Pemanfaatan Aplikasi TIK dala Penilaian


Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3
berbunyi “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
Bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab”. Untuk
mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah karena tantangan yang lebih besar denganadanya arus globalisasi di segala bidang kehidupan. Globalisasi sebagai dampak dari revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengakibatkan perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Perubahan yang paling cepat dirasakan adalah perubahan
ekonomi dan pengetahuan.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat digunakan dalam berbagai disiplin Ilmu, termasuk di dunia pendidikan. Perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan saat ini sudah tidak bisa ditawar lagi karena telah menyatu dengan perkembangan setiap aktivitas kehidupan, tidak
terkecuali dalam dunia pendidikan. Demikian halnya guru sebagai tenaga profesional, harus mampu mengimbangi laju perubahan tersebut. Sikap yang harus direfleksikan oleh guru di antaranya melalui apresiasi, inovasi, dan kreasi untuk memanfaatkan TIK seperti yang dinyatakan dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi
Akademik dan kompetensi Guru.
Berdasarkan hasil moniroting, supervisi, dan evaluasi keterlaksanaan RSKM/KTSP, ditemukan bahwa pemanfaatan TIK (baik hard ware maupun software)oleh guru di satuan pendidikan masih amat terbatas. TIK lebih banyak dimanfaatkan terbatas pada fungsi administratif. Pemanfaatannya sebagai media atau alat bantu pembelajaran dan penilaian
masih belum tereksplorasi secara mendalam, apalagi pemanfaatan berbagai fasilitas dan aplikasi yang ada. Salah satunya belum optimal pemanfaatan Microsoft Excel (Ms excel) aplikasi bagian dari Microsoft Office dalam penilaian.
Sebagai respon atas temuan tersebut, maka dalam upaya memenuhi kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan membantu guru dalam memanfaatkan secara maksimal TIK (khususnya Ms excel) dalam penilaian, Direktorat Pembinaan SMA menyusun ”Petunjuk Teknis PemanfaatanTIK dalam Penilaian di SMA”

Guru TIK melatih pemanfaatan TIK (Ms Excel) dalam penilaian, yang mencakup:
a. Menentukan KKM mata pelajaran;
b. Pengelolaan nilai (perhitungan rata-rata nilai ulangan);
c. Menentukan nilai maksimum, minimum, dan standar deviasinya;
d. Melakukan analis butir soal secara kuantitatif;
e. Menyusun keterangan dalam buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik (LHBPD);
f. Menyusun soal yang berbasis TIK Interaktif.

Lebih jelasnya silahkan klik :

1. Juknis Pemanfaatan TIK dalam penilaian

2.Contoh pemanfaatn TIK dalam penyusunan Jadwal Pelajaran

3. Contok pemanfaatan TIK dalam penulisan  Rapor

4. Contoh pemanfaatan TIK menentukan KKM

5.Contoh pemanfaatan TIK menyususn Analaisis Soal PG

6.Comtoh Pemanfaatan TIK menyususn analsisis soal Uraian

7. PPT pemanfaatan TIK dalam Penilaian

About these ads

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s