instrumen PENILAIAN ASPEK AKHLAK MULIA PENGAMALAN AGAMA

PENILAIAN ASPEK AKHLAK MULIA PENGAMALAN AGAMA

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Nama Siswa   :  …………………………………………………

Kelas            :  ………………

No

Aspek

Kode

Indikator

Penilaian

Jlh

5

4

3

2

1

1

Kedisiplinan

D

a.    Hidup yang teratur

b.    Mematuhi berbagai aturan yang berlaku

c.     Memiliki prinsif hidup

d.    Tidak merugikan orang lain

e.    Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan

2

Kebersihan

B

a.    Sadar bahwa kebersihan sebagaian dari iman

 

b.    Menjaga dan merawat kebersihan pribadi

c.     Menjaga dan merawat kebersihan lingkungan

d.    Tidak membuang sampah sembarangan

e.    Menjaga kebersihan diri maupun lingkungan

3

Tanggung Jawab

T

a.    Melaksanakan berbagai kewajiban dengan sebaik-baiknya

 

b.    Melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan

c.     Tidak marah dan tidak jengkel ketika gagal meraih sesuatu

d.    Bekerja keras untuk meraih sukses

e.    Mengutamakan usaha sendiri dari pada bantuan orang lain

4

Sopan Santun

S

a.    Sopan dalam perkataan, perbuatan dan cara berpakaian

 

b.    Memberi salam setiap bertemu teman dan guru

c.     Tidak angkuh

d.    Murah senyum pada siapapun

e.    Sopan santun pada guru dan orang tua

5

Hubungan Sosial

H

a.    Menjalin silaturahmi dengan siapapun

 

b.    Menolong teman yang mengalami kesusahan

c.     Saling bekerja sama dalam berbagai kegiatan positif

d.    Menghindari permusuhan dengan siapapun

e.    Toleransi dan empati terhadap orang lain

6

Kejujuran

J

a.    Tidak berkata bohong

 

b.    Menjaga amanah

c.     Hidup harus konsekuen

d.    Menepati janji

e.    Mengkui kelebihan orang lain

7

Pelaksanaan Ibadah Ritual

I

a.     Melaksanakan kegiatan ibadah sesuai agama yang dianutnya

 

b.    Menghormati teman yang beragama lain

c.     Mempunyai perasaan yang selalu diawasi Alloh

d.    Menerima ketentuan Alloh

e.    Beramal untuk bekal akhirat

 

NORMA-NORMA PENILAIAN

 

Norma-norma penilaian Aspek Kepribadian :

1.  Setiap aspek dan indikator dinilai berdasarkan pengamatan guru terhadap individu siswanya.

2.  Setiap aspek mempunyai 5 indikator

3.  Nilai maksimum setiap indikator adalah 5, sehingga nilai maksimum setiap aspek adalah 25.

4.  Adapun kriteria penilaiannya adalah :

a.  Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 21 s.d 25 maka penilaiannya A atau 4 ( Amat Baik )

b.  Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 16 s.d 20 maka penilaiannya B atau 3 ( Baik )

c.  Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 10 s.d 15 maka penilaiannya C atau 2( Cukup )

d.  Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah kurang dari 10 maka penilaiannya K atau 1 ( Kurang Baik )

,   Januari 2011

Guru Penilai

……………………………………………….

NIP.  ………………………………………

About these ads

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s