.
3.Sekolah menggunakan informasi yang dikumpulkan  dalam EDS untuk menetapakan apa yang menjadi prioritas bagi peningkatan sekolah dan digunakan untuk mempersiapkan RKS dan RKAS.
APA BUKTI FISIK DALAM EDS  ?
1.Informasi kualitatif (yang pokok): Wawancara dengan pendidik, orang tua, peserta didik, kuesioner, observasi dll.
2.Data kuantitatif :  Jumlah siswa, hasil ujian, absendi, prestasi akademik/non akademik, dsb.
3.Dokumen yang tersedia:  KTSP, Silabus, RPP, Kumpulan soal, Buku laporan ke orang tua, notulen rapat guru/komisi sekolah dsb.

MENGAPA PERLU  EDS ?

EDS disekolah diperlukan sebab sampai sekarang belum ada satupun  alat yang dapat dipakai oleh sekolah untuk memberikan gambaran umum dalam aspek SPM dan 8 SNP  secara nyata, akurat dan berdasarkan bukti-bukti,  tentang seluruh kinerja sekolah sebagai dasar untuk membuat RPS/RKS dan peningkatan mutu professional sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah

BAGAIMANA Instrument EDS  ?

Instrumen EDS terdiri dari 8 (delapan) bagian sesuai  dengan 8 SNP. Setiap bagian terdiri atas :

• Serangkaian pertanyaan terkait dengan SNP sebagai dasar bagi sekolah dalam memperoleh informasi kinerjanya  yang bersifat kualitatif.
•Setiap standar bisa terdiri dari beberapa aspek  yang memberikan gambaran lebih menyeluruh .
•Setiap aspek dari standar terdiri dari 4 tingkat pencapaian : tingkat pencapaian 1 berarti kurang, 2 berarti sedang, 3 berarti baik, dan 4 berarti amat baik.
•Tiap tingkatan pencapaian mempunyai beberapa indikator.
•Pada bagian akhir dari aspek setiap standar, terdapat halaman rekapitulasi untuk menuliskan hasil penilaian pencapaian yang diperoleh. Halaman rekapitulasi ini terdiri dari bukti fisik yang menguatkan pengakuan atas tingkat pencapaian, deskripsi umum temuan yang diperoleh untuk menilai aspek tersebut, dan penentuan tingkat pencapaian kinerja sekolah.
•Sejumlah pertanyaan terkait dengan 8 SNP yang paling erat hubungannya dengan mutu pembelajaran dan aspek-aspek yang perlu dikembangkan  bagi keperluan penyusunan rencana peningkatan sekolah.
•Tingkat pencapaian pada tiap Standar dalam Instrumen ini dapat digunakan sekolah untuk menilai kinerjanya pada standar tertentu

INSTRUMEN EDS/M

Dirancang untuk digunakan  oleh TPS dalam Menilai Kinerja  Sekolah yang mengacu pada :
1.SPM
2.SNP
Hasilnya menjadi Masukan & Dasar Penyusunan RKS dalam upaya peningkatan kinerja sekolah.
1.Instrumen EDS/M terdiri dari 8 (delapan) Standar sesuai dengan SNP.
2.Setiap Standar terdiri atas beberapa komponen.
3.Setiap Komponen terdiri dari beberapa Indikator .
4.Setiap Indikator memberikan gambaran lebih rinci dari informasi kinerja sekolah
BAGAIMANA SEKOLAH MENGGUNAKAN  INSTRUMEN EDS ?
Anggota TPS secara bersama mencermati Instrumen EDS pada setiap aspek dari setiap standar. Sebaiknya perlu disiapkan peraturan menteri, indikator atau peraturan pemerintah yang berkaitan dengan SNP sebagai rujukan.
Berdasarkan kondisi nyata sekolah, anggota TPS menilai apakah sekolah mereka termasuk dalam tingkatan 1, 2, 3 atau 4 dalam pencapaian 8 SNP ini.
Setelah menentukan tingkat pencapaiannya, sekolah perlu menyertakan bukti fisik atas pengakuannya
Hasil semua penilaian dan penentuan tingkat pencapaian kinerja sekolah untuk aspek tertentu pada setiap standar ditulis pada lembar laporan penilaian atau rekapitulasi dengan menyertakan bukti fisik yang sesuai.
Sekolah menetapkan tingkat pencapaian kinerja memberikan tanda cek (contreng)  pada setiap butir dalam Instrumen EDS.
Tingkat pencapaian kinerja sekolah bisa berbeda dalam aspek yang berbeda pula. Hal ini penting sebab sekolah harus memberikan laporan kinerja apa adanya. Dalam pelaksanaan EDS yang dilakukan setiap tahun, sekolah mempunyai dasar nyata  aspek dan standar yang memerlukan perbaikan secara terus-menerus.

BAGAIMANA PENILAIAN DALAM INSTRUMEN EDS  ?

vEvaluasi EDS didasarkan pada seperangkat indikator pada setiap judul yang dikaitkan dengan standar nasional Pendidikan.
vPeringkat Kinerja sekolah diberikan berdasarkan skala nilai 1 sampai 4

4 = Melampaui SNP

3 = Memenuhi SNP

2 = Memenuhi SPM

1 = Belum Memenuhi SPM

Tiap Standar ada 4 tingkat pencapaian:

1.  Tingkat 1 – belum memenuhi SPM-SNP.

2.  Tingkat 2 – memenuhi SPM.

3.  Tingkat 3 – memenuhi SNP.

4.  Tingkat 4 – memenuhi  dan melampaui  SNP.

BAGAIMANA EDS  MEMBANTU PENYUSUNAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH?

 TPS menganalisis informasi yang dikumpulkan, menggunakannya untuk mengidentifikasi dan menetapkan prioritas yang selanjutnya menjadi dasar penyusunan RPS/RKS dan RAPBS/RKAS.
Berdasarkan hasil EDS, sekolah mengembangkan RPS dengan prioritas peningkatan mutu kinerja sekolah yang dirumuskan secara jelas, dapat diobservasi dan diukur.  Dengan demikian, RPS menjadi dokumen kinerja sekolah yang meliputi aspek implementasi, skala prioritas, batas waktu, dan ukuran keberhasilannya.
Proses EDS berkaitan dengan aspek perubahan dan peningkatan. Upaya perubahan dan peningkatan tersebut hanya bermanfaat apabila diwujudkan dalam perencanaan bagi peningkatan mutu pendidikan dan hasil belajar  peserta didik.

SIAPA YANG BERTANGGUNGJAWAB TERHADAP PELAKSANAAN EDS  ? (KEPALA SEKOLAH)

EDS dilaksanakan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas:

1.Kepala Sekolah.
2.Wakil unsur guru.
3.Wakil Komite Sekolah.
4.Wakil orang tua siswa.
5.Pengawas – sebagai fasilitator/pembimbing
About these ads

Tentang suaidinmath

Tiada gading yang tak retak. Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 29 Februari 2012, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 125 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: