RAMBU – RAMBU PENILAIAN 4 KELOMPOK MATA PELAJARAN

KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK

A.   Pengolahan Hasil Ujian dan Penilaian Pendidik

  1. Pengolahan nilai mata pelajaran Pendidikan Agama yang merupakan bagian dari Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia sebagai berikut:
    1. Penilaian akhir mempertimbangkan penilaian oleh pendidikan;
    2. Nilai Sekolah aspek kognitif menggabungkan Nilai Ujian Sekolah Pendidikan Agama dengan bobot 60% dengan rata-rata nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan bobot 40%;
    3. Nilai Ujian Sekolah diperoleh dari penggabungan Nilai Ujian Tulis (UT) dengan Nilai Ujian Praktik (UP) dengan pembobotan 50% UT : 50% UP;
    4. Nilai Sekolah aspek afektif akhlak mulia diperoleh dari hasil pengamatan pendidik mata pelajaran pendidikan agama, pendidik mata pelajaran lain dan konselor;
    5. Aspek akhlak mulia terdiri dari aspek-aspek pengamalan agama seperti kedisiplinan (D), kebersihan (B), tanggung jawab (T), sopan santun (S), hubungan social (H), kejujuran (J), dan pelaksanaan ibadah ritual (I);
    6. Menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk menentukan nilai akhir setiap peserta didik pada kelompok mata pelajaran Agama dan akhlak mulia

Format Pengolahan Nilai Agama dan Akhlak Mulia

No

No Peserta

Nama

Nilai Rapor

Nilai Ujian Sekolah

NS

Akhlak Mulia

NA

Keter
1 2 3 4 5 R UT UP R D B T S H J I R  
                                             
  1. Pengolahan nilai mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang merupakan bagian dari kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian sebagai berikut:
    1. Penilaian akhir mempertimbangkan penilaian oleh pendidikan;
    2. Nilai Sekolah diperoleh dari menggabungkan Nilai Ujian Sekolah Pendidikan Kewarganegaraan dengan bobot 60% dengan rata-rata nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan bobot 40%;
    3. Penilaian akhir aspek afektif Kepribadian mecakup dua komponen yaitu aspek kepribadian dan aspek prilaku berkepribadian diperoleh dari pengamatan aspek kerpibadian (tanggungjawab (T), percaya diri (P), saling menghargai (H), bersikap santun (S) dan kompetitif (K)) dan aspek prilaku berkepribadian (terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, mematuhi tata aturan sosial, memanfaatkan lingkungan secara produktif, mengembagkan diri secara optimal, memanfaatkan fasilitas teknologi informasi, memberdayakan diri dengan belajar, gemar membaca dan menulis, menjaga kesehatan jasmani dan menghargai karya-karya estetika);
    4. Menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk menentukan nilai akhir setiap peserta didik pada kelompok mata pelajaran

Format Pengolahan Nilai Kewarganegaraan dan Kepribadian

No

No Peserta

Nama

Nilai Rapor

Nilai Ujian Sekolah

Nilai Sekolah

Kepribadian

Prilaku Berkepribadian

Keter

1 2 3 4 5 R T P H S K R
                                     

 

  1. Pengolahan nilai mata pelajaran kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai berikut:
    1. Nilai sekolah diperoleh dari penggabungan nilai ujian sekolah dengan pembobotan 60% dan rata-rata nilai rapor semester 3, 4, dan 5 dengan bobot 40%;
    2. Nilai Ujian Sekolah merupakan penggabungan nilai Ujian Tulis dan Ujian Praktik dengan pembobotan mata pelajaran bahasa 50% : 50%; mata pelajaran IPA 50% : 50% dan mata pelajaran Ketrampilan 30% : 70%
    3. Menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk menentukan kelulusan dari ujian sekolah;

Format Pengolahan Nilai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

No

No Peserta

Nama

Nilai Rapor Kognitif

Nilai Rapor Praktik

Nilai Ujian Sekolah

Nilai Sekolah

Keter

3 4 5 R 3 4 5 R T P R
                               
  1. Pengolahan nilai mata Seni Budaya dan Sastra Indonesia sebagai bagian dari kelompok pelajaran kelompok mata pelajaran estertika sebagai berikut:
    1. Penilaian akhir untuk kelompok mata pelajaran estetika mencakup Mata Pelajaran Seni Budaya dan Bahasa Indonesia (aspek sastra) dilakukan dengan mempertimbangkan penilaian pendidik yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan terhadap perubahan perilaku peserta didik;
    2. Penilaian akhir mata pelajaran Seni Budaya mencakup aspek kompetensi apresiasi (A) dan kreasi/rekreasi (K) seni (seni rupa, musik, tari atau teater);
    3. Nilai Sekolah diperoleh dari menggabungkan Nilai Ujian Sekolah Praktik Mata Pelajaran Seni Budaya dengan bobot 60% dengan rata-rata nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan bobot 40%;
    4. Penilaian akhir mata pelajaran Sastra Indonesia mencakup aspek kompetensi mendengarkan (D), berbicara (B), membaca (C), dan menulis (T) sastra;
    5. Nilai Sekolah diperoleh dari menggabungkan Nilai Ujian Sekolah Praktik Mata Pelajaran Sastra Indonesia dengan bobot 60% dengan rata-rata nilai rapor praktik semester 3, 4, dan 5 dengan bobot 40%

Format Pengolahan Nilai Mata Pelajaran Seni Budaya

No

No Peserta

Nama

Nilai Rapor

Nilai Ujian Sekolah

Nilai Sekolah

Keter

1 2 3 4 5 R A K R
                           

Format Pengolahan Nilai Mata Pelajaran Sastra Indonesia

 

No

No Peserta

Nama

Nilai Rapor Praktik

Nilai Ujian Sekolah

Nilai Sekolah

Keter

3 4 5 R D B C T R
                           

 

 

  1. Pengolahan nilai mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan sebagai bagian dari kelompok mata pelajaran jasmani olahraga dan kesehatan sebagai berikut:
    1. Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dilakukan berdasarkan hasil penilaian oleh pendidik;
    2. Kompetensi psikomotor yang mencakup kesegaran jasmani (J), kelincahan (L), dan koordinasi (K).
    3. Kompetensi kognitif mencakup aplikasi teknik dan taktik, pengetahuan tentang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
    4. Kompetensi afektif mencakup sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis. Kompetensi afektif yang berkaitan dengan perilaku hidup sehat menjadi catatan khusus dan digunakan sebagai bahan  pertimbangan  kelulusan.
    5. Nilai akhir Kognitif dan Psikomotorik mencakup:

1)    Rata-rata Nilai kognitif pendidikan jasmani semester 1, 2, 3, 4 dan 5 diberi bobot 2 (dua);

2)    Rata-rata penilaian kognitif perilaku hidup sehat semester 1, 2, 3, 4, dan 5 diberi bobot 1 (satu); Sehubungan pada nilai rapor hanya ada satu nilai kognitif, maka poin (1) dan (2) cukup satu poin diberi bobot 3;

3)    Nilai Ujian Akhir aspek kognitif diberi bobot 2 (dua);

4)    Rata-rata Nilai psikomotorik semester 1, 2, 3, 4 dan 5 diberi bobot 3 (tiga); dan

5)    Rata-rata penilaian psikomotor Ujian Akhir diberi bobot 6 (enam);

  1. Nilai akhir aspek Afektif diperoleh dari rata-rata nilai afektif semester 1, 2, 3, 4, dan 5 dan afektif selama ujian akhir.

Format Pengolahan Nilai Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

 

No

No Peserta

Nama

Nilai Kognitif (3)

Nilai Psikompotorik (3)

Nilai Ujian Tulis (2)

Nilai Ujian Praktik (6)

Keter

1 2 3 4 5 R 1 2 3 4 5 R J L K R
                                         
  1. VI.  KELULUSAN DARI SATUAN PENDIDIKAN

Kelulusan  peserta  didik  dari  satuan  pendidikan  ditentukan  oleh  satuan  pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

  1.         1.    menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
  2.         2.    memperoleh  nilai minimal  baik  pada  penilaian  akhir  untuk  seluruh mata  pelajaran kelompok  mata  pelajaran  agama  dan  akhlak  mulia,  kelompok  mata  pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan ;
  3.         3.    lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
  4.         4.    lulus Ujian Nasional

VII. KRITERIA KELULUSAN MINIMAL BAIK

  1. Memperoleh nilai minimal baik untuk kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia untuk aspek kognitif sesuai dengan Kriteria Kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan dan aspek afektif minimal baik;
  2. Memperoleh nilai minimal baik untuk kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian sebagai berikut:
    1. Peserta didik dinyatakan ’tidak lulus’ apabila hanya ada satu di antara ketiga komponen (aspek kognitif pendidikan kewarganegaraan dengan nilai sekolah, aspek afektif kepribadian dan aspek afektif prilaku berkepribadian) termaksud bernilai minimal baik;
    2. Peserta didik dinyatakan lulus dengan ’baik’ apabila nilai sekolah lulus dan paling tidak satu di antara dua komponen lainnya memperoleh nilai minimal baik;
    3. Peserta didik dinyatakan lulus dengan ’sangat baik’ apabila nilai sekolah lulus dengan nilai sangat baik dan dua komponen lainnya memperoleh nilai sangat baik atau baik;
    4. Nilai minimal baik pada Nilai sekolah sesuai dengan Kriteria Kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
    5. Memperoleh nilai minimal baik pada kelompok mata pelajaran estetika, nilai akhir yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh satuan pendidikan itulah yang disebut nilai ‘baik’;
    6. Memperoleh nilai minimal baik pada kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan untuk Nilai Akhir aspek kognitif dan psikomotorik minimal 7,50 (tujuh koma lima puluh) dan aspek afektif minimal ‘baik’;

Tabel Kriteria Kululusan Nilai Minimal Baik

No

Kelompok Mata Pelajaran

Mata Pelajaran

Aspek

Kriteria Kelulusan

1

Agama dan Akhlak Mulia Pendidikan Agama Kognitif

Afektif

Baik

2

Kewarganegaraan dan Kepribadian Pendidikan Kewarganegaraan Kognitif Kewarganegaraan

Afektif Kepribadian

Baik

Afektif Prilaku Berkepribadian

Baik

3

Estetika Seni Budaya Psikomotorik

Afektif

Baik

Sastra Indonesia Psikomotorik

Afektif

Baik

4

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kognitif dan Psikomotorik

7,50

Afektif

Baik

 

 

VIII.       KRITERIA KELULUSAN UJIAN SEKOLAH

  1. Peserta didik dinyatakan lulus US apabila  peserta  didik  telah memenuhi  kriteria  kelulusan  yang  ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S;
  2. Nilai S diperoleh dari  gabungan antara nilai  US dan  nilai  rata-rata  rapor  semester  3,  4,  dan  semester  5  dengan  pembobotan  60%  (enam  puluh  persen) untuk nilai US  dan 40% (empat puluh persen) untuk nilai rata-rata rapor.

Tabel Kriteria Kelulusan Ujian Sekolah

No

Mata Pelajaran Kelompok IPTEK

Kriteria Kelulusan (KK)

Keterangan

IPA

IPS

BHS

1. Bahasa Indonesia       KK Program IPA dan IPS sama. Bahasa berbeda.
2. Bahasa Inggris       KK setiap program sama.
3. Matematika       KK setiap program berbeda.
4. Fisika

-

-

 
5. Kimia

-

-

 
6. Biologi

-

-

 
7. Geografi

-

-

 
8. Ekonomi

-

-

 
9. Sosiologi

-

-

 
10. Sastra Indonesia

-

-

 
11. Bahasa Asing

-

-

 
12. Antropologi

-

-

 
13. Sejarah       KK setiap program berbeda.
14. Seni Budaya       KK setiap program sama.
15. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan       KK setiap program sama.
16. Teknologi Informasi dan Komunikasi       KK setiap program sama.
17. Keterampilan/ Bahasa Asing       Ketrampilan / bahasa asing untuk program IPA dan IPS. Ketrampilan untuk bahasa.
18. Muatan Lokal       KK setiap program sama.

 

 

Tabel Kriteria Kululusan Nilai Minimal Baik

No

Kelompok Mata Pelajaran

Mata Pelajaran

Aspek

Kriteria Kelulusan

1

Agama dan Akhlak Mulia Pendidikan Agama Kognitif

LULUS US

Afektif

Baik

2

Kewarganegaraan dan Kepribadian Pendidikan Kewarganegaraan

*minimal  2 krteira baik*

Kognitif Kewarganegaraan

LULUS  US

Afektif Kepribadian

Baik

Afektif Prilaku Berkepribadian

Baik

3

Estetika Seni Budaya Psikomotorik

LULUS US

Afektif

Baik=diperoleh nilai S

Sama dengan KKM

Sastra Indonesia Psikomotorik

LULUS US

Afektif

Baik=diperoleh nilai S

Sama dengan KKM

4

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kognitif dan Psikomotorik

7,50

Afektif

Baik

 

 

             Tabel Kriteria Kelulusan Ujian Sekolah

 

No

Mata Pelajaran Kelompok IPTEK

Kriteria Kelulusan (KK)

Keterangan

IPA

IPS

BHS

1. Bahasa Indonesia       KK Program IPA dan IPS sama. Bahasa berbeda.
2. Bahasa Inggris       KK setiap program sama.
3. Matematika       KK setiap program berbeda.
4. Fisika

-

-

 
5. Kimia

-

-

 
6. Biologi

-

-

 
7. Geografi

-

-

 
8. Ekonomi

-

-

 
9. Sosiologi

-

-

 
10. Sastra Indonesia

-

-

 
11. Bahasa Asing

-

-

 
12. Antropologi

-

-

 
13. Sejarah       KK setiap program berbeda.
14. Seni Budaya       KK setiap program sama.
15. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan       KK setiap program sama.
16. Teknologi Informasi dan Komunikasi       KK setiap program sama.
17. Keterampilan/ Bahasa Asing       Ketrampilan / bahasa asing untuk program IPA dan IPS. Ketrampilan untuk bahasa.
18. Muatan Lokal       KK setiap program sama.

 

 

About these ads

4 Comments

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s