IMPLEMENTASI PAIKEM DI SEKOLAH BERDASARKAN STANDAR PROSES


Pada pasal 19 ayat 3 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dinyatakan bahwa setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan demikian sebelum melakukan pelaksanaan pembelajaran terlebih dahulu dilakukan perencanaan pembelajaran.

Pada Standar Proses (Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007) bagian perencanaan pembelajaran dinyatakan  bahwa kegiatan inti pembelajaran merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar (KD), dan kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

Lebih lanjut pada Standar Proses dinyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.        Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

1.   menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran;

2.   mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengait­kan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;

3.  menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;

4.  menyampaikan cakupan materi dan penjelasanuraian kegiatan sesuai  silabus.

 

Adapun kegiatan inti menggunakan metode yang disesuai­kan dengan karakteristik peserta didik dan mata pela­jaran, yang dapat meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Maksud dari eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi sebagai berikut.

1. Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

a.    melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prin­sip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

b.    menggunakan beragam pendekatan pembela­jaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

c.    memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

d.    melibatkan peserta didik secara aktif dalam se­tiap kegiatan pembelajaran; dan

e.    memfasilitasi peserta didik melakukan per­cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

2. Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

a.  membiasakan peserta didik membaca dan me­nulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

b.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul­kan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

c.  memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

d.    memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif can kolaboratif;

e.    memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

f.     rnenfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan balk lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

g.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan r iasi; kerja individual maupun kelompok;

h.    memfasilitasi peserta didik melakukan pamer­an, turnamen, festival, serta produk yang diha­silkan;

i.     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa per­caya diri peserta didik.

3.    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

a.    memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

b.    memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik melalui ber­bagai sumber,

c.    memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

d.    memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

1)   berfungsi sebagai narasumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan be­nar;

2)   membantu menyelesaikan masalah;

3)   memberi acuan agar peserta didik dapatmelakukan pengecekan hasil eksplorasi;

4)  memberi informasi untuk bereksplorasi Iebih jauh;

5)   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Dalam kegiatan penutup, guru:

1)     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;

2)     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsis­ten dan terprogram;

3)     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

4)      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas balk tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

 


A.   CONTOH-CONTOH DISAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM

1.   Model Rancangan Pembelajaran Bersorientasi Pendekatan Tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

 

Sekolah                           : SUKAMAJU 001

TEMA                                : AKU DAN KELUARGAKU

KELAS /SEMESTER         : 1 (satu)/ 1 (satu)

WAKTU                       : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

 

I.  STANDAR KOMPETENSI

  1. Agama
  • Membiasakan perilaku terpuji
  1. PKn
  • Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
  1. Bahasa Indonesia
  • Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
  • Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda, fungsi anggota tubuh dan deklamasi
  • Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
  • Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin
  1. Matematika
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
  1. IPA
  • Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
  1. IPS
  • Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
  1. Seni Budaya
  • Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
  • Mengapresiasi karya seni tari
  1. Olah Raga Jasmani & Kesehatan
  • Mempraktekkan gerak dasar dalam permainan sederhana/aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
  • Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi

II.   KOMPETENSI DASAR

  1. Agama
  • Membiasakan perilaku jujur
  • Membiasakan perilaku disiplin
  1. PKn
  • Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
  • Menerapkan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
  • Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
  1. Bahasa Indonesia
  • Melaksanakan sesuatu sesuai  dengan perintah atau petunjuk sederhana
  • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
  • Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
  • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
  • Mencontoh  huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
  1. Matematika
  • Membilang banyak benda
  • Mengurutkan banyak benda
  1. IPA
  • Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
  1. IPS
  • Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
  1. Seni Budaya
  • Melafalkan lagu anak
  1. Olah Raga Jasmani & Kesehatan
  • Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
  • Mempraktekkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
  • Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi

III.   INDIKATOR

  1. Agama
  • Berperilaku jujur
  • Berperilaku disiplin
  1. PKn
  • Menjelaskan perbedaan jenis kelamin
  • Menyebutkan ciri kebiasaan dari penampilan laki dan perempuan
  • Menyebutkan contoh-contoh hidup rukun
  • Menerapkan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
  • Menerapkan hidup rukun di rumah
  1. Bahasa Indonesia
  • Melaksanakan sesuai sesuai  dengan perintah atau petunjuk sederhana
  • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita tentang keluarga
  • Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
  • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
  • Mencontoh  huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
  1. Matematika
  • Membilang banyak anggota keluarga
  • Mengurutkan banyaknya  anggota keluarga
  • Menyebutkan perbedaan besar dan kecil  fisik  anggota keluarga dalam gambar
  1. IPA
  • Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh
  • Menyebutkan nama-nama anggota tubuh an kegunaannya
  1. IPS
  • Mengidentifikasi identitas diri sendiri
  • Menyebutkan identitas anggota keluarga
  1. Seni Budaya
  • Melafalkan lagu aku sayang ibu
  • Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
  1. Olah Raga Jasmani & Kesehatan
  • Mempraktekkan gerak dasar jalan, toleransi dan percaya diri
  • Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi

IV.   TUJUAN

  1. Agama
  • Siswa dapat Berperilaku jujur
  • Siswa dapat Berperilaku disiplin
  1. PKn
  • Siswa dapat Menjelaskan perbedaan jenis kelamin
  • Siswa dapat Menyebutkan ciri kebiasaan dari penampilan laki dan perempuan
  • Siswa dapat Menyebutkan contoh-contoh hidup rukun
  • Siswa dapat Menerapkan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
  • Siswa dapat Menerapkan hidup rukun di rumah
  1. Bahasa Indonesia
  • Siswa dapat Melaksanakan sesuai sesuai  dengan perintah atau petunjuk sederhana
  • Siswa dapat Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita tentang keluarga
  • Siswa dapat Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
  • Siswa dapat Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
  • Siswa dapat Mencontoh  huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
  1. Matematika
  • Siswa dapat Membilang banyak anggota keluarga
  • Siswa dapat Mengurutkan banyaknya  anggota keluarga
  • Siswa dapat Menyebutkan perbedaan besar dan kecil  fisik  anggota keluarga dalam gambar
  1. IPA
  • Siswa dapat Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh
  • Siswa dapat Menyebutkan nama-nama anggota tubuh an kegunaannya
  1. IPS
  • Siswa dapat Mengidentifikasi identitas diri sendiri
  • Siswa dapat Menyebutkan identitas anggota keluarga
  1. Seni Budaya
  • Siswa dapat Melafalkan lagu aku sayang ibu
  • Siswa dapat Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
  1. Olah Raga Jasmani & Kesehatan
  • Siswa dapat Mempraktekkan gerak dasar jalan, toleransi dan percaya diri
  • Siswa dapat Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi

V.   MATERI

  1. Agama
  • Perilaku jujur
  • Perilaku disiplin
  1. PKn
  • Perbedaan jenis kelamin
  • Kebiasaan dari penampilan laki dan perempuan
  • Contoh-contoh hidup rukun
  1. Bahasa Indonesia
  • Cara melaksanakan sesuai sesuai  dengan perintah atau petunjuk sederhana
  • Cara bercerita tentang keluarga
  • Cara memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
  • Cara membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
  • Huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
  1. Matematika
  • Bilangan
  • Urutan  bilangan
  • Perbedaan besar dan kecil  fisik
  1. IPA
  • Identifikasi bagian-bagian tubuh
  • Nama-nama anggota tubuh an kegunaannya
  1. IPS
  • Identitas diri sendiri
  • Identitas anggota keluarga
  1. Seni Budaya
  • Lagu aku sayang ibu
  • Fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
  1. Olah Raga Jasmani & Kesehatan
  • Gerak dasar jalan, toleransi dan percaya diri
  • Posisi sikap tubuh dalam berbagai  gerak dan kegiatan

 

VI.  METODE  DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

  • Pendekatan Kooperatif learning
  • Metode Ceramah
  • Metode Diskusi
  • Metode Tanya Jawab
  • Metode penugasan

 

VII.   LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

a.        Kegiatan Awal/Pendahuluan

§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)

§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)

 

  b.     Kegiatan Inti

1)    Meminta semua siswa mengamati gambar Keluarga Adi Yang terdiri dari ayah, ibu, asih dan adi. Guru menceritakan makna gambar, dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama masing-masing siswa,

2)    Guru membacakan teks tentang “keluargaku” dan semua siswa menirukan cara membaca dengan lafal yang tepat

3)    Menugaskan beberapa siswa untuk membilang dan mengurutkan keluarga (dalam gambar) dan secara fisik mana yng paling besar, kemudian diurutkan dari yang paling kecil ke yang paling besar (Eksplorasi)

4)    Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama-nama guru dan siswa (ada yang namanya terdiri dari hanya satu kata, ada yang namanya terdiri dari dua kata) (Eksplorasi dan Elaborasi)

5)    Menugaskan semua siswa untuk menyebutkan data dirinya (nama, kelas, sekolah dan tempat tinggal) dengan kalimat sederhana (PKn & IPS & BI, MAT)

§  siapa nama panggilannya,

§  siapa nama panjang/lengkapnya

§  siapa nama ayahnya

§  dan ibunya (PKn & IPS & BI)

6)    Semua siswa diminta mengamati  contoh huruf sambung dan contoh huruf lepas, serta cara penulisannya. suku kata, kata dan kalimat sederhana

7)    Menugaskan semua siswa untuk menjiplak huruf dikaitkan dengan namanya sendiri dan atau nama guru atau temannya (Eksplorasi dan elaborasi)

8)    Guru memberikan penjelasan cara menulis dan membaca yang baik  dan benar dan semua siswa untuk diminta mendengarkan serta memperhatikan. (konfirmasi)

9)    Guru mengamati sikap dan perilaku siswa selama proses pembelajaran serta memberi nasihat agar siswa :

  • Rukun dengan temannya
  • Tidak boleh bertengkar
  • Saling menyayangi sesama teman
  • Mendengarkan kalau guru menjelaskan
  • Mengerjakan kalau guru menugaskan

 

c.   Kegiatan Akhir/Penutup

1)    Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi

2)    Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran dalam sehari (evaluasi hasil belajar)

3)    Menugaskan semua siswa untuk bertanya di keluarga masing-masing, berapa banyak anggota keluarga yang ada di rumah, rumahnya di jalan apa, warna pagar dan rumahnya apa dsb

4)    Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

 

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

§  Gambar-gambar tentang Keluarga

§  Lingkungan keluarga

§  Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Olah raga jasmani dan kesehatan, Seni Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama/akhlak mulia dan budi pekerti luhur)

§  Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Seni-Budaya Keterampilan, IPS dan Agama Akhlak mulia dan budi pekerti luhur)

 

VIII. PENILAIAN

1    Penilaian Lisan (dalam proses)

2    Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)

3    Penilaian Produk

4    Penilaian Portofolio

5    Penilaian Tertulis Obyektif

6    Penilaian Tertulis Subyektif

7    Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)

 

Pertemuan 2

a.   Kegiatan Awal/Pendahuluan

1.  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (Agama, PKn dan Bhs Indonesia)

2.  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Kasih Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orjaskes, Budaya-Keterampilan)

3.  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (melanjutkan Tema: Aku Dan Keluargaku)

 

  b.     Kegiatan Inti

1.    Mengajak siswa bertanya jawab tentang perbedaan dan macam-macam jenis kelamin manusia. Kemudian dikaitkan dengan keluarga siswa (ayah, ibu, adik dan kakak)

2.    Bertanya jawab apakah siswa mempunyai foto juga seperti keluarga Adi dan meminta beberapa siswa untuk bercerita tentang foto milik keluarganya (Elaborasi)

3.    Meminta siswa (yang berani, kalau tidak berani sendirian, bisa dua atau tiga anak) untuk menyanyi lagu yang mereka bisa nyanyikan. Yang lain bertepuk tangan memberi semangat (PKn, IPS, BI, Orjaskes, Seni-Budaya) (Eksplorasi)

4.    Guru (memberikan wawasan) dengan bercerita bahwa di dunia ini selain manusia ada bermacam-macam isinya

§  Ada manusia

§  Ada hewan

§  Ada tumbuhan

§  Dan semua orang pastilah punya nama (nama biasanya mempunyai arti) (Agama, PKn & IPS & BI, MAT)

5.    Bertanya jawab tentang keadaan keluarga siswa, apakah ayah dan ibu saling menyayangi, guru bercerita tentang keluarga yang saling menyayangi  dan bagaimana hubungan kasih sayang di rumah yang baik (PKn & IPS & BI)

6.    Memanggil salah satu siswa untuk bercerita tentang kasih sayang di keluarganya (untuk melatih keberanian dalam mengungkapkan isi hatinya)(Eksplorasi dan elaborasi) (PKn & IPS & BI)

a.    Guru bercerita  bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan

b.    Ada laki-laki

c.    Ada perempuan

d.    Ayah yang sudah tua

e.    Ada yang masih anak-anak

f.     Ada yang senang olah raga

g.    Ada yang senang menyanyi

7. Menugaskan siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku, (membahas tentang kartu keluarga), jenis kelamin (semua siswa mengamati lingkungan kelas dan menghitung jumlah teman laki dan perempuan) (Eksplorasi) (PKn & IPS & BI)

8.    Terakhir guru memberikan nasihat  kepada semua siswa sekelas agar menerapkan/berperilaku ”Berbudi Pekerti” dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif sesuai  petunjuk berbudi pekerti. (misalnya:

  • harus hormat kepada  guru,
  • hormat kepada orang tua dan
  • hormat kepada orang yang lebih tua,
  • sayang kepada semua teman
  • saling menolong/membantu

 

c.   Kegiatan Akhir/Penutup

1.    Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi

2.    Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)

3.    Menugaskan semua siswa untuk bertanya di keluarga masing-masing, berapa banyak anggota keluarga yang ada di rumah, rumahnya di jalan apa, warna pagar dan rumahnya apa dsb

4.    Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

 

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

§  Gambar-gambar tentang Keluarga

§  Lingkungan keluarga

§  Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Olah raga jasmani dan kesehatan, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama/akhlak mulia dan budi pekerti luhur)

§  Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama mulia dan budi pekerti luhur).

 

VIII. PENILAIAN

  1. Penilaian Lisan (dalam proses)
  2. Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
  3. Penilaian Produk
  4. Penilaian Portofolio
  5. Penilaian Tertulis Obyektif
  6. Penilaian Tertulis Subyektif
  7. Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah,                                         Guru Kelas 1

 

……………………………..                                  ………………………..


LAMPIRAN :

1.   MEDIA GAMBAR KELUARGA

 

 

 

 

 

 

2.   INSTRUMEN PENILAIAN (BAHASA INDONESIA)

  1. Penilaian Lisan (dalam proses)

1)    i. n  i     i  b  u

2)    i.  n  i      a  y  a  h

3)    i   n   i     a  d  i  t  y  a

  1. Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)

1)    Siswa aktif/tidak aktif.

2)    Mau menjawab pertanyaan guru

3)    Menjawab lancar dan jelas.

4)    Berani maju ke depan kelas

5)    Sopan dan santun dalam menjawab pertanyaan

6)    Berani bertanya dengan percaya diri.

7)    Mau menulis di buku

8)    Tidak bertengkar dengan teman sekelas

  1. Penilaian Produk

i.    Hasil Siswa menjiplak dan menebalkan tulisan.

ii.    Hasil siswa menebalkan garis, lingkaran

  1. Penilaian Portofolio (selama satu periode dalam satu tema)

1)    Hasil  cerita dan atau tulisan siswa tentang keluarga masing-masing.

  1. Penilaian Tertulis Obyektif

1)    namaku ….

2)    aku dipanggil ….

3)    aku kelas … sekolah dasar

4)    aku punya adik namanya ….

5)    adikku sekolah di ….

  1. Penilaian Tertulis Subyektif (bacalah kalimat di bawah ini)

1)    i. n  i     i  b  u

2)    i.  n  i      a  y  a  h

3)    i   n   i     a  d  i  t  y  a

  1. Penilaian Unjuk Kerja (menilai siswa dalam proses)

1)    Siswa membuat tulisan dengan tangan

2)    Siswa bercerita di depan kelas

3)    Siswa siswa mau menyanyi

4)    Siswa mau menjawab pertanyaan

 

PENILAIAN MATEMATIKA

 

  1. Sebutkan angka dengan lambang bilangan sesuai petunjuk gurumu
  2. Jiplaklah cara menulis angka
  3. Sebutkan cara membaca angka

PENILAIAN BAHASA INDONESIA

KARTU TUGAS:

1.    Siswa diberi gambar/kartu sebagaimana di bawah ini

2.    Siswa mengamati huruf dan menjiplak

3.    Siswa ditugaskan mengamati gambar dan bercerita tentang gambar (tentang keluarga)

 

i  b  u

 

i

 

 

 

3

 

4

 

a y a h

1

 

 

k

2

 

a

2

 

a d i k

 

1

a

4

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.   Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS TERPADU (Model Integrated).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP / MTs                 

:

Sukamaju

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial

Tema        

:

Lembah Bengawan Solo

Kelas / Semester

:

VII  / 1

Alokasi Waktu

:

8  X 40 menit (4 x pertemuan)

 

 

A.   Standar Kompetensi

1. Memahami lingkungan kehidupan manusia (SK no. 1)

2. Memahami kehidupan sosial manusia (SK no.2)

3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan (SK no.6)

B.   Kompetensi Dasar

1.    Mendeskripsikan keragaman bentuk Muka bumi , proses pembentukan , dan dampaknya terhadap kehidupan

2.    Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia

3.    6.1.Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi

4.    2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

5.    6.2. Mendiskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

C.   Indikator

  1. Mendiskripsikan pengertian urbanisasi dengan menggunakan kalimat sendiri
  2. Mengidentifikasi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi ekonomi)
  3. Mendiskripsikan terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi geografi)
  4. Mengidentifiksi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi sosiologi)
  5. Mengidentifikasi faktor pendorong dan penarik terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi sosiologi)
  6. Mengidentifikasi dapak terjadinya urbaanisasi (dilihat dari segi ekonomi)
  7. Mengidentifikasi dampak terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi  sosiologi)
  8. Mengidentifikasi dampak terjadinya urbanisasi (dilihat dari segi  geografi)
  9. Menjelaskan strategi mengatasi terjadinya urbanisasi

 

D.   Tujuan Pembelajaran :

1.    Menunjukkan letak aliran sungai Bengawan Solo

2.    Menyebutkan kota-kota yang dilalui aliran sungai Bengawan Solo

3.    Mendeskripsikan kondisi alam di lembah Bengawan Solo

4.    Menjelaskan hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara

5.    Menjelaskan corak kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat pra-aksara.

Pertemuan I

6.    Menyanyikan dan mamaknai lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang

7.    mendiskripsikan  kondisi fisik, sosial dan ekonomi di sekitar aliran sungai bengawan Solo.

8.    Mengamati peta/ membuat peta aliran sungai Bengawan Solo

9.    Menginterpretasikan  peta letak aliran sungai Bengawan Solo

10. Mengidentifikasi letak kota-kota yang dilalui sungai Bengawan Solo.

Pertemuan II

  1. Mencari informasi dari berbagai sumber tentang kondisi alam di lembah Bengawan Solo
  2. Mencari referensi  pengertian kurun waktu  dan masa pra-aksara
  3. Mencari referensi  dari atlas sejarah / mencari foto-foto / gambar tentang jenis-jenis manusia purba, monyet  dan manusia masa kini.
  4. Menjelaskan hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusai pra-aksara
  5. Studi kasus tentang kondisi sungai bengawan Solo dan mengaitkannya dengan implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Pertemuan III

1.    Menjelaskan corak kehidupan Ekonomi dan sosial manusia pra-aksara.

2.    Menjelaskan kehidupan sosial budaya manusia pra aksara.

3.    Studi kasus perubahan sosial budaya dan mengaitkannya dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan adn ekonomi kreatif.

E.    Materi  Pembelajaran

1.    Bentukan-bentukan Muka Bumi

2.    Peta Jawa Tengah khususnya Surakarta

3.    letak aliran sungai Bengawan Solo dan letak kota-kota yang dilalui Sungai Bengawan Solo

4.    Kondisi alam di lembah Bengawan Solo

5.    Pengertian Kurun Waktu masa pra aksara

6.    Penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara di beberapa tempat di sekitar lembah Bengawan Solo

7.    Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara

8.    Kehidupan ekonomi dan sosial manusia pra-aksara

9.    Kehidupan sosial budaya manusia pra-aksara

10. Nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang berkaitan dengan tema menelusuri lembah Bengawan Solo

11. Jiwa dan semangat kewirausahaan serta ekonomi kreatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lembah Bengawan Solo

F.    Metode  Pembelajaran

1.    Diskusi

2.    Observasi

3.    Tanya jawab

4.    Ceramah

5.    Tugas

Dengan pendekatan CTL.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama :

1.   Kegiatan pendahuluan

v  Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

v  Mengajak semua siswa menyanyikan lagu bengawan Solo ciptaan gesang dan tanya-jawab makna dari lagu tersebut

v  Ditampilkan peta aliran sungai Bengawan Solo , menunjukkan contoh gambar dan tanya jawab keberadaan manusia purba saat ini sebatas yang diketahui siswa.

2.   Kegiatan inti

a.    Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan menelusuri sungai Bengawan Solo

b.    Dengan model pembelajaran Jigsaw:

1)    Kelas dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 3-5 orang.

2)    Tiap kelompok mencari informasi dari berbagai sumber yang  berkaitan dengan kondisi fisik, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat disekitar lembah Bengawan.

3)    Tiap  kelompok  mendiskusikan / membahas informasi yang telah ditemukan dari sumber, membuat laporan hasil diskusi dan mempresentasikan hasilnya.

4)    Masing-masing kelompok mengamati peta Jawa Tengah khususnya Surakarta dan menginterpretasikan letak aliran sungai bengawan Solo dan menunjukkan kota-kota yang dilalui alran sungai Bengawan Solo.

5)    Membuat peta aliran sungai Bengawan Solo

c.    Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat / pekerjaan  siswa dan membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli

3.   Kegiatan Penutup

d.    Refleksi : tentang manfaat keberadaan sungai Bengawan Solo bagi kehidupan masyarakat sekitar, permasalahan dan cara mengatasinya.

e.    Penilaian.

f.     Guru menginformasikan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang jenis-jenis manusia purba dan penemuan fosil-fosil pada zaman pra aksara.

g.    Guru menutup kegiatan pembelajaran.

h.    Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran

 

Pertemuan Kedua :

1.    Kegiatan Pendahuluan

v  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran

v  Bertanya jawab adanya penemuan fosil manusia purba di sekitar lembah Bengawan Solo.

Ditampilkan peta aliran sungai Bengawan Solo sambil tanya jawab tentang daerah ditemukan fosil manusia purba

Menunjukkan foto/gambar manusia purba dan manusia masa kini dan tanya-jawab ciri-ciri , perbedaan nya

1.   Kegiatan Inti :

a.    Siswa dibagi ke dalam  kelompok

b.    Setiap kelompok mengkaji materi pelajaran dengan mempelajari buku teks atau sumber lainnya dan mendiskusikan  :

1)      Bukti-bukti apa menunjukkan adanya zaman pra-aksara?

2)      Bagaimana kehidupan ekonomi zaman pra aksara.

3)      Bagaimana kehidupan sosila-budaya zaman pra aksara

4)      Bagaimana hubungan antara kondisi alam lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia pra-aksara  ?

c.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dilanjutkan tanggapan dari kelompok lain

d.    Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat siswa dan membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli

2.    Kegiatan penutup:

a.        Refleksi: Siswa menyimpulkan kehidupan manusia pada zaman pra aksara dan keterkaitannya dengan kehidupan manusia sekarang.

b.        Guru melaksanakan penilaian

c.        Menutup Pelajaran

Pertemuan ketiga

  1. Kegiatan Pendahuluan

v  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai

v  Berdialog tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan  daerah ditemukannya manusia purba, kondisi alam.

v  Ditampilkan gambar corak kehidupan ekonomi , sosial dan budaya manusia saat ini.

v  Ditampilkan gambar corak kehidupan ekonomi , sosial dan budaya manusia zaman pra aksara.

2.   Kegiatan Inti:

a.    Siswa  dibagi ke dalam beberapa kelompok

b.    Setiap kelompok mengkaji materi tentang corak kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya manusia zaman pra aksara.

c.    Setiap kelompok melakukan studi kasus tentang diminta corak kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya manusia zaman pra aksara

d.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya

e.    Kelompok lain memberikan tanggapan ,sanggahan dan pendapat terhadap materi yang disajikan

f.     Tanya jawab corak kehidupan ekonomi, sosial dan budaya manusia.

g.    Guru memberikan tanggapan dan penguatan terhadap pendapat dan pertanyaan para siswa dengan merujuk pada referensi dan pendapat para ahli.

3.           Kegiatan penutup

a.    Refleksi : Siswa memaknai corak kehidupan ekonomi, sosial dan budaya manusia zaman pra-aksara dan berupaya melestarikan yang terbaik dan meninggalkan kebiasaan yang tidak tidak baik.

b.    Penilaian

c.    Guru memberikan tugas mengidentifikasi peninggalan-peninggalan manusia zaman pra-aksara

d.    Guru menutup pelajaran

 

H.   Sumber Belajar

1.    Buku teks IPS pegangan siswa

2.    buku referensi.

3.    Atlas sejarah.

4.    Situs sejarah di daerahnya.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi dan dasar laut sekitar lembah Bengawan Solo

 

 

 

 

 

 

Mengidentifikasi letak kota-kota yang dilalui sungai Bengawan Solo

 

 

 

Menjelaskan kondisi alam lembah bengawan Solo

-

mengidentifikasi sistem kehidupan masa praaksara

 

 

-

Menjelaskan hubungan antara kondisi alam di lembah sungai Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia zaman pra-aksar

Tes penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

unjuk kerja

 

 

 

 

 

Tes tertulis

 

 

tes penugasan

 

 

 

 

tes tertulis

-

LKS (lembar pengamatan)

 

 

 

 

 

 

 

 

Bentuk tugas

 

 

 

 

Soal uraian

 

 

LKS

 

 

 

soal uraian

-

Lakukan pengamatan bentukan –bentukan muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi di sekitar aliran sungai Bengawan Solo

 

-

Tunjukkan pada peta letak kota-kota yang dialiri  sungai bengawan Solo.

Jelaskan kondisi alam lembah B.

 

Jelaskan kondisi alam di lembah Bengawan Solo

 

 

Cari informasi dari berbagai sumber dan buatlah resume mengenai masa pra aksara

Jelaskan hubungan antara kondisi alam di lembah sungai Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia zaman pra-aksar

Menjelaskan kehidupan sosial ekonomi manusia pra -aksara tes tertulis soal uraian Jelaskan corak kehidupan ekonomi dan sosial  masyarakat pra-aksara
Menjelaskan kehidupan sosial budaya manusia zaman  pra aksara di lembah bengawan Solo

 

 

tes tertulis

 

soal pilihan ganda

Kehidupan pada masa manusia purba sebenarnya sudah ada sistem pembagian peran, karena pada masa itu mereka sudah mengenal adanya pembagian : a…..b….c…dan d….
Menjelaskan keragaman budaya masyarakat praaksara. tes tertulis

 

 

pilihan ganda Jelaskan keragaman budaya masyarakat pra- aksara

 

 

Menjelaskan kegiatan pokok ekonomi

unjuk kerja LKS Diskusikan jenis-jenis kegiatan ekonomi manusia purba di sekitar lembah sungai bengawan Solo.

 

 

 

3.  Contoh RPP Bahasa Indonesia Berbasis PAIKEM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah       : SD .  .   .  .

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester      : IV / 1

Jumlah pertemuan: 1

Alokasi waktu        : 2 x 45 menit (90 menit)

 

Standar Kompetensi Mendengarkan:

1.    Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita

 

Kompetensi Dasar  :

1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat

2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan  ke dalam beberapa kalimat

 

Indikator Pencapaian Kompetensi   :

1. Siswa dapat  membuat daftar hal-hal penting yang didengar.

2. Siswa dapat menuliskan kembali berita dari hal-hal penting yang dituliskan.

 

Tujuan Pembelajaran:

Menyampaikan kembali berita yang didengarnya secara tertulis/lisan.

 

Materi Ajar              : Mendengarkan berita.

Metode Pembelajaran         : Metode curah pendapat, tanya jawab, diskusi

Langkah-langkah Pembelajaran:

Tahap

Kegiatan

Waktu

Guru

Siswa

Pendahuluan 1.  Menyampaikan Salam

 

1.    Menjawab salam.

 

5’

 

Kegiatan inti 2.  Menanyakan kegiatan pagi hari yang dilakukan sebelum berangkat ke sekolah, dan meminta siswa menuliskan dalam bentuk mind map di papan tulis yang telah dibuat guru. (eksplorasi) 2.    Masing-masing menyebutkan kegiatannya sebelum berangkat ke sekolah dan menuliskannya di bagan di papan tulis (mind map)

Kegiatan kita sebelum sekolah

 

 

 

 

 

 

75
  3.  Melihat hasil tulisan siswa di papan dan menanyakan apakah ada yang mendengarkan berita? Berita apa yang pernah kamu dengar dan sangat menarik baik dari radio atau televisi? (elaborasi)

 

3.    Menjawab berita apa yang baru saja didengar.

 

 
  4.  Selanjutnya membagi lembar kerja dan meminta siswa menanyakan ke 3 siswa lain tentang berita yang didengar, menuliskan hal-hal penting, dan meminta tanda tangan siswa yang telah menceritakan berita. (eksplorasi)

 

4.    Dengan lembar kerja, siswa menanyakan ke 3 siswa tentang berita yang didengar

 

Lembar Kerja 1  
No Hal-hal penting Tanda tangan      
1          
2          
3          

 

 
  5.  Meminta siswa membuat lingkaran besar dan memberi kesempatan kepada 5 orang siswa untuk menceritakan berita yang paling menarik dari temannya berdasarkan hal-hal penting yang ditulisnya di lembar kerja (elaborasi)

 

5.    Ke 5 orang siswa menceritakan berita yang paling menarik dari temannya dan lainnya mendengarkannya.

 

 
  6.  Guru memperdengarkan rekaman berita/membacakan berita untuk pertama kalinya, serta menanyakan kira-kira apa yang didengarnya (apakah sebuah dongeng atau berita?).(ekplorasi)

 

6.    Menyimpulkan bahwa yang didengarnya sebuah berita.

 

 
  7.  Guru memperdengarkan rekaman berita/membacakan berita untuk ke 2  kalinya., dan meminta siswa mendengarkannya serta mencatat hal-hal penting dari berita tersebut.(elaborasi) 7.    Mendengarkannya serta mencatat hal-hal penting dari berita tersebut.

 

Lembar Kerja 2

Hal-hal penting dari

berita yang didengar:

 

Tentang apa Siapa Dimana Kapan Lain-lain
         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

8.  Guru meminta siswa menuliskan kembali hal-hal penting (pada Lembar Kerja 2)  ke dalam sebuah berita (elaborasi)

 

8.    Menuliskan kembali hal-hal penting (pada Lembar Kerja 2)   ke dalam sebuah berita

 
  Meletakan beberapa karton (warna-warni) secara tertutup masing-masing berisi pertanyaan tentang isi berita. (dapat dilakukan di luar kelas) dan memperdengarkan sebuah lagu. Pada saat lagu dihentikan/melalui aba-aba siswa berlari kearah karton tersebut  dan mendiskusikan jawabannya. (konfirmasi)

 

Mendengarkan lagu, dan pada saat saat lagu dihentikan/melalui aba-aba siswa berlari kearah karton tersebut  dan mendiskusikan jawabannya.  
Penutup Menyimpulkan kembali bagaimana menyimpulkan isi berita.

Memberi tugas mencatat hal-hal penting dari berita sore pada salah satu stasiun televisi/radio

Mengulangi kesimpulan yang dibuat bersama

 

Mencatat pekerjaan rumahnya untuk pertemuan berikutya.

10

Sumber Belajar/Media/Alat:

1.    Buku Siswa

2.    Lembar Kerja

3.    Karton berisi pertanyaan

 

Penilaian:

Portofolio siswa (Lembar Kerja 1 & 2)

Mengetahui,

Kepala Sekolah,                                         Guru Kelas 1

 

……………………………..                                  ………………………..

4.    CONTOH RANCANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA PAIKEM

 

Standar Isi Mata Pelajaran (SI Mapel) Matematika semua jenjang menguraikan bahwa pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya. Selanjutnya juga dinyatakan bahwa dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya.  Uraian pada SI Mapel Matematika tersebut mengisyaratkan bahwa pembelajaran matematika hendaknya disampaikan dengan suasana PAIKEM.

 

Berikut ini contoh rancangan proses pembelajaran matematika di SMP/MTs yang diharapkan sudah memenuhi prinsip dan karakteristik PAIKEM dalam bentuk Rencana Pelaksnaan Pembelajaran (RPP). Untuk memfasilitasi pembaca dalam rangka memahami maksud dari  proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi maka pada kegiatan inti pembelajaran diberikan keterangan klasifikasi kegiatan merujuk pada maksud dari eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi yang telah diuraikan pada  bagian pengantar.

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah          : SMP …

Mata Pelajaran          : Matematika

Kelas/Semester          : IX/Dua

Jumlah Pertemuan      : 3 (tiga) kali

Alokasi Waktu            :  6 × 40 menit

 

A.     Standar Kompetensi: 6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggu-naannya dalam pemecahan masalah

 

B.     Kompetensi Dasar  : 6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi

  • Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika
  • Menentukan jumlah n suku pertama deret  geometri 

D.     Tujuan Pembelajaran

Melalui tanya jawab, latihan individu dan kelompok siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan seperti berikut ini.

Pertemuan pertama:

1.    Menemukan aturan (rumus) untuk menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika

2.    Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika

Pertemuan ke-2:

1.    Menemukan aturan (rumus) untuk menentukan jumlah n suku pertama deret geometri

2.    Menentukan jumlah n suku pertama deret geometri (pertemuan kedua)

Pertemuan ke-3

Terampil menentukan jumlah n suku pertama pada deret aritmetika dan deret geometri (pertemuan ketiga)

Sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan sudah mampu:

1.    menjelaskan maksud dari suku dan beda pada barisan bilangan aritmetika

2.    menentukan suku ke n  barisan bilangan aritmetika

3.    menjelaskan maksud dari suku dan pembanding atau rasio pada barisan bilangan geometri

4.    menentukan suku ke n  barisan bilangan geometri

 

E.     Materi Ajar:

      Jumlah n suku pertama deret aritmetika =  Sn.

          Sn = ½ n (U1 + Un), dengan  n = banyak suku, U1 = suku pertama dan      Un = suku ke-n.

Contoh:

Hitunglah jumlah 50 suku pertama dari 1  + 4 + 7 + 10 + …

Jawab:

50 suku

Karena , maka:

 

 

Karena  maka:

 

 

Jumlah n suku pertama deret geometri  = Sn

,    r < 1            (1)

,    r > 1         (2)

n = banyak suku, U1 = suku pertama,  Un = suku ke-n

Contoh:

Berapakah jumlah 10 suku pertama dari deret berikut ini.

 

=

=

=

=

=

F.      Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok (kooperatif), penugasan, ceramah dan tanya jawab.

G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1

1.  Kegiatan pendahuluan

a.    Guru dan siswa saling bersalam atau berkabar dilanjutkan pengecekan kehadiran siswa;

b.    Guru mengajak siswa untuk menyimak cerita tentang peristiwa sehari-hari atau teka-teki yang berhubungan dengan deret aritmetika;

c.    Dengan tanya jawab guru melakukan apersepsi tentang istilah dan maksud dari suku, beda dan cara menentukan suku ke n pada barisan aritmetika. Bahan apersepsi di lampiran-1;

d.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan menceritakan kegunaan mempelajari deret aritmetika dalam kehidupan sehari-hari, mata pelajaran lain dan dalam belajar matematika di kelas/jenjang berikutnya;

e.    Guru menginformasikan cakupan kemampuan yang akan dipelajari dan garis besar skenario kegiatan belajar yang akan dilalui (penemuan terbimbing dan kooperatif TAI)

f.     Guru menginformasikan pembentukan kelompok-kelompok belajar.

 

2.   Kegiatan inti

a.    Guru menunjukkan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan deret aritmetika. Secara kelompok siswa mendiskusikan hal-hal terkait permasalahan yang diajukan oleh guru untuk menuju penemuan aturan (rumus) menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika.  Contoh permasalahan dan pertanyaan untuk bahan diskusi ada di lampiran-2 (eksplorasi );

b.    Siswa melaporkan hasil diskusinya, dan guru menanggapi sekaligus memperkaya hasil diskusi siswa dengan pembahasan permasalahan lain untuk mengantarkan penemuan aturan (rumus) menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika (elaborasi, konfirmasi);

c.    Melalui proses tanya jawab dan dihubungkan dengan pembahasan hasil diskusi, siswa dibimbing untuk menemukan aturan (rumus) menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika, yaitu Sn = ½ n (U1 + Un) (elaborasi);

d.    Secara individu siswa berlatih menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika. Guru memberikan  3 soal dengan 3 variasi. Bahan latihan di lampiran-3 (eksplorasi);

e.    Secara kelompok siswa berdiskusi membahas hasil pekerjaan individu yang dibawa oleh anggota-anggotanya. Guru mengamati, mengecek dan membimbing proses belajar di kelompok (elaborasi);

f.     Siswa wakil kelompok menunjukkan atau menjelaskan hasil latihannya (elaborasi);

g.    Guru memberikan umpan balik terhadap hasil latihan (konfirmasi);

h.    Guru memberi penguatan terkait proses atau cara  dalam menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika (konfirmasi).

3.   Kegiatan penutup

a.    Secara klasikal siswa dan guru merangkum isi pembelajaran, yaitu tentang rumus dan cara menentukan  jumlah n suku pertama deret aritmetika;

b.    Siswa mengerjakan satu soal tentang menentukan  jumlah n suku pertama deret aritmetika secara individu.  Soal-soal di lampiran ;

c.    Guru memberi umpan balik terkait proses dan hasil pembelajaran;

a.    Guru memberi pekerjaan rumah atau PR. Bahan PR di lampiran-5.;

b.    Guru menyampaikan rencana pertemuan berikutnya.

 

Pertemuan ke-2

1.   Kegiatan pendahuluan

a.    Guru dan siswa saling bersalam atau berkabar dilanjutkan pengecekan kehadiran siswa;

b.    Guru mengajak siswa untuk menyimak cerita tentang peristiwa sehari-hari atau teka-teki yang berhubungan dengan deret geometri:

c.    Dengan tanya jawab guru melakukan apersepsi tentang istilah dan maksud dari suku, beda dan cara menentukan suku ke n pada barisan geometri.  Bahan apersepsi di lampiran-1;

d.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan menceritakan kegunaan mempelajari deret geometri dalam kehidupan sehari-hari, mata pelajaran lain dan dalam belajar matematika di kelas/jenjang berikutnya;

e.    Guru menginformasikan cakupan kemampuan yang akan dipelajari dan garis besar skenario kegiatan belajar yang akan dilalui (penemuan terbimbing dan kooperatif TAI);

f.     Guru mengingatkan tentang pembentukan kelompok-kelompok belajar.

2.  Kegiatan inti

a.    Guru menunjukkan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan deret geometri. Secara kelompok siswa mendiskusikan hal-hal terkait permasalahan yang diajukan oleh guru untuk menuju penemuan aturan (rumus) menentukan jumlah n suku pertama deret geometri. Contoh permasalahan dan pertanyaan untuk bahan diskusi ada di lampiran-2 (eksplorasi);

b.    Siswa melaporkan hasil diskusinya, dan guru menanggapi sekaligus memperkaya hasil diskusi siswa dengan pembahasan permasalahan lain untuk mengantarkan penemuan aturan (rumus) menentukan jumlah n suku pertama deret geometri (elaborasi, konfirmasi);

c.    Melalui proses tanya jawab dan dihubungkan dengan pembahasan hasil diskusi, siswa dibimbing untuk menemukan aturan (rumus) menentukan jumlah n suku pertama deret geometri, yaitu ,   atau  ,  (elaborasi);

d.    Secara individu siswa berlatih menentukan jumlah n suku pertama deret geometri. Guru memberikan  3 soal dengan 3 variasi. Bahan latihan di lampiran-3 (eksplorasi);

e.    Secara kelompok siswa berdiskusi membahas hasil pekerjaan individu yang dibawa oleh anggota-anggotanya. Guru mengamati, mengecek dan membimbing proses belajar di kelompok (elaborasi);

f.     Siswa wakil kelompok menunjukkan atau menjelaskan hasil latihannya (elaborasi);

g.    Siswa dan guru membahas hasil latihan (konfirmasi);

h.    Guru memberi penguatan terkait proses atau cara  dalam menentukan jumlah n suku pertama deret geometri (konfirmasi).

3.Kegiatan penutup

a.    Secara klasikal siswa dan guru merangkum isi pembelajaran, yaitu tentang rumus dan cara menentukan  jumlah n suku pertama deret geometri;

b.    Siswa mengerjakan satu soal tentang menentukan  jumlah n suku pertama deret geometri dalam secara individu.  Soal-soal di lampiran 4;

c.    Guru memberi umpan balik terkait proses dan hasil pembelajaran;

d.    Guru memberi pekerjaan rumah atau PR. Bbahan PR di lampiran 5;

e.    Guru menyampaikan rencana pertemuan berikutnya.

 

Pertemuan ke-3

  1. Kegiatan pendahuluan

a.    Guru dan siswa saling bersalam atau berkabar dilanjutkan pengecekan kehadiran siswa;

b.    Dengan tanya jawab guru melakukan apersepsi tentang aturan (rumus) menentukan jumlah suku ke n pada deret aritmetika dan deret geometri. Bahan apersepsi di lampiran-1;

c.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran;

d.    Guru menginformasikan cakupan kemampuan yang akan dipelajari dan garis besar skenario kegiatan belajar yang akan dilalui (kooperatif tipe NHT);

e.    Guru menginformasikan pembentukan kelompok-kelompok belajar. Tiap anggota kelompok mendapat nama dan nomor anggota kelompok.

 

  1. Kegiatan inti

a.  Secara kelompok siswa berlatih menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri. Guru memberikan  minimal 4 soal yang bervariasi.  Bahan latihan di lampiran-3 (elaborasi);

b.  Siswa yang disebut nomor anggota dan nama kelompoknya oleh guru, menjelaskan hasil latihannya. Semua kelompok mendapat giliran (elaborasi).

c.  Siswa dan guru membahas hasil latihan (konfirmasi).

d.  Guru memberi penguatan terkait cara  menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri (konfirmasi).

3. Kegiatan penutup

a.  Secara klasikal siswa dan guru merangkum isi pembelajaran, yaitu tentang rumus dan cara menentukan  jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri;

b.  Siswa mengerjakan dua soal tentang menentukan  jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri dalam secara individu. Sooal-soal di lampiran 4;

c.  Guru memberi umpan balik terkait proses dan hasil pembelajaran;

d.  Guru memberi pekerjaan rumah. Bahan PR di lampiran 5;

e.  Guru menyampaikan rencana pertemuan berikutnya.

H.    Penilaian

1.  Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis

2.    Prosedur Penilaian:

Penilaian hasil belajar mencakup penilaian  proses dan hasil akhir belajar.

Prosedur penilaian sebagai berikut.

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Keterangan

1. Kerjasama (kepribadian) pengamatan pertemuan ke-1, 2, 3 Hasil penilaian 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi guru agama dan guru PKn
2. Tanggungjawab pribadi menyele-saikan tugas (akhlak mulia) pengamatan pertemuan ke-3
3. Kemampauan matematika (pemahaman konsep, penalaran, komunikasi)
  • tes tertulis melalui kuis
    • pertemuan ke-1, 2 dan 3
    • tes tertulis melalui UH
      • setelah selesai pertemuan ke 3 dikelola

3.  Instrumen penilaian: soal-soal penilaian pada tiap pertemuan dan soal-soal ulangan harian ada di lampiran -5 dan lampiran-6.

I.       Sumber Belajar

1.    Buku Matematika untuk Kelas IX Semester 2.

2.    Bahan soal-soal latihan dan soal-soal untuk penilaian pada pertemuan 1, 2, dan 3, soal pekerjaan rumah, soal ulangan harian.

Sleman, Juni 2010

Mengetahui                                                     Guru

Kepala SMP Harapan Bangsa

 

(Harmawan)                                               (Sri Wardhani)

Lampiran-1  RPP:  Bahan Apersepsi

Pertemuan ke-1

1.      Perhatikan barisan bilangan ini:  8, 16, 24, 32, …..

Barisan bilangan apakah ini? Barisan aritmetika ataukah barisan geometri? Berapa suku ke-3? Suku ke-4? Berapa bedanya? Bagaimana rumus suku ke n? Berapa suku ke 100?

Pertemuan ke-2

2.      Perhatikan barisan bilangan ini:  3, 6, 12, 24, …

Barisan bilangan apakah ini? Barisan aritmetika ataukah barisan geometri? Berapa suku ke-2? Suku ke-1? Berapa pembandingnya? Bagaimana rumus suku ke n? Berapa suku ke 10?

Pertemuan ke-3

3.      Berapakah jumlah 10 suku pertama pada  1+5+9+13+…? Bagaimana cara menghitungnya? Rumus apa yang digunakan? Apa yang harus dicari terlebih dahulu?

4.      Berapakah hasil dari 25+21+17+13+…+1? Bagaimana cara menghitungnya? Rumus apa yang digunakan? Apa yang harus dicari terlebih dahulu?

5.      Berapakah jumlah 6 suku pertama pada  2+10+50+250+…? Bagaimana cara menghitungnya? Rumus apa yang dapat digunakan? Apa yang harus dicari terlebih dahulu?

6.      Berapakah jumlah 6 suku pertama pada  2+10+50+250+…? Bagaimana cara menghitungnya? Rumus apa yang dapat digunakan? Apa yang harus dicari terlebih dahulu?

 

 

 

 


Lampiran-2 RPP:  Permasalahan dan pertanyaan untuk bahan diskusi

Pertemuan ke-1

Pada suatu hari Pak Anggit, Pak Bowo dan Pak Gentur memanen jeruk dari kebun masing-masing. Hasil kebun Pak Gentur 10 kg lebih sedikit dari hasil Pak Anggit namun lebih banyak 10 kg dari hasil Pak Bowo. Jika jumlah hasil panen mereka bertiga ada 195 kg, berapa hasil panen Pak Anggit?

Pertanyaan untuk bahan diskusi:

1.    Siapa yang hasil panennya paling sedikit? Siapa pula yang hasil panennya paling banyak?

2.    Berapa kg perbedaan hasil panen masing-masing?

3.    Berapakah hasil panen mereka bertiga?

4.    Dengan memisalkan hasil panen Pak Gentur adalah p kg, berapa kg hasil panen mereka bertiga dalam p?

5.    Berapa kg  hasil panen masing-masing?

6.    Berapakah jumlah hasil panen Pak Anggit dan Pak Bowo?

7.    Selidiki hubungan antara jumlah panen mereka bertiga dengan banyaknya pemilik panen (3 orang) dan jumlah panen Pak Anggit dan Pak Bowo.

Pertemuan ke-2:

Sebuah bola jatuh dari ketinggian 2,5 meter dan memantul kembali dengan ketinggian 3/5 kali tinggi sebelumnya. Pemantulan semacam itu berlangsung terus menerus hingga bola berhenti. Jarak seluruh lintasan bola adalah…. Pertanyaan untuk bahan diskusi:

1.         Berapa tinggi bola setelah pantulan pertama? Berapa pula tinggi bola setelah pantulan kedua?

2.         Berapa perbandingan antara tinggi bola pada pantulan kedua dan pertama? Apakah perbandingan tersebut lebih dari 1, ataukah kurang dari satu?

3.         Berapa tinggi bola mula-mula?

4.         Berapa tinggi bola pada saat bola berhenti memantul?

5.         Berapa kali bola memantul sehingga bola berhenti?

6.         Misalkan perbandingan antara tinggi bola pada pantulan kedua dan pertama= r, dan banyaknya bola memantul = n, selidikilah bagaimana hubungan antara tinggi bola mula-mula dengan perbandingan antara (1– rn) dan (1– r)?

 

Lampiran-3 RPP: Bahan/soal-soal Latihan

Pertemuan 1:

1.    Berapakah jumlah dari 8 suku pertama pada 5 + 10 + 15 + 20+ …?

2.    Berapakah hasil dari –10 + (–5) + 0 + 5 + … + 25?

3.    Berapakah jumlah 10 suku pertama dari deret aritmetika yang suku ke n nya adalah Un = 2n2 + n +1?

4.    Hitunglah jumlah semua bilangan kelipatan 4 yang kurang dari 50


Soal latihan pertemuan 2:

5.        Berapakah jumlah dari 10 suku pertama pada 4 + 8 + 16 + 32 + …? Berapakah suku ke-8?

6.                                                        Berapakah hasil dari 192+ 96 + 48 + 24 + … + 3?

7.        Berapakah jumlah 5 suku pertama dari deret geometri yang suku pertamanya 136 dan suku keempatnya 459?

8.        Suatu deret geometri mempunyai U3 = 18 dan U6 = 456. Berapakah jumlah 5 suku pertamanya?

 

Soal latihan pertemuan 3:

9.        Dari suatu deret aritmetika diketahui bahwa jumlah 5 suku pertamanya sama dengan 65 dan jumlah sembilan suku pertamanya sama dengan 189. Berapa jumlah 15 suku pertamanya?

10.     Jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika adalah Sn= 3n2 – 2n. Jika suku ke n dari deret tersebut  adalah Un  tentukanU3 + U5.

11.     Suatu deret geometri mempunyai U1 = 3 dan U5 = 48. Berapakah suku ke delapan dari deret tersebut?

12.     Berapakah jumlah 5 suku pertama dari deret geometri yang suku pertamanya 0,5 dan suku ke enamnya  12?


Lampiran-4 RPP:  Bahan penilaian di tiap pertemuan

Pertemuan 1:

1.    Suku ke n atau Un dari suatu deret aritmetika adalah Un = 2n2 + n. Tentukan jumlah dari 12 suku pertamanya

Pertemuan 2:

2.    Berapa jumlah dari 10 suku pertama pada deret geometri yang suku pertamnya 6 dan rasionya 2?

Pertemuan 3:

3.    Suku ke n atau Un dari suatu deret aritmetika adalah Un = 4n + 3. Tentukan jumlah dari 20 suku pertamanya.

4.    Deret geometri dengan suku pertama sama dengan 3 dan rasionya sama dengan 2. Berapa jumlah 6 suku pertama deret tersebut?

Lampiran-5 RPP: Bahan Tugas PR

Pertemuan ke-1:

1.    Jumlah n suku pertama deret aritmetika adalah Sn = 2n2 + 3n. Berapa beda dari suku-suku pada deret tersebut?

2.    Suku ke a dari suatu deret aritmetika adalah b. Jika suku ke-b adalah a, berapa suku ke (a+b)?

Pertemuan ke-2:

3.    Dari suatu deret geometri diketahui U1=2 dan S10= 33(S5). Berapa U6? (12, 16, 32, 64, 66)

Pertemuan ke-3:

4.    Diketahui suatu deret aritmetika dengan beda 1. Jika jumlah pangkat tiga dari tiga suku pertamanya adalah 18 lebih besar dari 3 kali pangkat tiga dari suku ke-2, maka jumlah tiga suku pertamanya adalah…. (6, 9, 12, 15, 18)

 

Lampiran-6  RPP:  Bahan Ulangan Harian

 

Petunjuk: Kerjakan soal-soal berikut ini pada lembar kertas ini juga.

1.    Tentukan hasil penjumlahan dari 10 suku pertama  pada 13+16+19+22+…

 

 

2.   Berapakah hasil dari   35 + 30 + 25 + … + 5?

3.  Tentukan hasil penjumlahan dari 8 suku pertama   pada  1+5+25+125+…

4.  Berapakah hasil dari  5 suku pertama dari deret  10.000 + 2000 + 400 + …?

Kunci jawaban:

1.    S10 = 265            2.  S10 = 125           3.

4.       =

Pedoman Penilaian:

Bobot penilaian soal nomor 1 s.d nomor 4 sama. Skor maksimal masing-masing soal dibuat 25. Nilai diperoleh dari hasil penjumlahan skor yang diperoleh pada penyelesaian soal nomor 1 s.d nomor 4.

Soal nomor 1 dan nomor 3:

NO

ASPEK PENILAIAN

RUBRIK PENILAIAN

SKOR

1.

 

 

 

Pemahaman terhadap rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika/deret geometri Menghubungkan penyelesaian ke rumus jumlah n suku pertama

7

Berusaha menghubungkan penyelesaian ke rumus jumlah n suku pertama tapi belum sempurna rumusnya

5

Tidak ada usaha menghubungkan penyelesaian dengan rumus jumlah n suku pertama, atau menghubungkan tapi sama sekali salah

2

2. Usaha menemukan Un Ada usaha dan mendapatkan Un dengan benar

8

Ada usaha tapi hasil belum benar hasilnya

5

Tidak ada usaha mencari Un terlebihdahulu

2

3. Proses perhitungan Proses perhitungan benar

10

Proses perhitungan sebagian besar benar

7

Proses perhitungan sebagaian kecil saja yang benar

4

Proses perhitungan sama sekali salah

2

 

Skor maksimal =

25

 

Skor minimal =

6

 


Soal nomor 3 dan nomor 4:

NO

ASPEK PENILAIAN

RUBRIK PENILAIAN

SKOR

1. Pemahaman terhadap rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika/deret geometri Menghubungkan penyelesaian ke rumus jumlah n suku pertama

7

Berusaha menghubungkan penyelesaian ke rumus jumlah n suku pertama tapi belum sempurna rumusnya

5

Tidak ada usaha menghubungkan penyelesaian dengan rumus jumlah n suku pertama, atau menghubungkan tapi sama sekali salah

2

2. Usaha menemukan banyak suku atau n Ada usaha dan mendapatkan n dengan benar

8

Ada usaha tapi hasil belum benar hasilnya

5

Tidak ada usaha untuk mencari n terlebihdahulu

2

3. Proses perhitungan Proses perhitungan benar

10

Proses perhitungan sebagian besar benar

7

Proses perhitungan sebagaian kecil saja yang benar

4

Proses perhitungan sama sekali salah

2

 

Skor maksimal =

25

 

Skor minimal =

6

 

Rangkuman

Pembelajaran berbasis PAIKEM membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi, berpikir kritis dan berpikir kreatif (critical dan creative thinking).Refleksi  (upaya mengungkap pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh peserta).

Prinsip-Prinsip PAIKEM berpusat pada siswa, integral, Pembelajaran dilakukan dengan sudut pandang adanya keunikan individual, dilakukan secara terus menerus, serta pembelajaran yang dihadapkan pada pemecahaman masalah.

Karakteristik PAIKEM mencakup empat aktifitas pokok, yaitu mengalami, komunikasi, interaksi, dan refleksi.

C.    Latihan

Merujuk pada berbagai contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disajikan pada bagian terdahulu, bersama kelompok Anda, buatlah RPP dengan ketentuan sebagai berikut :

1.    RPP yang dibuat disesuaikan dengan jenis dan jenjang kepengawasan peserta diklat, misalnya jika peserta diklat bertugas sebagai pengawas TK/SD maka RPP yang disusun berorientasi pada mata pelajaran yang ada di SD. Demikian dengan peserta lain yang bertugas di SMP atau SMA/SMK.

2.     Pokok bahasan/Tema yang dipilih tidak sama dengan pokok bahasan/tema yang ada di dalam contoh.

3.    Penulisan RPP menggunakan format yang tertera pada LKPS-02A, LKPS 02B, atau LKPS-02C.

4.    Hasil-hasil kerja kelompok selanjutnya dipresentasikan dan disimulasikan dihadapan peserta diklat lainnya.

D.    Rangkuman

Implementasi PAIKEM dalam kegiatan pembelaran di sekolah seyogya merujuk pada standar proses. Disamping itu, disain pembelajaran atau RPP yang disusun merujuk pada prinsip dan karakteristik dari PAIKEM itu sendiri, seperti berpusat pada siswa, integratif, mengakomdasi keunikan inividu, serta bersifat multi strategi dan multi media.

About these ads

About suaidinmath

Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 14 Februari 2012, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: