INSTRUMEN PENILAIAN AKHIR ASPEK KEPRIBADIAN DAN PRILAKU BERKEPRIBADIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


PENILAIAN AKHIR ASPEK KEPRIBADIAN DAN PRILAKU BERKEPRIBADIAN

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Nama Siswa   :  …………………………………………………

Kelas            :  ………………

  1. ASPEK DAN INDIKATOR KEPRIBADIAN

No

Aspek

Kode

Indikator

Penilaian

Jlh

5

4

3

2

1

1

Tanggung jawab

T

a.    Melaksanakan berbagai kewajiban dengan sebaik-baiknya

b.    Melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan

c.     Tidak marah dan tidak jengkel ketika gagal meraih sesuatu

d.    Bekerja keras untuk meraih sukses

e.    Mengutamakan usaha sendiri dari pada bantuan orang lain

 

           

2

Saling Menghargai

P

a.    Membiarkan orang lain berbuat sesuatu sesuai haknya

b.    Menghormati pilihan orang lain

c.     Mengakui hak-hak orang lain

d.    Bersikap hormat kepada setiap warga sekolah

e.    Menghargai pendapat orang lain

 

           

3

Percaya Diri

H

a.    Tidak menyesali nasib

b.    Tidak menyalahkan orang lain

c.     Tidak mudah menyerah/Tidak putus asa

d.    Memiliki prinsip hidup

e.    Mengutamakan usaha sendiri dari pada bantuan orang lain

 

           

4

Santun

S

a.    Sopan dalam perkataan, perbuatan dan cara berpakaian

b.    Memberi salam setiap bertemu teman

c.     Murah senyum pada siapapun dan tidak angkuh

d.    Menerima saran dan nasehat siapapun

e.    Menghindari permusuhan dengan siapapun

 

           

5

Kompetitif

K

a.    Berani bersaing

b.    Menunjukan semangat berprestasi

c.     Berusaha untuk maju

d.    Memiliki keinginan untuk tahu

e.    Menghargai hasil karya orang lain

 

           

 

2.  ASPEK DAN INDIKATOR PRILAKU BERKEPRIBADIAN

No

Aspek

Kode

Indikator

Penilaian

Jlh

5

4

3

2

1

1

Hubungan Sosial

HS

a.   Menjalin hubungan baik dengan setiap warga di sekolah maupun di masyarakat

b.   Menolong teman yang mengalami kesusahan

c.    Bekerjasama dalam kegiatan positif

d.   Toleransi dan empati terhadap orang lain

e.   Menjaga perasaan orang lain

 

           

2

Mematuhi Tata Aturan Sosial

MT

a.  Mematuhi tata aturan di sekolah maupun di masyarakat

b.  Tidak merugikan orang lain

c.  Menjaga keamanan dan ketertiban

d.  Mengikuti kegiatan sekolah sesuai aturan/jadwal

e.  Tidak masuk genk apapun juga, termasuk genk motor

 

           

3

Memanfaatkan Lingkungan

secara Produktif

ML

a.  Menjaga Kebersihan  lingkungan

b.  Menjaga kerapihan lingkungan

c.  Memberdayakan lahan kosong menjadi lahan produktif

d.  Ciptakan lingkungan yang hijau dan berbunga

e.  Memanfaatkan sampah untuk menjadi pupuk dan produk yang bermanfaat

 

           

4

Mengembangkan Diri

secara Optimal

MD

a.    Mengikuti kegiatan OSIS atau organisasi lain yang positif

b.    Mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah

c.     Mengikuti berbagai kegiatan remaja mesjid bagi muslim atupun gereja bagi nasrani

d.    Berani mengembangkan bakat seni spt; vocal, MTQ, Band dll

e.    Mengikuti berbagai kegiatan positif di masyaraka

 

           

5

Memanfaatkan Fasilitas

Teknologi Informasi

MT

a.    Memiliki keinginan untuk tahu tentang teknologi informasi

b.    Memanfaatkan komputer dengan baik dan benar

c.     Memanfaatkan handphone sesuai dengan fungsinya

d.    Mengakses internet hal-hal yang bermakna dan benar

e.    Menjaga fasilitas teknologi informasi dengan baik

 

           

6

Memberdayakan Diri dengan Belajar

MB

a.    Mengikuti kegiatan belajar mengajar sesuai jadwal pelajaran

b.    Memperhatikan guru yang sedang menerangkan pelajaran

c.     Melaksanakan setiap tugas yang diberikan guru

d.    Gemar membaca

e.    Senang menulis

 

           

7

Menjaga Kesehatan Jasmani

MK

a.    Tidak merokok dan minum-minuman keras

b.    Tidak menggunakan Narkoba

c.     Membiasakan hidup sehat melalui aktivitas jasmani

d.    Merawat kesehatan diri

e.    Menjaga kebersihan dan kerapihan diri

 

           

8

Menghargai Karya-karya Estetika

KE

a.    Senang akan keindahan

b.    Dapat menciptakan karya yang baik dan bermanfaat

c.     Dapat menjaga dan tidak merusak karya-karya yang ada

d.    Menghargai hasil karya orang lain

e.    Manfaatkan karya-karya yang ada dengan baik dan benar

 

           
             

 

NORMA-NORMA PENILAIAN

 

Norma-norma penilaian Aspek Kepribadian :

1.  Setiap aspek dan indikator dinilai berdasarkan pengamatan guru terhadap individu siswanya.

2.  Setiap aspek mempunyai 5 indikator

3.  Skor maksimum setiap indikator adalah 5, sehingga skor maksimum setiap aspek adalah 25.

4.  Adapun kriteria penilaiannya adalah :

a.  Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 23 s.d 25 maka penilaiannya A ( Amat Baik )

b.  Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 18 s.d 22 maka penilaiannya B ( Baik )

c.  Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 13 s.d 17 maka penilaiannya C ( Cukup )

d.  Apabila jumlah skor setiap aspek adalah kurang dari 13 maka penilaiannya K ( Kurang Baik )

5.  Dalam menentukan penilaian untuk seluruh Aspek baik A, B, C, maupun K, tergantung jumlah banyak A, B, C ataupun K dari seluruh penilaian Aspek tersebut.

 

Norma-norma penilaian Aspek Prilaku Berkepribadian :

1.   Setiap aspek dan indikator dinilai berdasarkan pengamatan guru terhadap individu siswanya.

2.   Setiap aspek mempunyai sedikitnya 5 indikator

3.   Skor maksimum setiap indikator adalah 5, sehingga skor maksimum setiap aspek adalah 25.

4.   Adapun kriteria skore penilaiannya adalah :

a.   Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 23 s.d 25 maka penilaiannya A ( Amat Baik )

b.   Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 18 s.d 22 maka penilaiannya B ( Baik )

c.   Apabila jumlah skor setiap aspek adalah 13 s.d 17 maka penilaiannya C ( Cukup )

d.   Apabila jumlah skor setiap aspek adalah kurang dari 13 maka penilaiannya K ( Kurang Baik )

5.   Dalam menentukan penilaian untuk seluruh Aspek baik A, B, C, maupun K, tergantung jumlah banyak A, B, C ataupun K dari seluruh penilaian Aspek tersebut.

 

Margahayu,   Januari 2011

Guru Penilai

 

 

 

 

……………………………………………….

NIP.  ………………………………………

About these ads

About suaidinmath

Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 19 Februari 2012, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: