Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS TERPADU (Model Integrated).


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP / MTs                 

:

Sukamaju

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial

Tema        

:

Lembah Bengawan Solo

Kelas / Semester

:

VII  / 1

Alokasi Waktu

:

8  X 40 menit (4 x pertemuan)

 

 

A.   Standar Kompetensi

1. Memahami lingkungan kehidupan manusia (SK no. 1)

2. Memahami kehidupan sosial manusia (SK no.2)

3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan (SK no.6)

B.   Kompetensi Dasar

1.    Mendeskripsikan keragaman bentuk Muka bumi , proses pembentukan , dan dampaknya terhadap kehidupan

2.    Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia

3.    6.1.Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi

4.    2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

5.    6.2. Mendiskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

C.   Indikator

  1. Mendiskripsikan pengertian urbanisasi dengan menggunakan kalimat sendiri
  2. Mengidentifikasi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi ekonomi)
  3. Mendiskripsikan terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi geografi)
  4. Mengidentifiksi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi sosiologi)
  5. Mengidentifikasi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi sosiologi)
  6. Mengidentifikasi dapak terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi ekonomi)
  7. Mengidentifikasi dampak terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi  sosiologi)
  8. Mengidentifikasi dampak terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi  geografi)
  9. Menjelaskan strategi mengatasi terjadinya urbanisasi

 

D.   Tujuan Pembelajaran :

1.    Menunjukkan letak aliran sungai Bengawan Solo

2.    Menyebutkan kota-kota yang dilalui aliran sungai Bengawan Solo

3.    Mendeskripsikan kondisi alam di lembah Bengawan Solo

4.    Menjelaskan hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara

5.    Menjelaskan corak kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat pra-aksara.

Pertemuan I

6.    Menyanyikan dan mamaknai lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang

7.    mendiskripsikan  kondisi fisik, sosial dan ekonomi di sekitar aliran sungai bengawan Solo.

8.    Mengamati peta/ membuat peta aliran sungai Bengawan Solo

9.    Menginterpretasikan  peta letak aliran sungai Bengawan Solo

10. Mengidentifikasi letak kota-kota yang dilalui sungai Bengawan Solo.

Pertemuan II

  1. Mencari informasi dari berbagai sumber tentang kondisi alam di lembah Bengawan Solo
  2. Mencari referensi  pengertian kurun waktu  dan masa pra-aksara
  3. Mencari referensi  dari atlas sejarah / mencari foto-foto / gambar tentang jenis-jenis manusia purba, monyet  dan manusia masa kini.
  4. Menjelaskan hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusai pra-aksara
  5. Studi kasus tentang kondisi sungai bengawan Solo dan mengaitkannya dengan implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Pertemuan III

1.    Menjelaskan corak kehidupan Ekonomi dan sosial manusia pra-aksara.

2.    Menjelaskan kehidupan sosial budaya manusia pra aksara.

3.    Studi kasus perubahan sosial budaya dan mengaitkannya dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan adn ekonomi kreatif.

E.    Materi  Pembelajaran

1.    Bentukan-bentukan Muka Bumi

2.    Peta Jawa Tengah khususnya Surakarta

3.    letak aliran sungai Bengawan Solo dan letak kota-kota yang dilalui Sungai Bengawan Solo

4.    Kondisi alam di lembah Bengawan Solo

5.    Pengertian Kurun Waktu masa pra aksara

6.    Penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara di beberapa tempat di sekitar lembah Bengawan Solo

7.    Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara

8.    Kehidupan ekonomi dan sosial manusia pra-aksara

9.    Kehidupan sosial budaya manusia pra-aksara

10. Nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang berkaitan dengan tema menelusuri lembah Bengawan Solo

11. Jiwa dan semangat kewirausahaan serta ekonomi kreatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lembah Bengawan Solo

F.    Metode  Pembelajaran

1.    Diskusi

2.    Observasi

3.    Tanya jawab

4.    Ceramah

5.    Tugas

Dengan pendekatan CTL.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama :

1.   Kegiatan pendahuluan

v  Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

v  Mengajak semua siswa menyanyikan lagu bengawan Solo ciptaan gesang dan tanya-jawab makna dari lagu tersebut

v  Ditampilkan peta aliran sungai Bengawan Solo , menunjukkan contoh gambar dan tanya jawab keberadaan manusia purba saat ini sebatas yang diketahui siswa.

2.   Kegiatan inti

a.    Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan menelusuri sungai Bengawan Solo

b.    Dengan model pembelajaran Jigsaw:

1)    Kelas dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 3-5 orang.

2)    Tiap kelompok mencari informasi dari berbagai sumber yang  berkaitan dengan kondisi fisik, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat disekitar lembah Bengawan.

3)    Tiap  kelompok  mendiskusikan / membahas informasi yang telah ditemukan dari sumber, membuat laporan hasil diskusi dan mempresentasikan hasilnya.

4)    Masing-masing kelompok mengamati peta Jawa Tengah khususnya Surakarta dan menginterpretasikan letak aliran sungai bengawan Solo dan menunjukkan kota-kota yang dilalui alran sungai Bengawan Solo.

5)    Membuat peta aliran sungai Bengawan Solo

c.    Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat / pekerjaan  siswa dan membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli

3.   Kegiatan Penutup

d.    Refleksi : tentang manfaat keberadaan sungai Bengawan Solo bagi kehidupan masyarakat sekitar, permasalahan dan cara mengatasinya.

e.    Penilaian.

f.     Guru menginformasikan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang jenis-jenis manusia purba dan penemuan fosil-fosil pada zaman pra aksara.

g.    Guru menutup kegiatan pembelajaran.

h.    Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran

 

Pertemuan Kedua :

1.    Kegiatan Pendahuluan

v  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran

v  Bertanya jawab adanya penemuan fosil manusia purba di sekitar lembah Bengawan Solo.

Ditampilkan peta aliran sungai Bengawan Solo sambil tanya jawab tentang daerah ditemukan fosil manusia purba

Menunjukkan foto/gambar manusia purba dan manusia masa kini dan tanya-jawab ciri-ciri , perbedaan nya

1.   Kegiatan Inti :

a.    Siswa dibagi ke dalam  kelompok

b.    Setiap kelompok mengkaji materi pelajaran dengan mempelajari buku teks atau sumber lainnya dan mendiskusikan  :

1)      Bukti-bukti apa menunjukkan adanya zaman pra-aksara?

2)      Bagaimana kehidupan ekonomi zaman pra aksara.

3)      Bagaimana kehidupan sosila-budaya zaman pra aksara

4)      Bagaimana hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara  ?

c.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dilanjutkan tanggapan dari kelompok lain

d.    Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat siswa dan membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli

2.    Kegiatan penutup:

a.        Refleksi: Siswa menyimpulkan kehidupan manusia pada zaman pra aksara dan keterkaitannya dengan kehidupan manusia sekarang.

b.        Guru melaksanakan penilaian

c.        Menutup Pelajaran

Pertemuan ketiga

  1. Kegiatan Pendahuluan

v  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai

v  Berdialog tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan  daerah ditemukannya manusia purba, kondisi alam.

v  Ditampilkan gambar corak kehidupan ekonomi , sosial dan budaya manusia saat ini.

v  Ditampilkan gambar corak kehidupan ekonomi , sosial dan budaya manusia zaman pra aksara.

2.   Kegiatan Inti:

a.    Siswa  dibagi ke dalam beberapa kelompok

b.    Setiap kelompok mengkaji materi tentang corak kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya manusia zaman pra aksara.

c.    Setiap kelompok melakukan studi kasus tentang diminta corak kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya manusia zaman pra aksara

d.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya

e.    Kelompok lain memberikan tanggapan ,sanggahan dan pendapat terhadap materi yang disajikan

f.     Tanya jawab corak kehidupan ekonomi, sosial dan budaya manusia.

g.    Guru memberikan tanggapan dan penguatan terhadap pendapat dan pertanyaan para siswa dengan merujuk pada referensi dan pendapat para ahli.

3.           Kegiatan penutup

a.    Refleksi : Siswa memaknai corak kehidupan ekonomi, sosial dan budaya manusia zaman pra-aksara dan berupaya melestarikan yang terbaik dan meninggalkan kebiasaan yang tidak tidak baik.

b.    Penilaian

c.    Guru memberikan tugas mengidentifikasi peninggalan-peninggalan manusia zaman pra-aksara

d.    Guru menutup pelajaran

 

H.   Sumber Belajar

1.    Buku teks IPS pegangan siswa

2.    buku referensi.

3.    Atlas sejarah.

4.    Situs sejarah di daerahnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi dan dasar laut sekitar lembah Bengawan SoloMengidentifikasi letak kota-kota yang dilalui sungai Bengawan SoloMenjelaskan kondisi alam lembah bengawan Solo

-

mengidentifikasi sistem kehidupan masa praaksara

-

Menjelaskan hubungan antara kondisi alam di lembah sungai Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia zaman pra-aksar

Tes penugasanunjuk kerjaTes tertulis

tes penugasan

tes tertulis

-LKS (lembar pengamatan) 

 

 

 

Bentuk tugas

Soal uraian

LKS

soal uraian

-Lakukan pengamatan bentukan –bentukan muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi di sekitar aliran sungai Bengawan Solo-

Tunjukkan pada peta letak kota-kota yang dialiri  sungai bengawan Solo.

Jelaskan kondisi alam lembah B.

Jelaskan kondisi alam di lembah Bengawan Solo

Cari informasi dari berbagai sumber dan buatlah resume mengenai masa pra aksara

Jelaskan hubungan antara kondisi alam di lembah sungai Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia zaman pra-aksar

Menjelaskan kehidupan sosial ekonomi manusia pra -aksara tes tertulis soal uraian Jelaskan corak kehidupan ekonomi dan sosial  masyarakat pra-aksara
Menjelaskan kehidupan sosial budaya manusia zaman  pra aksara di lembah bengawan Solo tes tertulis soal pilihan ganda Kehidupan pada masa manusia purba sebenarnya sudah ada sistem pembagian peran, karena pada masa itu mereka sudah mengenal adanya pembagian : a…..b….c…dan d….
Menjelaskan keragaman budaya masyarakat praaksara. tes tertulis pilihan ganda Jelaskan keragaman budaya masyarakat pra- aksara
Menjelaskan kegiatan pokok ekonomi unjuk kerja LKS Diskusikan jenis-jenis kegiatan ekonomi manusia purba di sekitar lembah sungai bengawan Solo.
About these ads

Tentang suaidinmath

Tiada gading yang tak retak. Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 19 Februari 2012, in Pendidik. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 125 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: