RPM BIMTEK KTSP kerja sama dengan Dir PSMA Depdiknas


BIMTEK KTSP KAB. DOMPU

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 01

A. Materi Sajian : Pendalaman SNP

B. Ruang Lingkup :

  1. Standar Isi (SI)
  2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  3. Standar Proses
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Pengelolaan
  6. Standar Sarana dan Prasarana
  7. Standar Penilaian

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat memahami dan melaksanakan SNP

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman SNP
  2. melaksanakan SNP

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang SNP

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam pelaksanaan SNP
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pendalaman SNP (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan SNP (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,               2009

Penyaji,

DRS.SUAIDIN

NIP. 196301081987031013

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 01

A. Materi Sajian : Analisis Konteks

B. Ruang Lingkup :

  1. Mengidentifikasi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan sebagai acuan dalam penyusunan KTSP.
  2. Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program.
  3. Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar misalnya komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi  profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya.

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan Analisis Konteks;
  2. menyusun Analisis Konteks

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Analisis Konteks;
  2. dapat menyusun Analisis Konteks;

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Analisis Konteks.

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa penyusunan Analisis Konteks perlu dilakukan
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam penyusunan Analisis Konteks
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Analisis Konteks (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan Analisis Konteks (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 01

A. Materi Sajian : Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

B. Ruang Lingkup :

  1. Pengertian KKM
  2. Mekanisme penetapan KKM

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian KKM
  2. menyusun dan menetapkan KKM

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman KKM
  2. dapat menyusun dan menetapkan KKM

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Penetapan KKM

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa KKM perlu ditetapkan ?
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam penyusunan dan penetapan KKM
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Penetapan KKM (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan KKM (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 02

A. Materi Sajian : Rancangan Penilaian

B. Ruang Lingkup :

  1. Hakikat penilaian
  2. Teknik Penilaian
  3. Aspek-aspek yang diukur dalam penilaian

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. Memahami mekanisme penyusunan rancangan penilaian
  2. Menetapkan teknik penilaian berdasarkan aspek yang akan diukur

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang rancangan penilaian
  2. dapat menyusun rancangan penilaian

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang rancangan penilaian

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa rancangan penilaian perlu dibuat guru
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam penyusunan rancangan penilaian
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi rancangan penilaian (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan rancangan penilaian (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 03

A. Materi Sajian : Penilaian Lima Kelompok Mata Pelajaran

B. Ruang Lingkup :

  1. Penilaian Hasil Belajar
  2. Dimensi dan Indikator Penilaian Hasil Belajar

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. Memahami Penilaian Lima Kelompok Mata Pelajaran

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Penilaian Lima Kelompok Mata Pelajaran

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Penilaian Lima Kelompok Mata Pelajaran

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Lima Kelompok Mata Pelajaran
      • Permasalahan yang timbul di lapangan yang berkaitan dengan Penilaian Lima Kelompok Mata Pelajaran
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Penilaian Lima Kelompok Mata Pelajaran (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan Penilaian Lima Kelompok Mata Pelajaran (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 04

A. Materi Sajian : Penilaian Afektif

B. Ruang Lingkup :

  1. Penilaian Afektif
  2. Pengembangan instrumen penilaian Afektif dan pedoman penskorannya
  3. Pelaporan hasil penilaian Afektif

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan penilaian Afektif;
  2. menyamakan persepsi tentang
  1. kisi-kisi instrumen Afektif;
  2. cara menyusun instrumen Afektif;
  3. rubrik, penskoran dan interpretasi hasil penilaian;
  4. cara menganalisis hasil penilaian.

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman konsep instrumen Afektif;
  2. dapat menyusun instrumen penilaian Afektif;

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang penilaian Afektif.

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisi kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Jenis-jenis penilaian
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam penyusunan penilaian Afektif
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Penilaian Afektif (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi penyusunan Penilaian Afektif (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

Denpasar, 31 Mei 2009

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 05

A. Materi Sajian : Penilaian Psikomotor

B. Ruang Lingkup :

  1. Penilaian Psikomotor
  2. Pengembangan instrumen penilaian Psikomotor dan pedoman penskorannya
  3. Pelaporan hasil penilaian Psikomotor

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan penilaian Psikomotor;
  2. menyamakan persepsi tentang
  1. kisi-kisi instrumen Psikomotor;
  2. cara menyusun instrumen Psikomotor;
  3. rubrik, penskoran dan interpretasi hasil penilaian;
  4. cara menganalisis hasil penilaian.

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman konsep instrumen Psikomotor;
  2. dapat menyusun instrumen penilaian Psikomotor

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang penilaian Psikomotor

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisi kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Jenis-jenis penilaian
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam penyusunan penilaian Psikomotor
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Penilaian Psikomotor (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi penyusunan Penilaian Psikomotor (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 06

A. Materi Sajian : Pengembangan Portofolio

B. Ruang Lingkup :

  1. Pengertian Portofolio
  2. Mekanisme Pengembangan Portofolio
  3. Pelaporan hasil penilaian Portofolio

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian Portofolio
  2. menyamakan persepsi tentang pengembangan portofolio

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Portofolio
  2. dapat mengembangkan Portofolio

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Portofolio

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisi kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Apa itu Portofolio ?
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam penyusunan Portofolio
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi pengembangan Portofolio (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi penyusunan Portofolio (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 07

A. Materi Sajian : Penulisan dan Analisis Butir Soal

B. Ruang Lingkup :

  1. Penulisan Butir Soal
    1. Indikator Soal
    2. Kisi-kisi
    3. Teknik penulisan butir soal
  2. Analisis Butir Soal
    1. Tujuan dan manfaat
    2. Analisis Kualitatif
    3. Analisis kuantitatif

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. Memahami tentang Penulisan dan Analisis Butir Soal
  2. menyamakan persepsi tentang Penulisan dan Analisis Butir Soal

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Penulisan dan Analisis Butir Soal
  2. dapat mengembangkan Penulisan dan Analisis Butir Soal

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Penulisan dan Analisis Butir Soal

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisi kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa analisis butir soal perlu dilakukan ?
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Penulisan dan Analisis Butir Soal
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Penulisan dan Analisis Butir Soal (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi Penulisan dan Analisis Butir Soal (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

.

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 08

A. Materi Sajian : Laporan Hasil Belajar

B. Ruang Lingkup :

  1. Fungsi Laporan Hasil Belajar
  2. Format Laporan Hasil Belajar
  3. Cara Pengisian format Laporan Hasil Belajar
  4. Kenaikan Kelas
  5. Penjurusan
  6. Pindah Sekolah

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. Memahami tentang Laporan Hasil Belajar
  2. menyamakan persepsi tentang Laporan Hasil Belajar

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Laporan Hasil Belajar

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Laporan Hasil Belajar

F. Waktu :

1 x 90  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisi kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Laporan Hasil Belajar
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Laporan Hasil Belajar (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi berkaitan dengan Laporan Hasil Belajar (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 01

A. Materi Sajian : Analisis Konteks

B. Ruang Lingkup :

  1. Mengidentifikasi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan sebagai acuan dalam penyusunan KTSP.
  2. Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program.
  3. Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar misalnya komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi  profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya.

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan Analisis Konteks;
  2. menyusun Analisis Konteks

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Analisis Konteks;
  2. dapat menyusun Analisis Konteks;

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Analisis Konteks.

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa penyusunan Analisis Konteks perlu dilakukan
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam penyusunan Analisis Konteks
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Analisis Konteks (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan Analisis Konteks (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu ,                    2009

Penyaji,

Dra.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 02

A. Materi Sajian : Penyusunan KTSP

B. Ruang Lingkup :

  1. Landasan Penyusunan KTSP
  2. Mekanisme Penyusunan KTSP
  3. Struktur dan Muatan KTSP

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan mekanisme Penyusunan KTSP;
  2. menyusun KTSP

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Penyusunan KTSP;
  2. dapat menyusun dan mengembangkan KTSP;

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Penyusunan KTSP.

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa penyusunan KTSP perlu dilakukan
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam penyusunan KTSP
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Penyusunan KTSP (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan KTSP (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                      2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 03

A. Materi Sajian : Pengembangan Silabus

B. Ruang Lingkup :

  1. Pengertian dan landasan Pengembangan Silabus
  2. Komponen Silabus
  3. Mekanisme Pengembangan Silabus

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian dan landasan Pengembangan Silabus;
  2. menyusun Silabus

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Pengembangan Silabus;
  2. dapat menyusun Silabus;

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pengembangan Silabus.

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa Pengembangan Silabus perlu dilakukan
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Pengembangan Silabus
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pengembangan Silabus (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pengembangan Silabus (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                        2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 04

A. Materi Sajian : Pengembangan Indikator

B. Ruang Lingkup :

  1. Pengertian Indikator
  2. Mekanisme Pengembangan Indikator
  3. Merumuskan Indikator

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian Indikator;
  2. mengembangkan Indikator

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Pengembangan Indikator
  2. dapat menyusun dan mengembangkan Indikator

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pengembangan Indikator

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa Pengembangan Indikator perlu dilakukan
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Pengembangan Indikator
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pengembangan Indikator (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pengembangan Indikator (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                           2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 05

A. Materi Sajian : Pengembangan Materi Pembelajaran

B. Ruang Lingkup :

  1. Pengertian Materi Pembelajaran
  2. Jenis-jenis Materi Pembelajaran
  3. Prinsip pengembangan Materi Pembelajaran
  4. Strategi implementasi Materi Pembelajaran

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian Materi Pembelajaran;
  2. mengembangkan Materi Pembelajaran

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Materi Pembelajaran
  2. dapat menyusun dan mengembangkan Materi Pembelajaran

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Materi Pembelajaran

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa Pengembangan Materi Pembelajaran perlu dilakukan
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Pengembangan Materi Pembelajaran
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pengembangan Materi Pembelajaran (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pengembangan Materi Pembelajaran (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                        2009

Penyaji,

Drs. Suaidin.

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 06

A. Materi Sajian : Model Pembelajaran

B. Ruang Lingkup :

  1. Pengertian dan landasan Model Pembelajaran
  2. Ciri Model Pembelajaran yang baik
  3. Model-model Pembelajaran

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian Model Pembelajaran;
  2. mengembangkan Model Pembelajaran

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Model Pembelajaran
  2. dapat menyusun dan mengembangkan Model Pembelajaran

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Model Pembelajaran

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa Pengembangan Model Pembelajaran perlu dilakukan
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Pengembangan Model Pembelajaran
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Model Pembelajaran (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pengembangan Model Pembelajaran (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                         2009

Penyaji,

Drs.Suaidin.

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 07

A. Materi Sajian : Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan

B. Ruang Lingkup :

  1. Hakikat belajar dan mengajar
  2. Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan
  2. memahami Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan
  2. dapat mengimplementasikan konsep Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan di sekolah

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Penerapan Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Penerapan Pembelajaran Tuntas, Remidi dan Pengayaan (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                         2009

Penyaji,

Drs.Suaidin.

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 08

A. Materi Sajian : Pengembangan Bahan Ajar

B. Ruang Lingkup :

  1. Pengertian Bahan Ajar
  2. Jenis-jenis Pengembangan Bahan Ajar
  3. Prinsip Pengembangan Bahan Ajar
  4. Teknik Penyusunan Bahan Ajar

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian dan jenis Bahan Ajar
  2. mengembangkan Bahan Ajar

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Pengembangan Bahan Ajar
  2. dapat mengembangkan Bahan Ajar

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pengembangan Bahan Ajar

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Pengembangan Bahan Ajar
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pengembangan Bahan Ajar (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pengembangan Bahan Ajar (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                          2009

Penyaji,

Drs. Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 09

A. Materi Sajian : Pengembangan RPP

B. Ruang Lingkup :

  1. Landasan dan pengertian Pengembangan RPP
  2. Prinsip Pengembangan RPP
  3. Komponen RPP

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian RPP
  2. menyusun RPP

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Pengembangan RPP
  2. dapat menyusun RPP

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pengembangan RPP

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Perlunya menyusun RPP
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam Pengembangan RPP
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pengembangan RPP (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pengembangan RPP (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                    2009

Penyaji,

Drs. Suaidin.

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 10

A. Materi Sajian : Pembelajaran Tatap Muka (TM), Penugasan Terstruktur (PT) dan

Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur (KMTT)

B. Ruang Lingkup :

  1. Pengertian Pembelajaran TM, PT, KMTT
  2. Implementasi Pembelajaran TM, PT, KMTT

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian Pembelajaran TM, PT, KMTT
  2. mengimplementasikan Pembelajaran TM, PT, KMTT di lapangan

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Pembelajaran TM, PT, KMTT
  2. dapat mengimplementasikan Pembelajaran TM, PT, KMTT di lapangan

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pembelajaran TM, PT, KMTT

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Apa yang dimaksud Pembelajaran TM, PT, KMTT
      • Permasalahan yang timbul di lapangan tentang Pembelajaran TM, PT, KMTT
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pembelajaran TM, PT, KMTT (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran TM, PT, KMTT (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                        2009

Penyaji,

Drs. Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 11

A. Materi Sajian : Pengembangan Muatan Lokal

B. Ruang Lingkup :

  1. Latar Belakang, Landasan dan Pengertian Muatan Lokal
  2. Acuan Pengembangan Muatan Lokal
  3. Mekanisme Pengembangan Muatan Lokal

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian Muatan Lokal
  2. memahami mekanisme Pengembangan Muatan Lokal

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Muatan Lokal
  2. dapat mengimplementasikan Pengembangan Muatan Lokal

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pengembangan Muatan Lokal

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Jenis muatan lokal yang dikembangkan di masing-masing daerah
      • Permasalahan yang timbul di lapangan tentang Pengembangan Muatan Lokal
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pengembangan Muatan Lokal (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pengembangan Muatan Lokal (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                       2009

Penyaji,

Drs.Suaidin

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

No : 12

A. Materi Sajian : Pengembangan Diri

B. Ruang Lingkup :

  1. Latar Belakang, Landasan dan Pengertian Pengembangan Diri
  2. Bentuk pelaksanaan Pengembangan Diri
  3. Penyusunan program Pengembangan Diri

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. menjelaskan pengertian Pengembangan Diri
  2. memahami mekanisme penyusunan program dan pelaksanaan Pengembangan Diri

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Pengembangan Diri
  2. dapat menyusunan program dan melaksanakan Pengembangan Diri

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pengembangan Diri

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Jenis Pengembangan Diri yang dikembangkan di masing-masing daerah
      • Permasalahan yang timbul di lapangan tentang Pengembangan Diri
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pengembangan Diri (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam P Pengembangan Diri (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Dompu,                       2009

Penyaji,

Drs. Suaidin.

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 01

A. Materi Sajian : Pendalaman SNP

B. Ruang Lingkup :

  1. Standar Isi (SI)
  2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  3. Standar Proses
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Pengelolaan
  6. Standar Sarana dan Prasarana
  7. Standar Penilaian

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat memahami dan melaksanakan SNP

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman SNP
  2. melaksanakan SNP

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang SNP

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam pelaksanaan SNP
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pendalaman SNP (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan SNP (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Denpasar, 31 Mei 2009

Penyaji,

DRS.SUAIDIN.

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 02

A. Materi Sajian : Tip & Trick Pencapaian SNP

B. Ruang Lingkup :

  1. Langkah kerja di tingkat satuan pendidikan
  2. Prioritas Tahapan Pencapaian SNP
  3. Strategi Kerja
  4. Langkah Kerja di tingkan Provinsi/Kab/Kota

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT dapat :

  1. Mempersiapkan langkah kerja di tingkat satuan pendidikan
  2. Menetapkan Prioritas Tahapan Pencapaian SNP
  3. Menentukan Strategi Kerja

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Tip & Trick Pencapaian SNP
  2. dapat melaksanakan Tip & Trick Pencapaian SNP

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Tip & Trick Pencapaian SNP

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Langkah-langkah yang telah dilakukan untuk pencapaian SNP
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam pencapaian SNP
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Tip & Trick Pencapaian SNP (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pencapaian SNP (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Denpasar, 31 Mei 2009

Penyaji,

DRS.SUAIDIN

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 03

A. Materi Sajian : Pola Pembinaan Implementasi KTSP

B. Ruang Lingkup :

  1. Landasan
  2. Peran dan fungsi pusat (Dit. PSMA), provinsi (Dinas Pendidikan Provinsi), kabupaten/kota (Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota) dan sekolah tentang implementasi KTSP;
  3. Mekanisme implementasi KTSP di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan tingkat sekolah;
  4. Pengelolaan/pengorganisasian waktu dalam implementasi KTSP di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan tingkat sekolah

C. Tujuan Penyajian :

Peserta BIMTEK  dapat :

  1. Memahami Pola Pembinaan Implementasi KTSP

D. Hasil/Output

Peserta BIMTEK :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Pola Pembinaan Implementasi KTSP

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Pola Pembinaan Implementasi KTSP

F. Waktu :

60  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
    • Mengkondisikan kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Langkah-langkah yang dilakukan sekolah dalam penyusunan KTSP
      • Permasalahan yang timbul di lapangan yang berkaitan dengan Pola Pembinaan Implementasi KTSP
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Pola Pembinaan Implementasi KTSP (35 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam Pembinaan Implementasi KTSP (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (10 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian;
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Denpasar,11 JULI  2009

Penyaji,

DRS.SUAIDIN

RANCANGAN PENYAJIAN MATERI

(RPM)

N0 : 04

A. Materi Sajian : Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA

B. Ruang Lingkup :

  1. Mandat BAN-S/M (Dasar Hukum)
  2. Kebijakan Umum
  3. Mekanisme Akreditasi
  4. Pelaksanaan Program 2008
  5. Program Kerja BAN-S/M 2009
  6. Renstra 2010 – 2014

C. Tujuan Penyajian :

Peserta ToT memiliki persepsi yang sama tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi

SMA/MA

D. Hasil/Output

Peserta ToT :

  1. meningkatnya pemahaman tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA

E. Outcome :

Kesamaan persepsi tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA

F. Waktu :

1 x 20  menit

G. Alat dan Bahan  :

Laptop, LCD proyektor, hand out

H. Metode    :

diskusi, ceramah,  tanya jawab, latihan.

I. Skenario/Langkah-langkah Penyajian:

  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (2 menit)
    • Mengkondisi kelas pertemuan;
    • Menstimulus melalui berbagai pertanyaan awal untuk memperoleh gambaran bekal awal peserta, misalnya:
      • Mengapa sekolah perlu di akreditasi ?
      • Permasalahan yang timbul di lapangan dalam pelaksanaan Akreditasi
    • Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan Inti
    • Menayangkan Materi Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA (10 menit );
    • Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Akreditasi (5 menit)
  1. Kegiatan Penutup (3 menit)
  • Merefleksi hasil
  • Menyimpulkan

J. Penilaian/Pengukuran Pencapaian Tujuan

  • Penilaian proses melalui tanya jawab selama penyajian
  • Aktivitas peserta selama workshop.

Denpasar, 31 Mei 2009

Penyaji,

DRS.SUAIDIN

About these ads

Tentang suaidinmath

Tiada gading yang tak retak. Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 1 Juni 2010, in Pendidik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

educatinalwithptk

PTK The Frontiers Of New Technology

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 125 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: