WORSHOP PENYUSUNAN KISI-KISI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH KAB.DOMPU THN 2012

Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagai implementasi dari upaya tersebut ditindaklanjuti melalui kegiatan penyusunan kisi-kisi dan soal-soal Ujian Sekolah tahun pelajaran 2011-2012.

Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan soal-soal Ujian Sekolah tahun pelajaran 2011-2012 dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas soal Ujian Sekolah sehingga karakteristinya hampir sama dengan Ujian Nasional. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kesenjangan antara hasil Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.

Untuk mendukung kegiatan tersebut telah dipersiapkan tenaga fasilitator dan narasumber dari unsur Direktorat PSMA Dirjen Dikmen, Pejabat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu, dan Pengawas Mata Pelajaran Kabupaten Dompu. Sedangkan para penyusun kisi-kisi dan butir soal ditunjuk dari guru-guru yang memiliki komitmen dan kompetensi memadai di bidangnya masing-masing.

Kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan dimaksud, diharapkan dapat menjadikan panduan ini sebagai acuan dalam menjalankan fungsi, peran, dan tugas masing-masing, dengan tetap menjaga dan meningkatkan sikap profesional dalam melakukan pelayanan, sehingga tujuan yang diharapkan melalui kegiatan ini dapat dicapai secara optimal.

Dompu, 10 Februari 2012

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu

H. Moh. Alexander, M.Si

NIP. 19561026 197712 1 001

A.        LATAR BELAKANG

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa penilaian hasil belajar bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan teknologi dan dilakukan dalam bentuk ujian nasional (UN).

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Dompu, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, telah mengambil berbagai langkah konkret untuk menjaga mutu lulusannya diantaranya melalui pembinaan, workshop/bintek, supervisi dan evaluasi ke satuan pendidikan.

Hasil pemantauan Direktorat Pembinaan SMA, menunjukkan bahwa adanya kesenjangan yang cukup tinggi antara hasil Ujian Sekolah (US) dan Ujian nasional (UN). Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondisi tersebut adalah karakteristik soal US yang disusun oleh satuan pendidikan masih berbeda jauh dengan  karakteristik soal UN. Hal ini disebabkan oleh kemampuan guru-guru dalam menulis kisi-kisi dan soal masih sangat bervariasi.

Menyikapi kondisi tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu melakukan workshop Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal US sebagai langkah nyata dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Dompu. Kisi-kisi dan naskah soal yang dihasilkan diharapkan memiliki karakteristik dan mutu yang hampir sama dengan UN, sehingga hasil yang dicapai oleh peserta didik saat mengikuti US tidak berbeda jauh dengan hasil UN.

B.      TUJUAN

Tujuan kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012, adalah sebagai berikut:

1.      Meningkatkan pemahaman guru tentang karakteristik kisi-kisi UN tahun pelajaran 2011-2012.

2.      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal (penilaian).

3.      Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun kisi-kisi soal;

4.      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun butir soal sesuai dengan kaidah penulisan butir soal;

5.      Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menelaah butir soal secara kualitatif menggunakan kartu telaah soal;

6.      Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam perakitan naskah soal ujian.

C.      HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012, adalah tersusunnya dokumen-dokumen sebagai berikut:

1.     Kisi-kisi soal US tahun pelajaran 2011-2012.

2.     Rumusan butir soal yang ditulis dalam bentuk kartu soal, sesuai dengan kisi-kisi sebanyak 5 (lima) paket.

3.     Hasil telaah butir soal menggunakan kartu talaah soal.

4.     Naskah soal ujian pemantapan sebanyak 5 (lima) paket.

A.        PENGORGANISASIAN

Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012 dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu Bidang Pendidikan Menengah.

B.      JADWAL DAN TEMPAT

Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012 akan dilaksanakan dalam 4 (empat) tahapan kegiatan, yaitu:

NO

PELAKSANAAN

URAIAN KEGIATAN

DOKUMEN HASIL

1. Tahap I15 Feb 2012 Penyusunan kisi-kisi soal US. Kisi-kisi soal US.
2. Tahap II16-17 Feb 2012 Penyusunan butir soal yang ditulis dalam kartu soal sesuai dengan kisi-kisi Kartu soal sebanyak 5 (lima) paket
3. Tahap III18 Feb 2012 Melakukan telaah butir soal menggunakan kartu telaah Hasil telaah butir soal dalam bentuk kartu telaah sebanyak 5 (lima)
4. Tahap IV18 Feb 2012 Perakitan dan Finalisasi naskah soal US Master naskah soal US sebanyak 5 (lima) paket.

Seluruh kegiatan akan dilaksanakan di Gedung Wanita, Jl. Beringin Kabupaten Dompu-NTB.

Catatan:

    Jadwal kegiatan selengkapnya dapat di lihat pada lampiran 1.

C.      NARASUMBER

Narasumber penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012, terdiri atas beberapa unsur yaitu:

a.     Direktorat Pembinaan SMA.

b.     Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu.

c.     Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu.

d.     Tim Pendamping:

1)    Drs. Suaidin

2)    Drs. Abubakar

3)    Drs. Wahyudi

D.     PESERTA

Peserta Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012 adalah guru-guru yang ditunjuk pada masing-masing jenjang satuan pendidikan, didasarkan atas pengalaman, prestasi kerja dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap kemajuan pendidikan.

Daftar peserta terdapat pada Lampiran 2.   

E.      STRUKTUR PROGRAM

Struktur Program Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012, sebagai berikut:

No.

Materi

Waktu

(@ 45’)

Narasumber/ Fasilitator

Metode Penyajian

dan Penugasan

A.

MATERI UMUM/KEBIJAKAN

 

   

1.

Pembukaan/Penutupan

4

Kadisdikpora

Pleno – Presentasi

2.

Orientasi Kegiatan

2

Kabid Dikmen

Jumlah

6

 

 

B.

MATERI POKOK

 

 

 

3.

Karakteristik kisi-kisi UN 2011-2012

2

I Wayan Widana Presentasi dan Kerja Mandiri

4.

Teknik Penulisan Indikator Soal

2

I Wayan Widana Presentasi dan Kerja Mandiri

5.

Penyusunan Kisi-kisi Soal

4

Tim Fasilitator Presentasi dan Kerja Mandiri

6.

Kaidah Penulisan Butir Soal

2

I Wayan Widana Presentasi dan Kerja Mandiri

7.

Penulisan Butir Soal

16

Tim Fasilitator Presentasi dan Kerja Mandiri
No.

Materi

Waktu

(@ 45’)

Narasumber/ Fasilitator

Metode Penyajian

dan Penugasan

8.

Telaah Butir Soal (Kualitatif)

4

Tim Fasilitator Presentasi dan Kerja Mandiri

9.

Perakitan/Finalisasi Naskah Soal US

4

Tim Fasilitator Presentasi dan Kerja Mandiri

Jumlah

34

JUMLAH TOTAL

40

 

 

Penjelasan Materi Kegiatan:

Pleno Materi Kebijakan/Umum

1.      Pembukaan dan Pengarahan

Pembukaan dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu diawali dengan pengarahan tentang kebijakan umum pembinaan satuan pendidikan tahun 2011-2012.

2.   Orientasi kegiatan akan disampaikan oleh Kabid Dikmen, berkaitan dengan rencana kegiatan dan hal-hal teknis tentang penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012.

3.   Karakteristik kisi-kisi UN 2011-2012

Materi ini akan disampaikan oleh fasilitator Direktorat PSMA, membahas spesifikasi kisi-kisi UN 2012 dan perbedaannya dengan kisi-kisi UN tahun-tahun sebelumnya.

4.      Teknik Penulisan Indikator Soal

Materi ini berisi tentang berbagai informasi bagi para peserta tentang pengertian indikator soal, cara merumuskan indikator soal yang dijabarkan dari indikator pencapaian KD, berbagai teknik penulisan indikator soal yang mengacu pada aspek UKRK baik yang berisi stimulus maupun tidak. Pada akhir kegiatan ini peserta diharapkan memiliki keterampilan tentang cara merumuskan indikator soal, yang akan dijadikan dasar untuk menyusun kisi-kisi soal.

5.     Penyusunan Kisi-kisi Soal

Dalam sesi ini akan dibahas tentang pentingnya menyusun kisi-kisi soal (blueprint) sebelum penyusunan butir soal. Dengan adanya kisi-kisi soal, diharapkan peserta akan lebih mudah merumuskan butir soal karena spesifikasi soal yang akan diujikan sudah jelas dan terukur. Disamping itu pemetaan soal yang akan diujikan sesuai dengan SK-KD sudah tertentu, sehingga penyebaran butir soal relatif merata sesuai dengan kebutuhan. Pada akhir kegiatan ini, peserta akan menghasilkan dokumen kisi-kisi soal pemantapan ujian nasional tahun pelajaran 2011-2012.

6.     Kaidah Penulisan Butir Soal

Pada sesi ini akan diinformasikan tentang aturan penulisan butir soal menyangkut aspek substansi/materi, konstruksi dan kebahasaan. Materi ini merupakan dasar/acuan bagi penulis soal sehingga soal yang dihasilkan diharapkan bermutu dan dapat mengukur dengan tepat aspek yang hendak diukur. Pada akhir sesi ini pemahaman peserta diharapkan dapat ditingkatkan, sehingga dapat merumuskan butir soal dengan baik sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan.

7.     Penulisan Butir Soal

Kegiatan penulisan butir soal dilakukan dalam bentuk kegiatan mandiri oleh peserta sesuai dengan kisi-kisi yang telah disusun pada kegiatan sebelumnya. Dalam kegiatan penulisan butir soal akan didampingi oleh tim fasilitator sesuai dengan pembagian tugasnya. Alokasi waktu untuk kegiatan penulisan butir soal relatif lebih lama dibandingkan dengan sesi lainnya, karena pada akhir sesi ini peserta wajib menyelesaikan butir soal yang telah ditulis dalam bentuk kartu soal-kartu soal sebanyak 5 (lima) paket.

8.     Telaah Butir Soal

Kegiatan ini dilakukan untuk menganalisis butir soal secara kualitatif, agar soal yang disusun sesuai dengan kisi-kisi dan kaidah penulisan butir soal. Kegiatan telaah butir soal dilakukan menggunakan kartu telaah soal. Pada akhir sesi ini peserta wajib mengisi kartu telaah dan melakukan edit terhadap soal yang dipandang tidak sesuai dengan ketentuan pada kartu telaah. Editing dilakukan terhadap 5 (lima)  paket butir soal yang telah disusun pada kegiatan sebelumnya.

9.     Perakitan/Finalisasi Naskah Soal US

Perakitan tes dilakukan dalam rangka menyusun soal yang tertuang pada kartu soal menjadi master naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012. Soal-soal yang telah diedit melalui kegiatan telaah soal, disusun menjadi naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012. Editing dilakukan pada saat finalisasi terkait dengan penataan tampilan naskah soal (lay out), pengaturan margin, spasi, keterbacaan, dan penggandaan master naskah soal US. Pada akhir kegiatan ini akan tersusun 5 (lima) buah master naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012.

F.      PEMBIAYAAN

Semua biaya yang berkaitan dengan kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal US tahun pelajaran 2011-2012 ini dibebankan pada RKA Bidang Dikmen Dinas Dikpora Kab. Dompu  TA 2012

BAB III PENUTUP

A.   SIMPULAN

Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan kesimpulan bahwa workshop penyusunan kisi-kisi dan dan penyusunan soal US tahun pelajaran 2011-2012 dapat:

  1. meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam pengembangan instrumen penilaian/pengujian.
  2. menghasilkan kisi-kisi dan naskah soal US dengan karakteristik yang hampir sama dengan soal-soal UN, sehingga diharapkan dapat meminimalkan kesenjangan hasil yang diperoleh peserta didik saat US dan UN.

B.   REKOMENDASI

1.    Workshop penyusunan kisi-kisi dan dan penyusunan soal US tahun pelajaran 2011-2012 perlu dilaksanakan secara berkala, untuk meningkatkan kualitas kisi-kisi dan naskah soal US serta dapat merupakan penyegaran bagi guru tentang materi-materi pengujian.

2.    Kepedulian stakeholders sangat diharapkan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Dompu.

JADWAL KEGIATAN PENYUSUNAN KISI-KISI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH

KABUPATEN DOMPU-PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Tanggal :  15 s.d. 18 Pebruari 2012

 

1.   Hari Kesatu: Rabu, 15 Pebruari 2012

WAKTU

MATERI

PENYAJI

PESERTA

08.00 – 09.00 Pembukaan dan Pengarahan Kepala Dinas Pendidikan Ka. Dinas Pendidikan Kab. Dompu A dan B
09.00 – 09.15 Orientasi Program Panitia A dan B
09.15 – 09.30

Istirahat/Snack

A dan B
09.30 – 10.00 Teknik Pengembangan Kisi-kisi Soal US 2012 I Wayan Widana A saja
10.00 – 12.00 Pengembangan Kisi-kisi Soal US Tim Fasilitator A saja
12.00 – 13.00

SHOLAT/ISTIRAHAT/MAKAN SIANG

 

13.00 – 15.00 Pengembangan Kisi-kisi Soal US Tim Fasilitator A saja
15.00 – 15.15

Istirahat/Snack

15.15 – 17.00 Pengembangan Kisi-kisi Soal US (Finalisasi/Pencetakan) Tim Fasilitator A saja

 2.  Hari Kedua: Kamis, 16 Pebruari 2012

WAKTU

MATERI

PENYAJI

PESERTA

08.00 – 08.45 Kaidah Penulisan Butir Soal I Wayan Widana B saja
08.45 – 09.30 Pengembangan Butir Soal Tim Fasilitator B saja
09.30 – 09.45

Istirahat/Snack

09.45 – 12.00 Pengembangan Butir Soal Tim Fasilitator B saja
12.00 – 13.00

SHOLAT/ISTIRAHAT/MAKAN SIANG

 

13.00 – 15.00 Pengembangan Butir Soal Tim Fasilitator B saja
15.00 – 15.15

Istirahat/Snack

15.15 – 17.00 Pengembangan Butir Soal Tim Fasilitator B saja

3.  Hari Ketiga: Jumat, 17 Pebruari 2012

WAKTU

MATERI

PENYAJI

 

PESERTA

08.00 – 09.45 Pengembangan Butir Soal Tim Fasilitator B saja
09.45 – 10.00

Istirahat/Snack

B saja
10.00 – 12.00 Pengembangan Butir Soal Tim Fasilitator B saja
12.00 – 13.00

SHOLAT/ISTIRAHAT/MAKAN SIANG

 

13.00 – 15.00 Perakitan Naskah Soal US Tim Fasilitator B saja
15.00 – 15.15

Istirahat/Snack

B saja
15.15 – 17.00 Perakitan Naskah Soal US Tim Fasilitator B saj

    4.  Hari Keempat: Sabtu, 18 Pebruari 2012

WAKTU

MATERI

PENYAJI

PESERTA

08.00 – 09.45 Telaah Kualitatif I Wayan Widana A saja
09.45 – 10.00

Istirahat/Snack

A saja
10.00 – 12.00 Telaah Kualitatif Tim Fasilitator A saja
12.00 – 13.00

SHOLAT/ISTIRAHAT/MAKAN SIANG

A saja
13.00 – 15.00 Finalisasi/Pencetakan Naskah Soal US Tim Fasilitator A dan B
15.00 – 15.15

Istirahat/Snack

A dan B
15.15 – 16.30 Finalisasi/Pencetakan Naskah Soal US Tim Fasilitator A dan B
16.30 – 17.00 Penutupan Panitia A dan B

 

Tim Fasilitator:

  1. I Wayan Widana       (Direktorat PSMA)
  2. Suaidin                             (Fasilitator)
  3. Abubakar                (Fasilitator)
  4. Wahyudi                 (Fasilitator)

Peserta:

A = Penyusun kisi-kisi

B = Penulis Soal US

Lampiran     2.

 

DAFTAR PESERTA WORKSHOP

PENYUSUNAN KISI-KISI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US)

KABUPATEN DOMPU-PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Tanggal :  15 s.d. 18 Pebruari 2012


No.

N a m a

Asal Sekolah

Mata Pelajaran

Keterangan

1.

2.

3.

FILE YANG DIKUMPULKAN

A.   PENULIS KISI-KISI

1.    FILE KISI-KISI SEBELUM PERBAIKAN DAN KISI-KISI FINAL

2.    FILE ANALISIS KUALITATIF

3.    PENULIS SOAL

4.    FOLDER KARTU SOAL (SEBELUM PERBAIKAN DAN FINAL)

5.    FOLDER NASKAH SOAL (SEBELUM PERBAIKAN DAN FINAL)

6.    FILE KUNCI JAWABAN

PRUDUK HASIL WORSHP

1. FORMAT KISI-KISI SOAL

2. FORMAT KARTU SOAL

3. FORMAT NASKAH SOAL

4. FORMAT KUNCI JAWABAN

MATERI PENYUSUNAN KISI-KISI 2012

JADWAL KEGIATAN

ORIENTASI KEGIATAN

PANDUAN WORKSHOP

TEKNIS KERJA

KISI-KISI SOAL UAS SMA

KISI-KISI  EKO

KISI-KISI SOAL Geogri

KISI-KISI SOAL Geografi

kisi kisi soal matematika IPS

KISI-KISI SOAL Sosiologi

KISI-KISI SOAL B.INGGRIS

KISI-KISI SOAL Bhs. IndoNESIA

Kisi -kisi soal BIOLOGI

KISI-KISI SOAL FISIKA

KISI-KISI SOAL KIMIA

KISI-KISI SOAL MATEMATIKA IPA

 KISI-KISI SOAL Sosiologi

KISI-KISI UAS EKO FINAL

SOAL AKAN DIPUBLIKASIKAN SETELAH SELESAI UAS .

 

 

 

About these ads

5 Comments

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s