Rencana Kepengawasan Manajerial



RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL (RKM)
SEKOLAH DASAR/MI  BINAAN

A. ASPEK / MASALAH
Penilaian Kinerja Sekolah/Kepala Sekolah

B.TUJUAN
1.Untuk mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah dalam integritas kepribadian sebagai pemimpin (Kepribadian).
2.Untuk mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah dalam mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara maksimal (Manajerial).
3.Untuk mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara maksimal (Manajerial).
4.Untuk mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah dalam mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien (Manajerial).
5.Untuk mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah dalam melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat serta merencanakan tindak lanjut (Manajerial).
6.Untuk mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah dalam memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah (Kewirausahaan).
7.Untuk mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam peningkatan profesionalisme guru (Supervisi)
8.Untuk mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah dalam bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah (Sosial).

C.INDIKATOR KEBERHASILAN
1.Kepala Sekolah memiliki kompetensi dalam integritas kepribadian sebagai pemimpin
2.Kepala sekolah memiliki kompetensi dalam mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara maksimal.
3.Kepala sekolah memiliki kompetensi dalam mengelola sarana dan prasarana dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara maksimal
4.Kepala sekolah memiliki kompetensi dalam mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.
5.Kepala sekolah memiliki kompetensi dalam melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat serta merencanakan tindak lanjut.
6.Kepala sekolah memiliki kompetensi dalam memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah.
7.Kepala sekolah memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam peningkatan profesionalisme guru.
8.Kepala sekolah memiliki kompetensi dalam bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah.

D.STRATEGI/METODE KERJA/TEKNIK SUPERVISI
1.Kunjungan sekolah sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama antara Kepala Sekolah dengan Pengawas, termasuk di dalamnya kunjungan kelas untuk mendapatkan data dan informasi yang pasti dan akurat dari Guru;

2. Mengisi format dari instrumen penilaian Kinerja Kepala Sekolah, mengisi KDT (Kertas Data Temuan), Wawancara dan melihat data dengan langkah-langkah strategi a) membandingkan kinerja nyata dengan yang direncanakan, b) membandingkan kinerja dengan sasaran yang diharapkan, c) membandingkan kinerja tahun ini dengan tahun sebelumnya, d) membandingkan dengan kinerja nyata sekolah yang lain yang lebih unggul, dan e) membandingkan kinerja nyata dengan standar yang ada.

E. SKENARIO KEGIATAN
a. Pertemuan Awal
Dilaksanakan pertemuan antara Pengawas dengan Kepala Sekolah SD Binaan di aula Dinas Pendidikan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dengan agenda mengadakan kesepakatan Kepala Sekolah dengan Pengawas tentang jadwal kunjungan sekolah, kunjungan kelas, tujuan maupun sasaran kunjungan, termasuk hal-hal yang terkait dengan data yang akan direkam melalui instrumen-instrumen supervisi dan lembar KDT.

b. Observasi
Pada tahap ini pengawas melaksanakan observasi sesuai jadwal, semua Kepala Sekolah yang ada di wilayah SD Binaan menerima kunjungan Pengawas. Untuk mengetahui proses dan hasil yang diperoleh dari kegiatan penilaian Kinerja Kepala Sekolah, Pengawas mengadakan monitoring dan evaluasi kepada para kepala sekolah sebagai peserta penilaian kinerja menggunakan instrumen monitoring-evaluasi (monev) yang telah disiapkan oleh Pengawas. Indikator penilaian terfokus pada menajemen SD, pengelolaan ketenagaan sekolah, pelaksanaan pembelajaran di kelas, penyediaan sarana prasarana sekolah dan upaya peningkatan peran serta masyarakat.
c. Pertemuan Akhir
Tahapan kegiatan yang terakhir adalah penyimpulan data dan kegiatan refleksi, serta penyusunan rencana tindak lanjut. Dalam kegiatan ini Pengawas selaku supervisor melaksanakan penyimpulan data hasil penilaian kinerja kepala sekolah. Dan selanjutnya Pengawas Sekolah akan menindaklanjuti dengan pendampingan ke sekolah-sekolah Binaan.

F. SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN (DANA/FASILITAS, DLL)
Dalam pelaksanaan tugas-tugas kepengawasan manajerial ini berbagai sarana dan prasarana diperlukan, antara lain instrumen monev kepala sekolah yang bersifat tidak mengikat dan hanya merupakan satu contoh di dalam melakukan penilaian kinerja sekolah dengan aspek-aspek dan indikator yang dapat dikembangkan menurut kepentingan, kondisi lingkungan dan keadaan masing-masing sekolah yang dilakukan secara

objektif, transparan, dan akuntabel sebagaimana contoh berikut (Bagian G: Instrument Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah). Dana pendukung untuk kegiatan penilaian kinerja sekolah/kepala sekolah ini bersumber dari BOS, swadana, dan swadaya murni.
Fasilitas yang harus disiapkan antara lain :
1) Instrumen supervisi dengan jumlah sesuai dengan kebutuhan format indikator aspek manajerial.
2) Instrumen pengumpul data sesuai dengan jumlah indikator aspek manajerial.
3) ATK sebagai sarana penyusunan instrumen maupun laporan.
4) Alat teknologi informasi komunikasi antara lain laptop, atau komputer dan LCD untuk pertemuan dengan para Kepala Sekolah.

G. PENILAIAN DAN INSTRUMEN
Setelah sarana dan prasarana penilian kinerja Kepala Sekolah disiapkan, dilanjutkan dengan penilaian. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui hingga sejauh mana keberhasilan rencana kepengawasan manajerial di implementasikan oleh semua Kepala Sekolah di SD Binaan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Untuk mengetahui secara optimal tentang keberhasilan rencana tersebut maka Pengawas menyediakan instrumen penilaian yang disusun secara terencana sesuai dengan fokus masalah rencana kepengawasan serta proses dan hasil kegiatan.
Adapun instrumen penilaian antara lain terdiri dari :
Instrumen 1 : Lembar Penilaian Bukti Fisik Administrasi Kepala
Sekolah
Instrumen 2 : Lembar Observasi Kepala Sekolah
Instrumen 3 : Lembar Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Instrumen 4 : Daftar Kunjungan Pengawas ke Sekolah
Secara rinci masing-masing instrumen sebagai berikut :

About these ads

About suaidinmath

Tetaplah semangat...karena perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mohon kontribusi untuk menambal retak dan menambah langkah kesempurnaan tulisan ini ...

Posted on 28 Mei 2010, in Pendidik. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. blog nya ok tuu tambah foto dong

  2. Bambang Eko Priyanto

    makasih…tulisan ini mengilhami saya

Tinggalkan Balasan, sampaikan gagasan Anda di ruang komentar ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Mr.Wahid's Blog

Media Belajar Mengajar Inspirasi dan Kreativitas

SeNdiMat

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

I Wayan Widana

This site is dedicated for mathematic learning development

Layanan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sejarahdompu

Just another WordPress.com site

SUAIDINMATH'S BLOG

Technology Based Education

tentang PENDIDIKAN

konseling, pembelajaran, dan manajemen pendidikan

SUKSES SELALU

NIKMATILAH HIDUP..BEKERJA DENGAN ENJOY...JANGAN LUPA BERDOA.

PTK THE FRONTIERS OF NEW TECHNOLOGY

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 139 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: