Semangat Permenegpan dan Reformasi Birokresi No.16/2009

¨Peraturan baru yang terdiri dari 13 Bab dan 47 pasal, secara keseluruhan mengandung semangat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang selanjutnya akan menjadikan guru sebagai pekerjaan profesional yang dibingkai oleh kaidah-kaidah profesi yang standar.

¨Peraturan ini terbit dalam rangka memberi ruang dan mendukung pelaksanaan tugas dan peran guru agar menjadi guru yang professional.
¨Perubahan peraturan ini diharapkan berimplikasi terhadap peningkatan mutu, kreatifitas dan tentu saja kinerja guru.

¨Penilaian Kinerja Guru yang sebelumnya lebih bersifat administratif menjadi lebih berorientasi praktis, kuantitatif, dan kualitatif, sehingga diharapkan para guru akan lebih bersemangat untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya.
¨
¨Guru mempunyai empat jabatan fungsional (Guru Pertama,  Guru Muda, Guru Madya, Guru Utama)
Perubahan Mendasar yang Terkandung Dalam Permenegpan dan RB No.16/2009 (2).Guru dinilai kinerjanya secara teratur (setiap tahun) melalui Penilaian Kinerja Guru (PK Guru).Guru wajib mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) setiap tahun.PKB harus dilaksanakan sejak III/a dengan melakukan pengembangan diri, dan sejak III/b guru wajib melakukan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif. Untuk naik dari IV/c ke IV/d guru wajib melakukan presentasi ilmiah.Perolehan angka kredit dari PKG dan PKB merupakan satu paket.Perlu konversi hasil PKG dan PKB ke angka kredit.Perolehan angka kredit setiap tahun  ditetapkan oleh Tim Penilai. ¨Penghargaan angka kredit adalah 125% (amat baik), 100% (baik), 75% (cukup), 50% (sedang), dan 25%(kurang).

Penghargaan angka kredit adalah 125% (amat baik), 100% (baik), 75% (cukup), 50% (sedang), dan 25%(kurang)
Jumlah angka kredit diperoleh dari:
•Unsur utama (Pendidikan, PK Guru, PKB) ≥ 90%
•Unsur penunjang ≤10%
PERBEDAAN UTAMA
KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI ANTARA PERATURAN LAMA DENGAN YANG BARU
Peraturan lama Peraturan baru
1 Dasar Hukum Kepmenpan nomor : 84/1993 tanggal 24 Desember 1993 tentang:  Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Kepmenegpan dan  Reformasi Birokrasi  Nomor 16 tahun 2009 tertanggal  10 Nopember 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
2 Kegiatan yang dinilai A. Unsur dan Sub Unsur Kegiatan1.Pendidikan dan Pelatihan

2. Proses Belajar Mengajar

3. Pengembangan Profesi

4. Penunjang

A. Unsur dan Sub Unsur Kegiatan

1.Pendidikan dan Pelatihan pendidikan formal dan fungsional
2.Proses Belajar Mengajar
3.Pengembangan Keprofesian     Berkelanjutan (PKB)
4.Penunjang (10%)
3 Macam Pengembangan Profesi Guru
1.Karya Tulis Ilmiah
2.Teknologi Tepatguna
3.Alat Peraga
4.Karya Seni
5.Pengembangan Kurikulum
1.Pengembangan Diri
2.Publikasi Ilmiah
3.Karya Inovatif
4 Jenis  Pengembangan Diri (Tidak ada pada peraturan lama)
1.diklat fungsional
2.kegiatan kolektif guru
5 Macam  Publikasi Ilmiah
1.KTI hasil penelitian
2.Tinjaun Ilmiah
3.Tulisan Ilmiah Popoler
4.Prasaran Ilmiah
5.Buku/Modul
6.Diktat
7.Karya Terjemahan
1.presentasi di forum ilmiah
2.hasil penelitian
3.tinjauan ilmiah
4.tulisan ilmiah populer
5.artikel ilmiah
6.buku pelajaran
7.modul/diktat
8.buku dalam bidang pendidikan
9.karya terjemahan
10.Buku pedoman guru
6 Macam  Karya Inovatif
1.Teknologi Tepatguna
2.Alat Peraga
3.Karya Seni
4.Pengembangan Kurikulum
1.menemukan teknologi tepat guna
2.menemukan/menciptakan karya seni
3.membuat/memodifikasi alat pelajaran
4.mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman,  soal dan sejenisnya
7 Prasayarat dalam kenaikan golongan Wajib sebagai syarat kenaikan pangkat/golongan IVa ke atas dengan minimal jumlah angka kredit 12. Wajib sebagai syarat kenaikan pangkat/golongan IIIb ke atas dengan minimal jumlah angka kredit  yang bervariasi berdasar jenjang pangkat/golongannya.
JENJANG JABATAN DAN PANGKAT GURU
PermenMenpan 84/1993

• Jabatan dan Pangkat melekat
• Jabatan dan Pangkat ada 13, terdiri dari:
1.Guru Pratama, gol. II/a
2.Guru Pratama Tingkat I, gol. II/b
3.Guru Muda, gol. II/c
4.Guru Muda Tk I, gol. II/d
5.Guru Madya, gol. III/a
6.Guru Madya Tk I, gol. III/b
7.Guru Dewasa, gol. III/c
8.Guru Dewasa Tk I, gol. III/d
9.Guru Pembina, gol. IV/a
10.Guru Pembina Tk I, gol. IV/b
11.Guru Utama Muda, gol. IV/c
12.Guru Utama Madya, gol IV/d
13.Guru Utama, gol IV/e
Pernyempurnaan

• Jabatan dan Pangkat terpisah
• Jabatan ada 4 jenjang dimulai dari:
• Pertama gol III/a dan III/b
• Muda. gol III/c dan III/d
• Madya gol IV/a, IV/b dan IV/c
• Utama, gol IV/d dan IV/e
KEWAJIBAN MELAKSANAKAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)
PERMEN MENPAN 84/93 PENYEMPURNAAN
• gol II/a  s.d. IV/a
ü Diklat
ü KBM
ü Penunjang
üPengembangan Profesi (PP) tidak wajib
• Pengembangan Profesi wajib bagi:
ügol IV/a – b = pengembangan profesi  12 dari wajib
ügol IV/b – c  =         idem
ü gol IV/c – d =         idem
ü gol IV/d – e =         idem
Selain KBM, guru wajib mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang terdiri dari pengembangan diri (PD) dan Publikasi Ilmiah dan/atau Karya Inovatif (PI dan/atau KI), dimulai dari:gol III/a    PKB: PD = 3 AK

III/b-c   PKB: PD = 3 AK  + PI dan/atau KI=4 AK

III/c-d   PKB: PD = 3 AK  + PI dan/atau KI=6 AK

III/d-IV/a PKB: PD= 4 AK + PI dan/atau KI=8 AK

IV/a-b  PKB: PD = 4 AK + PI dan/atau KI=12 AK

IV/b-c                                                 idem

IV/c-d   PKB: PD = 5 AK + PI dan/atau KI=14 AK

IV/d-e   PKB: PD = 5 AK + PI dan/atau KI=20 AK

ü
Penilaian Pembelajaran Pembimbingan
Permen Menpan 84/93 Penyempurnaan
Penilaian PBM didasarkan pada aspek kuantitas dengan “surat pernyataan” kepala sekolah telah melakukan PBM

§Ijasah paling rendah SPG /D-II
§ Pangkat paling rendah II/a (Pengatur  Muda)

 

Penilaian pembelajaran didasarkan pada aspek kualitas, kuantitas, waktu dan biaya:

•Kriteria amat baik, mendapat angka kredit 125% dari angka kredit yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
•Kriteria baik, 100%
•Kriteria cukup, 75%
•Kriteria sedang, 50%
•Kriteria kurang, 25%
§Ijasah paling rendah Sarjana (S-1)/ Diploma (D-IV)
§Pangkat paling rendah III/a (Jabatan Pertama)
Kinerja Guru

Secara umum ukuran kinerja dapat dilihat dari lima hal, yaitu:

•Quality of work – kualitas hasil kerja
•Promptness – ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan
•Initiative – prakarsa dalam menyelesaikan pekerjaan
•Capability – kemampuan menyelesaikan pekerjaan
•Communication – kemampuan membina kerjasama dengan pihak lain

T.R.Mitchell   (2008)UU Guru dan Dosen No. 14/2005 Pasal 1

Kinerja guru dibingkai dalam lingkup beban tugas dan tanggungjawabnya, yaitu:

•merencanakan pembelajaran,
•melaksanakan pembelajaran
•menilai hasil pembelajaran
•membimbing dan melatih peserta didik, dan
•melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja Guru
TUJUAN PK-GURU
PKG menjamin bahwa guru melaksanakan pekerjaannya secara profesional
HASIL PK Guru
—Merupakan bahan evaluasi diri bagi guru untuk mengembangkan potensi dan karirnya
•Penilaian kinerja guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya
•Unsur yang dinilai dalam PK Guru adalah
–14 (empat belas) kompetensi untuk guru mata pelajaran/guru kelas.
–17 (tujuh belas) untuk kompetensi guru BK/konselor
–pelaksanaan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah
Bagaimana  PELAKSANAAN PKGuru DI SEKOLAH?
—Penilaian dilakukan oleh kepala sekolah atau wakil kepala sekolah atau guru senior yang kompeten, yang ditunjuk oleh kepala sekolah (yang telah mengikuti pelatihan penilaian)
—Penilaian dilakukan 2 kali dalam satu tahun (penilaian formatif pada awal tahun dan penilaian sumatif pada akhir tahun)
ØHasil penilaian formatif digunakan sebagai dasar penyusunan profil dan perencanaan program PKB/PKR tahunan bagi guru
ØHasil penilaian sumatif digunakan untuk memberikan nilai prestasi kerja guru (menghitung perolehan angka kredit guru pada tahun tersebut)
About these ads

2 Comments

  1. I’m amazed, I must say. Seldom do I come across a blog that’s
    both equally educative and engaging, and let me tell you, you’ve hit the nail on the head. The issue is something which too few people are speaking intelligently about. I’m very happy I came across
    this during my search for something regarding this.

  2. You actually make it appear really easy with your presentation however I find this topic to be really something which I
    feel I would by no means understand. It kind of feels too complex and extremely broad for me.

    I am having a look ahead in your subsequent put up, I’ll try to get the hold of it!

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s